- Berita Terbaru, Serba-serbi, Technology

Produksi Massal Chip 7nm Samsung Sudah Dimulai Melalui Fabrikasi Semikonduktor V1

Fabrikasi semikonduktor Samsung V1 kini secara resmi mulai beroperasi dan akan memulai proses teknologi litografi ultraviolet (EUV) ekstrem yang menghasilkan chip canggih dengan menggunakan simpul proses 7 nanometer (nm) ke bawah hingga pengecoran simpul satu digit.

Hal tersebut diungkap secara langsung oleh Samsung, yang bisa semakin diakui sebagai salah satu pemimpin dunia dalam teknologi semikonduktor canggih. Melalui fasilitas yang ditawarkan V1, produsen segera memulai produksi massal chip canggih berdasarkan proses 7nm, 6 nm dan akan terus mengadopsi sirkuit yang lebih baik hingga simpul proses 3 nm.

Baca juga : GIGABYTE X570 AORUS XTREME Menangkan iF Design Award 2020

Garis V1 sebenarnya mulai beroperasi pada Februari 2018, namun mereka  mulai menguji produksi wafer pada paruh kedua 2019. Setelah memiliki hasil yang memuaskan, produk pertama dari fasilitas tersebut akan mulai dikirim ke pelanggan pada kuartal pertama.

Samsung

“Seiring dengan kepemimpinan teknologi dan infrastruktur desain, keunggulan manufaktur adalah salah satu elemen terpenting dari bisnis pengecoran,” kata Dr. ES Jung, Presiden dan Kepala Foundry Business di Samsung Electronics. “Ketika kami meningkatkan produksi, lini V1 akan meningkatkan kemampuan kami untuk menanggapi permintaan pasar dan memperluas peluang untuk mendukung pelanggan kami.”

Hingg pada akhir 2020, total investasi kumulatif di jalur V1 akan mencapai USD 6 miliar sesuai dengan rencana Samsung dan total kapasitas mulai dari 7 nm dan simpul proses di bawah ini diharapkan akan berlipat tiga dari investasi pada 2019. Bersama-sama dengan jalur S3, garis V1 diharapkan memainkan peran penting dalam menanggapi permintaan pasar global yang tumbuh cepat untuk teknologi pengecoran simpul satu digit.

Ketika geometri semikonduktor bertambah kecil, adopsi teknologi litografi EUV tentu menjadi semakin penting, karena memungkinkan pengurangan pola kompleks pada wafer dan memberikan pilihan optimal untuk aplikasi generasi mendatang seperti 5G, AI, dan Otomotif. Hingga pada akhirnya, semakin banyak perangkat canggih yang efektif dalam hal kinerja maupun hal seru lainnya yang bakal diungkap melalui fasilitas VA yang kini sudah mulai beroperasi penuh.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat