Begini Cara Mudah Memindahkan Game Steam Ke Drive Yang Berbeda

Gimana sih cara mindahin game Steam ke folder atau drive lain tanpa harus instal ulang lagi? Gampang kok, Steam bahkan udah menyediakan cara untuk melakukannya tanpa perlu ribet. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : AMD Virtual Super Resolution : Hal Yang Perlu Kalian Ketahui & Cara Mengaktifkannya

Begini Cara Mudah Memindahkan Game Steam Ke Drive Yang Berbeda

Terkadang, banyak diantara pengguna Steam memiliki kapasitas storage yang terbatas. Dan ketika mereka memiliki tambahan storage terbaru, tentu langkah yang perlu dilakukan adalah memindahkan game Steam yang lama ke drive tersebut. Sehingga, storage lama enggak kepenuhan.

Masalahnya, banyak diantara kita enggak tau cara untuk melakukannya. Atau yang sering dilakukan adalah meng-copy paste folder Steam itu sendiri. Padahal, ada cara yang lebih simpel yang bahkan disediakan oleh Steam itu sendiri. Disisi lain, kalian enggak harus update lagi game tersebut saat sudah dipindahkan.

Ok, sebelum pergi terlalu jauh, pastikan drive storage baru sudah terpasang. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuat dulu Steam library supaya aplikasi ini bisa mengenal library tambahan yang ada di storage baru yang ingin kalian pindahkan. Caranya :

  • Buka aplikasi Steam dan login menggunakan akun yang kalian miliki

Cara Mudah Memindahkan Game Steam

  • Kemudian, klik Steam di bagian kiri atas dan pilih Settings.

Cara Mudah Memindahkan Game Steam

  • Setelah terbuka, cek dibagian Download dan pilih opsi STEAM LIBRARY FOLDERS.

  • Klik opsi ADD LIBRARY FOLDER dan klik drive baru yang ingin kalian jadikan tempat instalasi game Steam lama.

Setelah terbuat, saatnya memindahkan game Steam Ke Folder/drive baru. Caranya :

  • Buka aplikasi Steam dan login.

  • Cek bagian game library, dan pilih salah game yang ingin kalian pindahkan. Misal DOTA 2, maka klik kanan icon DOTA 2 di sebelah kiri dan pilih opsi Properties.

  • Cek dibagian Local File dan pilih Move Install Folder

  • Disini, kalian bisa memilih lokasi folder baru, dimana kalian sudah membuat Steam library sebelumnya di storage yang ingin dipilih.

  • Jika sudah yakin, tinggal pilih Move Folder dan game akan secara otomatis dipindahkan. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Catatan : Game yang ingin kalian pindahkan wajib di update terlebih dahulu. Jika tidak, game tersebut tidak bisa dipindahkan lokasi instalasinya.

Mudah kan? Meskipun enggak semua kita ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts