Microsoft Xbox Series S | X Kini Dukung Teknologi AMD FidelityFX

Microsoft Xbox Series S | X sekarang dilengkapi dengan dukungan untuk suite AMD FidelityFX. Hasilnya, konsol ini siap menampilkan game yang mendukung Variable Shading AMD FidelityFX, Contrast Adaptive Sharpening, dan bahkan Denoiser dengan potensi kinerja gaming yang lebih baik maupun pengalaman yang jauh lebih positif.

Sama seperti halnya NVIDIA DLSS, AMD Fidelity FX merupakan paket teknologi dengan dukungan lintas platform yang digunakan untuk meningkatkan kualitas grafis tanpa mengorbankan kinerja game.

Baca juga : AMD Luncurkan Driver Terbaru Radeon™ Software Adrenalin Edition 21.4.1, Banyak Benefit Besar Siap Menanti

FidelityFX sudah memiliki delapan teknologi, termasuk Contrast Adaptive Sharpening (CAS), Combined Adaptive Compute Ambient Occlusion (CACAO), variable rate shading (VRS), Stochastic Screen Space Reflections (SSSR), Denoiser, Luminance Preserving Mapper (LPM), Single Pass Downsampler (SPD), dan Parallel Sort (algoritma pengurutan radix).

Selama Microsoft Game Stack Live 2021, AMD mengumumkan telah menyediakan set fitur FidelityFX untuk pengembang Microsoft Xbox Series X | S. Dukungan tersebut tentu saja tidak lepas dari hardware bawaan AMD pada konsol Xbox, termasuk AMD Zen 2 8-core dan GPU RDNA 2.

Microsoft Xbox Series S | X

AMD Fidelity FX adalah paket teknologi sumber terbuka dengan dukungan lintas platform yang digunakan untuk meningkatkan kualitas grafis tanpa mengorbankan kinerja game. FidelityFX sudah memiliki delapan teknologi, termasuk Contrast Adaptive Sharpening (CAS), Combined Adaptive Compute Ambient Occlusion (CACAO), variable rate shading (VRS), Stochastic Screen Space Reflections (SSSR), Denoiser, Luminance Preserving Mapper (LPM), Single Pass Downsampler (SPD), dan Parallel Sort (algoritma pengurutan radix).

Untuk saat ini, Xbox Series X | S hanya akan mendukung tiga dari delapan teknologi yang termasuk dalam FidelityFX, tetapi lebih banyak lagi mungkin akan datang nanti. Xbox Series X | S Game Development Kit (GDK) sekarang menyertakan VRS untuk meningkatkan kinerja dengan memvariasikan tingkat bayangan, CAS untuk mempertajam dan menskalakan gambar, dan pantulan sinar-tracing serta bayangan Denoiser.

Pengenalan FidelityFX di konsol Xbox baru akan membuka jalan ke lingkungan pengembangan lintas platform yang lebih bersahabat. Saat pengembang mengerjakan game yang baru dikembangkan untuk konsol PC dan Xbox, implementasi FidelityFX dapat dilakukan untuk kedua versi secara bersamaan, menghemat waktu dan sumber daya yang berharga untuk tugas lainnya.

Tampaknya konsol Xbox akan menjadi awal mula bagi AMD dengan banyak dukungan penuh pada teknologi yang dimilikinya. Sejauh ini, PlayStation 5 belum ada pengumuman resmi. Namun, konsol Sony juga didukung oleh grafis AMD RDNA 2, jadi itu harus datang pada akhirnya.

Comments

Related Posts