Intel Umumkan Produk Terbaru Di CES 2021, Core i9-11900K & Tiger Lake H-Series Siap Beraksi

CES 2021 semakin memanas, ketika tim biru baru saja unjuk gigi dengan barisan prosesor terbaru Intel Core Desktop generasi ke-11, Rocket Lakes-S termasuk hardware anyar berikutnya yang siap menyongsong pada desktop maupun laptop.

Baca juga : Lenovo Umumkan Seri Premium Laptop Terbaru Yoga Slim 7i Pro

Intel tampaknya sudah siap memberikan pilihan terbaik bagi penggemar, meskipun enggak semua pilihan hardware mereka ungkap semuanya. Tapi, salah satu opsi desktop terbaik mereka berikutnya Core i9-11900K sudah menanti.

Intel Core i9-11900K Preview

Tapi yang terpenting disini produsen mengungkap prosesor baru untuk memenuhi kebutuhan varian pengguna yang berbeda. Pertama adalah sedikit preview  prosesor desktop generasi ke-11 “Rocket Lake”. Overall Intel menjanjikan peningkatan instructions per cycle (IPC ) hingga 19% dan siap memberikan frekuensi core tertinggi.

Intel Umumkan Produk Terbaru Di CES 2021

Salah satunya yang bisa menggoda dan jadi sampel utama adalah Intel Core i9-11900K, dimana prosesor ini akan menghadirkan kinerja yang lebih baik lagi bagi para gamer dan penggemar PC saat diluncurkan pada kuartal pertama 2021 .

Produsen belum memberikan detail informasi tentang fondasi dari prosesor ini, namun CPU ini akan datang dengan kekuatan 8 core dan 16 thread – drop down dari 10 core. Clockspeed naik semakin tinggi hingga 5,3 GHz single-core dan 4,8 GHz all-core turbo. Intel mengonfirmasi konfigurasi PCIe baru, dengan dukungan untuk PCIe 4.0 dan 20 jalur langsung dari CPU.

Tapi mengapa jumlah core harus turun? Menurut techspot, umumnya, ketika perusahaan menghasilkan arsitektur baru yang menciptakan inti CPU yang lebih besar, mereka melawan kebutuhan daya yang meningkat dengan beralih ke node proses yang lebih kecil. Dalam banyak kasus, jumlah core yang mengecil bisa lebih efisien(atau setidaknya menjaga CPU enggak haus daya).

Intel Umumkan Produk Terbaru Di CES 2021

Disisi lain, Techspot sendiri mengatakan bahwa turunnya Core i9-11900K dalam hal jumlah core jadi pertanda bahwa Intel pada dasarnya menyerah untuk bersaing di tingkat teratas pasar buat urusan produktivitas (untuk saat ini), setidaknya untuk beban kerja multi-thread.

Fokus utama pada Rocket Lake adalah gaming. Intel bahkan memiliki beberapa angka kinerja mereka sendiri, di mana 11900K berada antara 2 dan 8 persen lebih cepat daripada Ryzen 9 5900X pada game 1080p dengan pengaturan tinggi hingga ultra. Menurut lampiran, pengujian ini dilakukan dengan GeForce RTX 3080 dan memori DDR4-3200 32 GB dalam konfigurasi 4×8 GB.

Chipset Baru Intel Z590

Seiring dengan prosesor generasi ke-11, Intel juga mengumumkan chipset seri 500, meskipun Rocket Lake masih kompatibel dengan motherboard Intel seri 400. Intel belum membagikan banyak informasi seputar motherboard dan chipset ini, namun penanda motherboard diharapkan mengumumkan 500 papan seri minggu ini.

Dua fitur baru yang terdaftar dalam integrasi mobo dengan chipset ini adalah dukungan USB 3.2 Gen 2×2, dan DMI x8 baru, naik dari x4 dengan desain sebelumnya. Peningkatan DMI ini cukup penting, memungkinkan kehadiran peripheral  dan konektivitas penyimpanan melalui koneksi yang lebih luas ke CPU.

Dengan semakin banyaknya perangkat PCIe 4.0 dan SSD yang tersedia, dan banyak dari bagian tersebut akan disambungkan ke chipset, memberikan lebih banyak bandwidth melalui CPU adalah kunci untuk mempertahankan kinerja tingkat tinggi.

Intel Tiger Lake H35 & Prosesor Mobile series Terbaru

Intel juga membawa pengumuman besar lainnya untuk segmen mobile, mulai dari prosesor Celeron maupun Pentium terbaru yang lbih dikhususkan untuk pengguna kasual dimana mereka menyebutnya sebagai prosesor Intel® Pentium® Silver dan Celeron® N Series.

Intel Umumkan Produk Terbaru Di CES 2021

Prosesor ini dirancang pada arsitektur 10nm Intel, diklaim bisa memberikan kinerja aplikasi keseluruhan hingga 35% 11 lebih baik dan kinerja grafis gen hingga 78% lebih baik. Hal ini memungkinkan kinerja aplikasi dan browsing yang mulus saat melakukan banyak tugas, ditambah kamera canggih dan fitur konektivitas untuk konferensi video dan pengalaman menonton yang diperkaya.

Disisi lain, pilihan seru datang dengan hadirnya prosesor Mobile Intel® Core ™ seri H Generasi ke-11 yang bisa ideal untuk platform gaming. Dipimpin oleh prosesor Intel® Core ™ i7 Edisi Khusus 4-core dengan speed up to 5 gigahertz (GHz) Turbo, prosesor H35 ini secara khusus ditargetkan untuk gaming ultraportable.

Intel Umumkan Produk Terbaru Di CES 2021

Mereka menampilkan arsitektur PCIE Gen 4 baru untuk menghubungkan ke grafis diskrit terbaru dan menghadirkan latensi rendah yang luar biasa serta permainan game yang imersif saat bepergian. Di CES, Acer, ASUS, MSI, dan Vaio mengumumkan sistem baru yang didukung oleh prosesor Intel Core seri H35 Generasi ke-11 untuk gaming ultraportable, dengan lebih dari 40 desain dari mitra manufaktur teratas yang diluncurkan pada paruh pertama tahun 2021.

Untuk penggemar mobile yang menginginkan performa gaming dan kreasi berkaliber desktop, Intel juga mengumumkan prosesor 8-core yang akan mulai dikirimkan akhir kuartal ini. Platform ini unik di industrinya dengan fitur yang biasanya hanya ditemukan di sistem desktop kelas atas – termasuk hingga 5GHz, 20 jalur arsitektur PCIe Gen 4.0 untuk penyimpanan tercepat dan grafik terpisah, dan Intel® Killer ™ Wi-fi 6E (Gig +).

 Baca Juga :



Comments

Related Posts