AOC 27G2E Review : Monitor Gaming 3 Jutaan, Banyak Benefit Seru Siap Menanti

AOC 27G2E bisa memberikan pilihan seru untuk sebuah monitor gaming dan bisa banget buat kalian pertimbangkan. Dengan spesifikasi yang mumpuni, seperti refresh rate tinggi 144Hz, ukuran layar yang luas, dukung penuh AMD Freesync premium, bahkan label G-Sync kompatible juga berlaku.

Tapi buat lebih pastinya, simak ulasan lengkap kami dibawah ini.

Baca juga : Laptop Gaming Preview : ACER Nitro 5 AN515-45-R6RF – Ryzen 7 5800H & RTX 3060 Inside

Monitor Gaming AOC 27G2E : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

  1. Spesifikasi Inti

AOC itu tentu sudah sangat dikenal dengan segudang produk yang positif pada harga yang lebih pas, khususnya buat urusan monitor. Itu juga termasuk buat seri 27G2E, yang masih jadi bagian dari line up monitor gaming dengan label harga jauh lebih masuk akal.

Monitor Gaming AOC 27G2E

Betapa tidak, dengan harga sekitar 3.2 jutaan, kalian udah dapet monitor gaming ukuran 27” dengan spek terhitung mumpuni. Ukuran ini bahkan jadi sweet spot buat gamer yang menginginkan tampilan maksimal dengan kualitas visual yang lebih nyaman, apalagi monitor ini juga punya bezel yang tipis banget. Jadi, makin luas deh saat main game depan monitor. Cuma resolusi masih terbatas di Full HD aja sih.

Display yang hadir punya panel IPS dengan kualitas warna lebih tajam dan punya sudut pandang lebih luas hingga 178°, termasuk dukung warna gamut sRGB nyampe 118% maupun DCI-P3 nyampe 95%. Sesuatu yang berharga buat hasil visual yang lebih nyenengin, apalagi saat main game. Kalo buat editing sih masih bisa, cuma range colornya menurut kita agak berlebihan.

Kehadiran refresh rate tinggi nyampe 144Hz juga enggak bisa dilewatin begitu aja. Setidaknya, semakin tinggi fitur ini, nilai visual yang hadir pada layar bakal terasa lebih halus, apalagi saat main game yang butuh waktu respon cepet dan framerate tinggi, kayak game FPS misalnya. Btw, refresh rate 144 Hz juga jadi standar buat game esport modern hari ini.

Monitor Gaming AOC 27G2E

Uniknya, selain dukung penuh variable refresh rate AMD FreeSync premium, monitor ini juga punya label G-Sync kompatible. Artinya fitur dasar teknologi istimewa bawaan NVIDIA ini bakal tetep bekerja dengan baik ketika user pake GPU NVIDIA yang bakal ngurangi input lag dan screen tearing. cuma, kalian perlu port DisplayPort agar bisa bekerja dengan baik.

Nah, waktu respon 1ms yang ditawarin monitor ini juga bakal ngurangi efek ghosting saat bermain game, dan kualitas gambar pada game bisa lebih nyaman. Setidaknya itu bisa jadi nilai positif lain pada monitor gaming 27G2E, apalagi waktu responnya MPRT. Kita rasa jauh lebih akurat dibanding Grey to grey.

Nah, spek inti yang udah kita sebut setidaknya bakal ngasih pengalaman bermain yang lebih baik. Apalagi buat game eSport atau FPS kayak Valorant. Dijamin deh, potensi skill yang kalian miliki bakal lebih maksimal dengan monitor yang smooth banget maupun kualitas visual yang terhitung positif.

Spesifikasi AOC 27G2E
Panel 27″ (IPS)
Pixel Pitch (mm) 0.3114 (H) x 0.3114 (V)
Effective Viewing Area (mm) 597.88 (H) x 336.31 (V)
Brightness (typical) 250 cd/m²
Contrast Ratio 1000 : 1 (Typical) 80 Million : 1 (DCR)
Response Time 1ms (MPRT)
Viewing Angle 178° (H) / 178° (V) (CR > 10)
Color Gamut NTSC 104% (CIE1976) / sRGB 118% (CIE1931) /
  DCI-P3 95% (CIE1976)
Optimum Resolution 1920 x 1080 @ 144Hz – DisplayPort, HDMI
  1920 x 1080 @ 60Hz – VGA
Display Colors 16.7 Million
Signal Input VGA x 1, HDMI 1.4 x 2, DisplayPort 1.2 x 1
HDCP Version HDMI: 1.4, DisplayPort: 1.4
USB Hub no
Power Supply 100 – 240V ~ 1.5A, 50 / 60Hz
Power Consumption (typical) 28W
Speakers no
Wall-Mount 100mm x 100mm
Product without Stand (mm) 363 (H) x 612.1 (W) x 46 (D)
Product with Stand (mm) 395.9~525.9 (H) x 612.1 (W) x 227.4 (D)
Product without Stand (kg) 3.7
Product with Stand (kg) 5.1
Cabinet Color Black & Red
Harga Rp3.250.000 (Cek harga terbaru disini)
  1. Konektivitas & Tombol Pengaturan

