KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000 Mhz : Ketika Kecepatan Ngaruh Banget Buat Kamu

Ketika desktop memori dengan kapasitas ideal dan speed tinggi jadi prioritas utama kalian, maka KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz bisa banget jadi rekomendasi utamanya. Pilihan konfigurasi yang luas dalam hal kapasitas, estetika menawan, dan tentu saja dukungan XMP dengan speed 4000 Mhz yang tinggi jadi nilai unggulan pasti tuh perangkat.

Cuman buat lebih lengkapnya, simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Thermaltake TH240 ARGB Sync : AIO Liquid Cooler Ramah Anggaran, Kinerja Solid

KLEVV CRAS XR RGB Review : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Seri terbaru KLEVV ini punya banyak hal menarik buat diungkap, meskipun terkadang penamaan enggak terlalu friendly sih, agak susah gitu buat diucap. Tapi secara utuh, modul memori ini punya desain yang rapi, estetika juga enggak kalah menariknya, maupun finishing yang baik.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Kehadiran RGB jadi sajian utama buat nambah daya tarik perangkat bagi pengguna, apalagi kan sekarang makin seru kalo memori udah dukung fitur RGB Lighting, PC bisa makin ok buat show off.  

Disisi lain, memori ini punya fitur lighting dengan 8 titik LED dibagian atas perangkat sehingga pencahayaan terasa lebih terang. Bahkan dukung software mobo populer agar lighting bisa singkron dengan perangkat lain, seperti saat kami make ASUS AURA Sync ataupun RGB Fusion dari Gigabyte.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Harga dan ketersediaan masih ghoib, khususnya untuk pilihan speed 4000Mhz, jadi kita enggak bakal ngungkap lebih detail buat urusan ini. Tapi, biasanya jajaran produk dari KLEVV punya value yang lebih terjangkau, tapi performa masih tetep solid kok. Jadi, ketika CRAS XR RGB udah sepenuhnya tersedia, kayaknya harga bakal cukup masuk anggaran budget user, meskipun seri ini terhitung pilihan premium dari produsen asal Korea tersebut.

Spesifikasi

Spesifikasi Inti CRAS XR RGB 4000Mhz
Format DDR4 Unbuffered DIMM
Cpacity 16GB(8×2)
Frequency 4000 Mhz19-25-25-45 @1.4V
Data Transfer 32,000 MB/s
Latency 19-25-25-45
Voltage 1,4 V
Dimension (L)137.4 x (W) 42.5 x (H) 8.3 mm
Warranty Limited Lifetime Warranty
Distributor PT CAHAYA DISTRIBUSI NUSANTARA

Sedangkan buat spek internal, produsen sendiri ngasi pilihan konfigurasi kapasitas mulai dari 8GB hingga 32GB maupun varian speed dari 3600Mhz hingga 4266Mhz. Sedangkan buat produk yang kami pake, spek yang hadir punya kapasitas 16GB dengan modul 8GBx2 dan punya speed 4000Mhz pada CL 19-25-25-45 plus voltase default 1.4V. Latensi cukup tinggi, tapi memori ini punya kompabilitas yang baik, bahkan dukung Intel XMP 2.0, maupun nyaman dan stabil ketika dipasangkan dengan prosesor Ryzen.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Chipset memori ini pake Hynix, meskipun kepastian Die yang dibawa belum bisa diungkap sepenuhnya. Kami rasa CRAS XR RGB punya C-Die, yang sebenernya punya karakteristik enggak kalah serunya dengan Samsung B-Die yang bisa ngasi speed tinggi, meskipun pilihan Hynix C-Die punya cost lebih murah. Minusnya sih latency yang sedikit lebih tinggi, dan ngatur timing agak rumit kalo pengen dobrak speed jauh lebih superior.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Untungnya, CRAS XR RGB punya ruang OC yang baik, bahkan kita bisa dobrak kecepatan memori hingga 4400Mhz dengan mudah hanya dengan ngatur voltase saja tanpa harus ngubah timing default 19-25-25-45.

