Harga VGA Meroket, Begini Solusi Penggantinya

Awal tahun 2021 hingga hari ini, harga komponen PC meroket. Khususnya ketika berkaitan dengan kartu grafis alias VGA. Nah, itu tentu saja sangat membebankan PC Builder yang ingin membangun PC impian mereka mulai dari nol, atau bahkan untuk upgrade juga sama saja.

Pertanyaannya, adakah solusinya? Tentu saja ada, meskipun pengorbanan terbesarnya adalah performa untuk sementara waktu jauh dari apa yang kalian impikan. Tapi untuk lebih jelasnya, simak beberapa solusi yang bisa kalian pertimbangkan.

Baca juga : Intel Core i9-11900K : Detail Spesifikasi, Harga & Performa

Harga VGA Meroket, Begini Solusi Penggantinya

  1. Ganti Komponen Grafis Ke Opsi Integrated GPU

Opsi paling masuk akal untuk sementara waktu adalah memakai prosesor yang memiliki integrated GPU bawaan. Performa mungkin jauh dari apa yang bisa ditawarkan dedicated GPU alias VGA yang punya VRAM sendiri, namun setidaknya kalian masih bisa memakai PC untuk pekerjaan sehari-hari tanpa perlu mengeluarkan banyak anggaran.

Disisi lain, sebenernya integrated GPU hari ini juga masih ok untuk performa gaming kasual yang enggak terlalu menuntut. Seperti Ryzen G series, misalnya Ryzen 3 3200G atau bahkan Intel juga masih menawarkan paket iGPU pada prosesor mereka, khususnya seri non F. Meskipun kinerja enggak sebagus Radeon Vega bawaan Ryzen G series sih. Tapi itu bisa jadi solusi sementara, dan kalian bisa menunggu sampai harga VGA kembali normal.

Catatan aja, kinerja iGPU sangat tergantung pada RAM sistem, jadi idealnya kalian perlu memiliki memori dual channel. Tentu saja itu bakal ngebantu untuk meningkatkan performa makin positif. Apalagi untuk gaming.

Opsi Prosesor Ideal :

  • AMD Ryzen 3 3200G – Cek harga terbaru disini
  • AMD Ryzen 5 3400G – Cek harga terbaru disini
  • Intel Core i5 11600K – Cek harga terbaru disini (Bawa iGPU baru dengan performa yang lebih baik)
  1. Ganti Ke Laptop

Harga Laptop mungkin ada kenaikan, tapi enggak terlalu signifikan. Nah, itu bisa jadi opsi lainnya sebagai solusi selain membangun PC baru. Performa mungkin enggak besar sebagaimana apa yang bisa ditawarkan PC,  apalagi jika dibandingkan dengan kartu grafis desktop. Namun, laptop atau notebook punya banyak nilai unggulannya, seperti kemudahan untuk memakai dimana saja. Performa gaming juga masih bisa, bahkan buat laptop entry level sekalipun. Tapi hanya terbatas kasual aja sih.

Solusi Pengganti VGA

Jika ingin kinerja yang jauh lebih baik, laptop gaming tentu bisa jadi solusi terbaiknya. Opsi ini bisa jadi pilihan paling ideal untuk pekerjaan berat ataupun gaming, meskipun kalian perlu rogoh kocek  cukup dalem. Hal terbaiknya, kalian enggak usah lagi beli komponen extra, tinggal pakai aja.

  1. Ganti Pake VGA Bekas

Pilihan bekas enggak selalu buruk, apalagi jika kalian melihat nilai harga yang masuk akal dan pemakaiannya masih dalam batas normal. Cover garansi kalau masih ada juga bisa jadi bonus tambahan, namun perlu extra hati-hati aja. Jika tertarik, cek harga pasaran dan tanya mengenai kondisi sedetail mungkin.  

  1. Menunggu Sampai Harga Normal Kembali

Terakhir adalah menunggu. Meskipun belum ada kejelasan kapan semua hal tersebut akan kembali normal, namun menunggu bisa jadi solusi terakhir dibanding perlu mengeluarkan banyak anggaran yang sangat besar untuk sebuah komponen.

Jadi, itu dia beberapa solusi pengganti yang mungkin saja bisa kalian pertimbangkan ketika harga VGA meroket. Enggak semua sih kami ungkap, namun yang pasti semoga  bermanfaat ya!

 

Comments

Related Posts