Buat konektivitas, ada total 4 opsi port display pada AOC 27G2E ini, termasuk sebuah DisplayPort 1.2, 2 port HDMI 1.4 dan port VGA maupun sebuah port buat jack audio. Nah, kehadiran port VGA mungkin agak jarang ditawarin pada monitor gaming modern hari ini. Cuma bisa membantu pengguna yang punya kartu grafis lama, meskipun kinerja monitor bakal enggak maksimal sih. 

Monitor Gaming AOC 27G2E

Nah, perlu dicatet nih, bonus kabel yang tersedia di dus juga termasuk kabel DP sama VGA. Jadi kalo kalian pengen pake HDMI, kayaknya kalian perlu beli lagi kabel deh.

Ngatur monitor juga cukup lengkap, seperti opsi warna, brightness dan sebagainya, meskipun kalian harus puas pake tombol manual. Sayangnya, tombol yang kita rasain agak ribet dan enggak terlalu friendly. Terkadang mencet tombol perlu agak keras dan butuh waktu extra buat adaptasi. AOC kayaknya masih punya PR buat ngasih tombol buat bisa lebih mudah buat user.

Monitor Gaming AOC 27G2E

  1. Desain

Gimana dengan desain? Overall cukup menarik, bahkan enggak kalah serunya dengan monitor lain ketika bicara estetika. Kombinasi warna dasar hitam dengan garis merah, khususnya dibagian belakang terkadang jadi sesuatu yang cukup keren buat user.

Monitor Gaming AOC 27G2E

Kombinasi warnanya pas gitu, terkadang aura premiumnya kerasa. Cuma, finishing menurut kita sih masih agak kurang, khususnya ketika ngeliat list warna merah di depan. Tapi wajar lah, apalagi kalo ngeliat budget. Kayaknya AOC lebih nekenin kualitas visual dibanding bahan materi buat ngejaga harga bisa tetep terjangkau.

Tapi masih solid kok, apalagi dudukan stand V juga kokoh dengan materi kayaknya alumunium atau sejenisnya mungkin. Cuma itu pasti lebih baik dibanding dudukan yang punya bahan materi plastik. Cara masangnya juga mudah kok, bahkan enggak ribet.

Btw, monitor ini punya berat utuh sekitar 4.5 ketika dudukan udah terpasang dan dukung vesa wall mount juga. Kalo fungsibilitas yang dibawa masih agak terbatas, dimana kalian cuma bisa mengatur tilt atau kemiringan aja.

Kesimpulan

Suka atau enggak, monitor gaming AOC 27G2E bisa banget buat kalian pertimbangin buat memenuhi kebutuhan gamer modern hari ini, apalagi buat game yang butuh banyak akselerasi. Display yang sangat halus dan luas, dukungan teknologi yang mumpuni seperti refresh rate tinggi, waktu respon cepet, dukungan AMD FreeSync maupun G-Sync Compatible, termasuk panel IPS.

Setidaknya beberapa poin penting ini bisa banget jadi nilai unggulan pasti AOC 27G2E. Dan hal terbaiknya, kalian enggak harus ngeluarin anggaran cukup besar. Bahkan dibanding merk lain pada spek yang hampir sama, monitor ini jelas jauh lebih terjangkau. Estetika juga enggak kalah serunya.

Cuma, finishing warna mungkin agak sedikit hambar termasuk tombol yang agak kasar. Terkadang, hal paling nyebelin itu saat ngatur monitor. Tombol enggak terlalu friendly dan butuh waktu buat bisa adaptasi.

Tapi minus yang ditawarin enggak terlalu besar dan enggak bakal ngaruh pada kualitas visual secara keseluruhan. Jadi, monitor ini layak dapet penghargaan Best Value dengan harga yang lebih masuk akal dan kinerja visual yang memukau.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang AOC 27G2E. Enggak semua sih kita ungkap. Cuma yang pasti, semoga bermanfaat!

Comments

Related Posts