Intel Alder Lake Dikabarkan Bakal Lebih Hemat Daya, Core i9-12900K Pilihan Terbaiknya

Generasi berikutnya untuk prosesor Dekstop Intel Alder Lake 12th gen siap menanti. Inti dari barisan prosesor ini dikabarkan akan disebut Gracemont. Dibanding Golden Cove yang jadi poin penting CPU Intel gen-11, itu akan mengambil arah yang berbeda: intinya hemat daya, tidak memiliki hyper-threading dan clockspeed mungkin terbatas pada sekitar 4 GHz.

Baca juga : “Voyager”, GPU AMD Untuk Smartphone Siap Menanti – Samsung Exynos 2200 SoC Pilihan Awalnya

Meskipun belum sepenuhnya memiliki kepastian, namun beberapa kebocoran telah mengungkap semua hal tersebut. Bahkan baru-baru ini dari Techspot mengatakan bahwa Intel core i9-12900K akan menjadi pilihan superior dan siap bersaing dengan Ryzen 5950X. Prosesor ini akan membawa kekuatan 16 Core dan 24 threads.

Intel Alder Lake
Image credit : techspot.com

Golden Cove adalah penerus teknis Cypress Cove, yang digunakan pada CPU Core generasi ke-11. Golden Cove adalah arsitektur standar Intel, cepat dan ganas. Gracemont disisi lain akan mengambil arah yang berbeda: intinya hemat daya, tidak memiliki hyper-threading dan terbatas pada sekitar 4 GHz.

Selain beberapa spesifikasi yang cukup menarik, Alder Lake akan menjadi seri CPU pertama yang mendukung PCIe 5.0 dan DDR5. Drive storage juga menggunakan kecepatan PCIe 5.0 dilaporkan sedang dalam proses, sedangkan modul DDR5 pertama sudah tersedia.

Intel telah mengindikasikan bahwa Alder Lake akan dirilis menjelang akhir tahun 2021, bertepatan dengan jadwal rilis AMD yang biasa. Desas-desus sebelumnya juga menyarankan bahwa Intel dapat mengumumkan Alder Lake segera beberapa bulan dari sekarang.

Comments

Related Posts