Rakit PC Budget Di Bawah 5 Jutaan : Berikut Pilihan Idealnya

Masih mungkin enggak sih rakit PC budget dibawah 5 jutaan, dengan performa solid? Bisa kok, meskipun terbatas buat game yang enggak terlalu menuntut aja sih. Nah, buat kalian yang masih bingung dalam pencarian komponen yang tepat, kualitas handal dan harga masuk akal, berikut beberapa list komponen yang ideal untuk rakit PC dibawah 5 jutaan.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Desktop RAM 8GB Terbaik, Harga Lebih Masuk Akal

Rakit PC Budget Di Bawah 5 Jutaan : Berikut Pilihan Idealnya

Sebagaimana kita ketahui, harga komponen saat ini meroket. Tidak hanya untuk perangkat grafis, pilihan prosesor juga berlaku. Terkadang, itu cukup berat ketika kalian ingin merakit PC yang handal pada budget ketat.

Misal, kalian ingin merakit PC budget 5 jutaan kurang dan menginginkan performa yang baik maupun kualitas materi yang solid. Ketahanan juga bisa semakin positif. Ada gitu opsi budget untuk semua komponen tersebut? Jawabannya tentu saja ada.

Berikut list komponen yang bisa kalian pertimbangkan untuk Rakit PC Under 5 jutaan.

Komponen List Price Unit
Prosesor AMD Athlon 3000G Rp 1.368.000
CPU Cooler Default
Motherboard Gigabyte B450M Gaming Rp 1.104.000
RAM TEAM Elite Plus 8GB DDR4 3200 Mhz Rp 741.000
Graphic Radeon VEGA Graphic
Storage Adata SU650 240GB SSD Rp 465.000
Case Cooler Master Masterbox Q300L Rp 650.000
PSU EVGA 400W Rp 489.000
Rp 4.817.000
  1. Prosesor

Prosesor yang bisa kalian dapatkan untuk budget tersebut mungkin pilihan idealnya ada di seri Athlon 3000G. Harusnya sih kalo komponen enggak naik, kalian bisa mendapatkan Ryzen 3200G. Tapi mengingat harga prosesor juga sangat tinggi, Athlon 3000G bisa jadi pilihan mencukupi.

Rakit PC Budget Di Bawah 5 Jutaan

Ada alasan mengapa CPU ini berharga, namun yang pasti 3000G bawa paket lengkap. Enggak Cuma kinerja handal dan dukung fitur OC, namun juga bawa integrated GPU yang positif. Jadi, pilihan ini bisa ideal untuk gaming kasual atau eSport yang enggak terlalu menuntut. Pembuatan konten juga masih berlaku, meskipun masih terbatas dengan fitur dual core yang dibawa.

  1. Motherboard

Tapi mengapa motherboard harus seri B450, khususnya dari Gigabyte? Kita rasa jika kalian ingin maksimalin performa, mobo ini bisa jadi pilihan yang sangat baik. Selain dukung OC dan banyak fitur extra, mobo juga masih bisa nampung prosesor baru jika berencana ingin upgrade, setidaknya sampai seri B450. Dibanding mobo A320, pilihan ini lebih ideal untuk dipertimbangkan. Meskipun budget nambah, tapi enggak terlalu besar sih.

Rakit PC Budget Di Bawah 5 Jutaan

Disisi lain, Gigabyte B450M Gaming punya performa maupun stabilitas yang baik. Apalagi fitur bios yang ditawarin friendly, termasuk kemudahan update bios tanpa banyak kendala.

  1. RAM

Dual channel memori wajib kalian dapatkan buat dongkrak kinerja grafis Radeon VEGA, apalagi punya frekuensi tinggi. Setidaknya itu bisa menjamin kalau performa jauh lebih baik dibanding single channel. Untuk itulah, TEAM Elite Plus dengan kapasitas 8GB DDR4 3200Mhz bisa jadi kandidat sempurna untuk memulai. Kualitas handal, kompabilitas baik dan estetika juga masih menawan.

  1. Storage

Apapun sistem yang kalian gunakan, SSD wajib jadi storage utamanya. Tentu saja, biar kinerja semakin kenceng saat navigasi lewat OS, buka aplikasi atau bahkan gaming. Nah, ketika Budget terbatas, kita rasa seri Adata SU650 240GB bisa mencukupi. Kedepannya, kalian bisa tambah storage lain buat upgrade.

  1. Power Supply

Kemudian PSU. Kalian mungkin bisa cari banyak pilihan murah di luar sana. Namun ketika menginginkan kualitas dan daya tahan yang sangat baik, termasuk stabilitas, maka EVGA 400W bisa sangat ideal untuk dipertimbangkan. Disisi lain, harga juga enggak terlalu mahal.

  1. PC Case

Kemudian casing PC. Meskipun ini hanya preferensi pribadi, namun Cooler Master Masterbox Q300L bisa ideal buat dipertimbangkan. Kualitas maupun finishing masih ok, kemudahan juga hadir. Hal terbaiknya, airflow bisa maksimal. Bahkan kita rasa seri ini jadi salah satu budget case yang punya airflow positif, meskipun bukan yang terbaik sih.

Comments

Related Posts