Budget Case vs Branded Case : Minus & Positifnya I Casing PC Review

Budget Case vs Branded Case : Minus & Positifnya I Casing PC Review

Terkadang casing pc dengan budget murah itu enggak selalu buruk, dan case merk populer enggak selalu menawan. Ada keuntungan, ada pula ruginya. Nah, kali ini kami bakal ungkap beberapa poin penting maupun sisi minus yang ditawarkan antara casing murah dan casing pc yang biasa ditawarkan merk populer, seperti Corsair, Thermaltake, Cooler Master dan sebagainya.

Mengapa itu bisa penting? Setidaknya kalian bisa liat perbedaan maupun benefit yang ditawarin antara dua opsi ini. Apalagi jika kalian berencana bakal beli case enggak lama lagi. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : T-Force Vulcan G SSD Review : Storage Dengan Performa Paling Stabil

Budget Case vs Branded Case : Minus & Positifnya

  1. Budget Case

Ok, mari kita lihat terlebih dahulu dari apa yang bisa ditawarkan budget case atau casing yang biasanya punya harga lebih masuk akal untuk didapetin. Biasanya, opsi budget itu berada di bawah harga 500 ribuan, meskipun kalo versi branded itu punya opsi dibawah budget 1 jutaan.

Benefit terbesar yang ditawarin tentu aja harga yang lebih terjangkau. Estetika yang ditawarin juga enggak kalah kerennya. Seperti bentuk desain yang unik, kaca temper juga termasuk, atau bahkan port I/O juga masih menarik buat didapetin. Meskipun ada juga merek tertentu yang punya desain hampir mirip dengan merk terkenal. Cuman, tetep aja itu jadi poin penting dan magnet utama yang ditawarin budget case buat pc builder.

casing pc dengan budget murah

Beberapa diantaranya juga dukung cooling yang lengkap, termasuk bonus fan yang melimpah maupun ukuran yang cukup luas buat nampung kebanyakan komponen modern. Jadi, makin sempurna deh saat punya case murah dengan segudang benefit positif, apalagi jika harga pas banget di kantong.

Kalo materi sih relatif, ada yang sekedar kaleng-kaleng biasa, ada juga yang punya opsi materi yang solid. Cuma, minus terbesar yang hadir pada budget case biasanya finishing, entah itu dari finishing warna, maupun kualitas pengerjaan. Beberapa diantaranya terkadang cuma ngandelin nilai estetika tanpa mengindahkan sisi keamanan. Seperti misal side panel yang cukup riskan dari sisi keamanan, ada bagian yang tajam, atau bahkan management kabel yang enggak beraturan.

casing pc dengan budget murah

Dan biasanya, kemudahan pun enggak berlaku. Seperti banyak komponen yang enggak bisa dilepas, dukungan storage yang sangat terbatas, ketiadaan garansi, manual book maupun support resmi dari website yang ditawarin. Terkadang juga, ngebangun PC pake budget case agak sulit dan perlu proses yang cukup panjang, misal saat masukin PSU ke dalam casing, masang AIO, cooling dan sebagainya. Selain itu, foto gambar pada produk bisa sedikit berbeda dengan produk nyatanya, walaupun agak jarang juga sih.

Bisa sepadan dengan harga, tapi kalian perlu paham dengan resikonya. Intinya sih kalo pengen opsi murah tapi bisa berharga, cek dukungan resmi mengenai detail spesifikasi yang ditawarkan, entah lewat website resmi ataupun toko resmi yang menjualnya.

  1. Branded Case

Kalo branded case atau casing dengan merk populer seperti Corsair, Thermaltake, Cooler Master, dll, biasanya nawarin segudang benefit positif buat user. Tapi, pengorbanan terbesarnya itu datang dari harga yang lebih mahal. Malahan, beberapa diantaranya punya nilai yang enggak masuk akal, bisa berada di diatas 2 jutaan lebih loh. Disisi lain, harga mahal enggak selalu ngasih sesuatu yang menarik, malah agak mubazir juga kalo enggak sesuai dengan kebutuhan user, atau bahkan jauh dari harapan saat membelinya.

Tapi, tetep aja harga mahal bisa sepadan dengan apa yang bisa ditawarin case tersebut. Misal, saat kami nyoba Corsair Airflow 5000D yang punya harga 2.2 jutaan, poin penting case ini adalah kemudahan, estetika maupun dukungan pendinginan.

Maksud kemudahan disini biasanya beberapa part yang ada pada case bisa dilepas, bahkan hampir keseluruhan untuk seri premium. Jadi, kalian bisa mudah masang komponen tanpa perlu proses yang ribet. Dukungan management kabel juga lengkap, termasuk ruang extra yang baik dibagian side panel.  

Kualitas maupun finishing juga sangat diperhatikan, beberapa diantaranya punya detailing yang sempurna. Kalo bahan materi sih relatif juga, semakin mahal bisa semakin baik meskipun enggak selalu begitu sih. Garansi juga bisa berlaku, apalagi dukungan penuh dari situs web maupun official store.

Jadi, branded case itu bisa punya segalanya buat kebutuhan user modern, mulai dari ukuran, kemudahan, estetika, maupun kualitas, entah dari bahan, finishing atau bahkan sisi keamanan. Tapi, sekali lagi, harga bisa jadi kendala utama, apalagi jika kalian menginginkan pilihan terbaik. Versi murah untuk branded case malah udah cukup mahal, beberapa diantaranya berada di atas 1 jutaan loh. Intinya, kalo enggak masalah dengan budget, tentu itu bukan lagi persoalan besar.

Kesimpulan

Gimana sejauh ini, udah bisa dimengerti? Kita harap sih begitu. Poin penting yang biasa ditawarkan casing murah atau budget case itu tentu aja harga yang lebih masuk akal, estetika juga enggak kalah menariknya. Beberapa diantaranya bahkan dukung cooling yang lengkap, termasuk bonus fan juga.

Cuma ya jangan berharap lebih, karena terkadang finishing maupun kualitas bisa enggak sesuai dengan apa yang kalian harapkan. Bahkan terkadang ngatur kabel-kabel juga agak rumit, termasuk proses buildnya.

Kalo branded case dengan merk terkenal tentu aja udah punya kepastian dari sisi kualitas, finishing, atau bahkan dukungan garansi penuh. Meskipun, enggak semua juga sih bisa direkomendasikan. Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari bentuk faktor, kompabilitas dan sebagainya. Dan kalian juga perlu rogoh kocek cukup besar, karena casing dengan merk populer biasanya datang dengan harga yang cukup mahal.

Nah, itu dia sedikit tutorial mengenai casing pc yang bisa kami jabarkan hingga sejauh ini. Meskipun enggak kami ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com