Mining Chia Blockchain Ancam Ketersediaan Storage Langka & Harga Meroket

Storage bisa jadi komponen berikutnya yang akan mengalami kenaikan harga cukup signifikan selain kartu grafis. Mengapa begitu? Mining cryptocurrency juga mulai berdampak pada ketersediaan SSD maupun harddisk, setidaknya itu terjadi di negeri Tiongkok dan mulai berkembang di Asia maupun di luar kawasan itu.

Baca juga : Metro Exodus PC Enhanced Edition Siap Hadir 6 Mei 2021, Dukungan Ray Tracing & DLSS Segera Menanti

Sebagaimana diungkap Adata (via Digitimes), perusahaan ini telah melihat pesanan solid-state drive meningkat 500% bulan ini dibandingkan bulan sebelumnya, dengan SSD berkapasitas besar mengalami permintaan yang sangat tinggi.

Orang-orang dapat menambang atau mengolah crypto dengan mengalokasikan ruang disk yang tidak digunakan, bersama dengan faktor waktu yang terikat untuk meningkatkan keamanan keseluruhan blockchain. Dan itu tentunya terjadi pada storage yang mereka miliki saat mining Chia blockchain yang mulai populer.

Awal bulan ini, Jiahe Jinwei, produsen memori terbesar keempat di Tiongkok, mengatakan semua SSD NVMe 1TB dan 2TB bermerek Gloway dan Asgard telah terjual habis.

Disisi lain, banyak laporan bahwa permintaan hard disk mulai berkembang di luar Asia. Selain karena kekurangan komponen pengontrol SSD, penambangan Chia dapat memperburuk masalah ketersediaan hard disk yang rendah dan harga yang tinggi.

Galax bahkan memberikan peringatan keras jika perangkat storage mereka digunakan untuk mining atau operasi lain di mana volume penulisan data lebih tinggi dari standar akan membatalkan garansi. Setidaknya pertanda bahwa ini memang telah terjadi di negeri tersebut.

Comments

Related Posts