Dan nyatanya, fitur XMP yang ditawarkan pada speed tinggi sangat stabil, meskipun terkadang pilihan mobo juga bisa ngaruh sih.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Kinerja

Pertanyaannya, benefit apa sih yang bakal kalian dapetin kalo punya memori dengan speed tinggi? Meskipun tergantung kebutuhan, pada dasarnya memori dengan speed tinggi berarti performa yang ditawarin buat nyimpen atau ngambil data dari RAM bakal semakin efektif. Itu berarti sedikit waktu yang dicapai ketika kalian buka program atau game, sehingga kinerja PC overall bakal lebih nyaman buat dilalui.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Sebagai contoh, memori pada dasarnya bakal ngebantu tugas-tugas extra CPU ke storage atau sebaliknya dengan nyimpen data sementara yang dapat mudah dihapus atau dipindahin. Semakin besar kapasitas, maka semakin banyak perangkat bisa nyimpen pekerjaan tersebut, bahkan secara bersamaan tanpa perlu antrian yang panjang. Disinilah, speed tinggi jadi bonus layaknya kendaraan buat nganterin tugas-tugas itu. Meskipun, efektifitas kecepatan memori bergantung jenis prosesor atau beban aplikasi yang kalian gunakan.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Performa bisa ngasih perbedaan signifikan pada beberapa tolak ukur, contoh pada SiSoftware Sandra Memory bandwith, speed memori 4000Mhz ngasi perbedaan hingga 11% jika dibanding memori yang punya kecepatan 3200Mhz dengan skor hingga 34GB/s, bahkan jauh lebih tinggi saat OC 4400Mhz berlaku.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Hal yang sama juga berlaku buat tolak ukur 7-Zip File manager maupun Aida 64 Cache & memory benchmark.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Bagaimana dengan gaming? Overall sih enggak terlalu ngaruh banget, apalagi jika kalian punya dedicated GPU yang nendang banget, seperti ROG Strix RX 5600 XT yang kita pake buat tes. Cuman, ada sedikit perbedaan dalam framerate saat speed 4000Mhz maupun OC berlaku, meskipun terpaur 1 hingga 2 fps aja. Tapi, perbedaan bakal lebih signifikan jika kalian punya memori yang punya kecepatan lebih rendah dibawah 3000Mhz, disisi lain, CPU dan GPU sebenernya punya potensi yang jauh lebih tinggi.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Tapi kita pikir sih, memori dengan speed tinggi bakal jauh lebih berarti kalo kalian masih ngandelin iGPU seperti Radeon Vega yang make memori sistem buat nambah performa extra, apalagi buat gaming.

Kesimpulan

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz bisa banget jadi rekomendasi utama kalian, terlebih lagi nawarin kecepatan tinggi, dukungan RGB buat nambah estetika makin menarik, build quality yang solid, dan sebenernya kalo harga udah muncul, itu bisa jadi rekomendasi lainnya. Chipset Hynix juga enggak kalah serunya buat performa, bahkan dukung kompabilitas yang baik buat prosesor terbaru AMD maupun Intel.

Cuman, harga masih jadi misteri, termasuk ketersediaan produk. Jadi, modul memori ini masih ghoib, dimana kalian perlu nunggu pengungkapan harga maupun ketersediaannya. Jika harga lebih bisa lebih terjangkau dibanding merk lain, maka seri ini pastinya layak buat dipertimbangkan, meskipun harga yang kompetitif juga enggak terlalu masalah sih.

KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz

Bagaimana dengan minus? Ruang OC masih terbatas dan timing mungkin agak sedikit tinggi, tp speed 4000Mhz tampaknya udah cukup ngegoda tanpa harus dobrak lebih luas. Pilihan materi masih agak terkesan kasar, tp enggak keliatan banget dan udah cukup kok wibawanya.

Nah, itu dia ulasan singkat kami tentang KLEVV CRAS XR RGB 16GB DDR4 4000Mhz. Meskipun belum kita bongkar sepenuhnya, cuman kita harap apa yang diungkap semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts