Thermaltake S100 TG Review : Budget Casing PC Micro ATX Rasa Premium

Thermaltake S100 TG boleh dibilang sebagai salah satu casing termurah yang ditawarkan TT. Mengusung bentuk faktor micro-ATX, tampaknya case ini punya beberapa nilai unggulan yang bisa ideal untuk dipertimbangkan.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Thermaltake Toughpower GF2 ARGB 850W : PSU RGB On Fire!

Thermaltake S100 TG : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Thermaltake S100 TG itu bisa dibilang sebagai salah satu budget case yang bawa ukuran micro ATX dan punya harga sekitar 700 ribuan. Tapi, image besar Thermaltake tetep hadir dengan quality yang dibawa, termasuk juga kemudahan. Finishing cukup rapi, bisa ideal buat kalian yang menginginkan case enggak terlalu besar, kompak dan tentu aja masih punya wibawa positif.

Thermaltake S100 TG

Cuma, kalo bahan materi sih agak sedikit tipis dibanding casing yang punya harga diatas 1 jutaan. kayaknya ini jadi salah satu alasan TT supaya bisa tetep ngejaga harga terjangkau. So, Apa sih yang unik dari Thermaltake S100 TG ini?

1. Desain

Desain mungkin relatif, tp menurut kita nilai premiumnya itu masih kelihatan, khususnya ketika melihat bagian kaca temper dan bisa dibuka menyamping seperti pintu. Btw, case ini punya kaca temper dengan tebal sekitar 3 mm, dan memakai pake magnet supaya side panel bisa terus tertutup dengan mudah.

Thermaltake S100 TG

Buat urusan warna, TT sendiri ngasi pilihan dua opsi warna, antara hitam dan putih. Jadi, user bisa sesuain pilihan sesuai dengan apa yang mereka sukai dan harga masih tetep sama aja.

Kompabilitas cukup luas, meskipun kalo mobo sih cuma dukung mini ITX dan Micro ATX dengan dimensi panjang sekitar 44cm, lebar 22cm dan tinggi sekitar 41 cm. Kalo berat sekitar 6 kg, jadi case ini cukup ringan kalo kosong.

Nah, membongkar case ini juga cukup mudah kok, dimana ada  beberapa bagian yang bisa dilepas pasang, selain side panel tentunya.

Spesifikasi Thermaltake S100 TG

  • Case type : Micro Case
  • Dimension (H X W X D) : 441 x 220 x 411 mm
  • Net weight : 6.1 kg / 13.45 lbs.
  • Side panel : Tempered glass x 1
  • Color : Exterior & interior : black
  • Material : Spcc
  • Drive bays : 2 x 2.5” (HDD Bracket); 2 x 3.5“ or 2 x 2.5” (HDD Rack);
  • Expansion slots : 4
  • Motherboards : 6.7” x 6.7” (mini itx), 9.6” x 9.6” (micro atx),
  • I/o port : 1 x USB 3.0, 2 x USB 2.0, 1 x HD Audio,
  • PSU : Standard PS2 PSU (optional)
  • Fan support : Front:3 x 120mm, 2 x 140mm, Top: 2 x 120mm, 2 x 140mm, 1 x 200mm, Rear: 1 x 120mm,
  • Radiator support : Front: 1x 240mm, 1 x 280mm, Top: 1 x 240mm, 1x 280mm, Rear:1 x 120mm,
  • Clearance : CPU Cooler Height Limitation: 165mm, PSU length limitation: 160mm, VGA length limitation: 330mm
  • Harga : Rp 780.000

2. Dukungan Pendinginan

Sedangkan dukungan cooling, bagian depan kalian bisa pasang 3 fan ukuran 12cm atau 2 fan ukuran 14cm. Bagian atas dukung 2 fan ukuran 12cm atau 14cm, malah bisa juga ngedukung fan ukuran 20 cm, dan belakang cuma dukung sebuah fan ukuran 12cm. Nah, kalian juga udah dapet bonus fan ukuran 12cm, meskipun cuma satu sih.

