Home » Hati-Hati, Ada Ransomware Berkedok Cyberpunk 2077 Versi Mobile Yang Beredar Di Dunia Maya

Hati-Hati, Ada Ransomware Berkedok Cyberpunk 2077 Versi Mobile Yang Beredar Di Dunia Maya

Cyberpunk 2077 sangat fenomenal, dan ternyata itu juga dimanfaatkan penjahat untuk mengeksploitasi popularitas game ini sebagai kedok dengan merilis Cyberpunk 2077 palsu versi mobile, yang nyatanya itu merupakan ransomware.

Seperti dicatat oleh Tatyana Shishkova, seorang analis malware Android di Kaspersky, jenis yang tidak bermoral memanfaatkan pengguna yang kurang berpengetahuan dengan membuat situs web palsu yang dirancang agar terlihat seperti Google Play Store, dan bisa saja pengunjung yang tidak curiga dapat mengunduh ‘Cyberpunk 2077 Mobile.’

Baca juga : CD Red Project Rilis Patch Terbaru Untuk Cyberpunk 2077 Dengan Sejumlah Perbaikan Penting

Siapa pun yang akal sehatnya dibutakan oleh prospek Cyberpunk di ponsel akan mendapat kejutan yang tidak menyenangkan. File tersebut sebenarnya adalah ransomware yang disebut CoderWare, varian dari ransomware BlackKingdom.

Seperti malware lainnya, itu akan mengenkripsi konten perangkat. Para korban diberi waktu 10 jam untuk membayar bitcoin senilai $ 500 atau kisaran 7 jutaan sebelum semuanya dihapus secara permanen.

Shishkova mencatat bahwa ada cara untuk mendekripsi konten tanpa membayar uang tebusan; hanya saja langkah itu tidak selalu menjamin pengguna akan menerima kunci dekripsi. Untungnya, ada kunci hardcode di ransomware CoderWare yang memungkinkan decryptor memulihkan file. 

Malware yang menyamar sebagai versi seluler game bukanlah sesuatu yang baru. Tahun lalu melihat aplikasi Apex Legends palsu yang merupakan adware downloader. Popularitasnya didorong oleh video YouTube yang berisi tautan ke versi seluler palsu ini. EA mengatakan Apex Legends akan hadir di seluler, tetapi tidak sampai tahun depan.

 Baca Juga :



Comments

Artikel Terkait