AIO juga ngedukung, meskipun ukuran radiator yang bisa dipasang dibagian depan max nyampe 240mm, atas sama juga nyampe 240mm dan belakang max radiator yang bisa dipasang max nyampe 120mm. Masang AIO pun cukup mudah, terlebih lagi case punya ruang yang cukup luas dan cukup friendly buat pc builder.

3. Kompabilitas

Kalo kompabilitas, case ini ngedukung ukuran VGA alias kartu grafis nyampe 33cm, meskipun slot expansi agak terbatas cuma nyampe 4 slot. Tp, tetep aja kalian bisa masang VGA modern yang cukup tebel di case ini.

Thermaltake S100 TG

 S100 TG juga ngedukung CPU Cooler dengan ketinggian max nyampe 16.5cm, jadi kayaknya itu bisa cukup tuh bro ketika kalian pengen Air Cooler modern yang masih solid buat dipasang di case. Cuma kalo PSU sih ada sedikit catatan yang perlu kalian ketahui. Meskipun dari spek case ini ngedukung PSU ATX dengan panjang max nyampe 16cm, tp terkadang kalian perlu ngorbanin drive bay storage supaya kabel-kabel bisa tetep terjaga dengan baik. Supaya masuk juga PSUnya.

Thermaltake S100 TG

Nah, masukin PSU ke case ini agak sedikit ribet, karena kalian perlu masukinnya lewat side panel bagian samping kanan case, dan ada sedikit ruang.

4. Dukungan Storage

Btw, S100 TG overall bisa menamping 6 storage, 4 buat storage ukuran 2.5, entah pake HDD rack ataupun drive bay. Nah, drive bay ini juga bisa nampung storage ukuran 3.5”, tp kalian enggak bisa masang storage 2.5” di drive bay. Tapi kayaknya case ini udah sangat mencukupi buat nampung storage kebanyakan user modern, seperti SSD maupun hard disk secara bersamaan.

5. Konektivitas & Management Kabel

Port I/O juga lengkap, dimana S100 TG siap dukung konektivitas yang cukup modern mulai dari opsi audio jack combo antara mic sama headset, 2 port USB 2.0 dan sebuah port USB 3.0. ya termasuk tombol reset sama power.

At least, 3 opsi USB bakal memberikan benefit besar seperti banyak pilihan maupun kemudahan saat user pengen nyambungin perangkat extra ke case dan enggak ribet.

Buat urusan management kabel, case ini punya cukup ruang buat nampung kabel-kabel dari PSU ataupun dari port I/O. Jalur buat ngiket pun ada, meskipun enggak ada bonus tali Velcro sih. Cuma ya, biar lebih rapi, sekali lagi drive bay kayaknya perlu dibongkar. Kalo enggak, agak sulit juga ngatur sisa kabel extra.

Kesimpulan

Kompak, estetikanya dapet, mudah, konektivitas melimpah dan harga masuk akal. Setidaknya beberapa poin ini bisa jadi nilai unggulan Thermaltake S100 TG. Catatan aja, saran kita sih mending ambil mobo micro ATX biar pas, dan nyaman aja ngeliatnya, dibanding mobo ukuran mini-ITX.

Kalo bahan materi sih relatif, meskipun lebih tipis dibanding kebanyakan case TT yang udah kita coba. Tapi tetep aja finishing maupun quality masih dijaga. Bagian front panel mungkin agak sedikit tertutup, jadi airflow masih agak terbatas, meskipun masih tetep ok sih. Disisi lain, ada proses extra saat pengen masang PSU ATX ke case ini. Kalo masih ada sisa kabel extra, kalian perlu ngebongkar drive bay supaya bisa pas dan mudah buat ngatur kabel2. 

Thermaltake S100 TG

Tapi overall, Thermaltake S100 TG layak banget kok buat dipertimbangin. Malah masuk kategori award sebagai best value case, antara harga, estetika, easy to build dan kualitasnya pun dapet.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang Thermaltake S100 TG. Enggak semua sih kita ungkap, Cuma yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts