- Hardware, Software, Storage

MiniTool Partition Wizard 11.6 Review : Software Utilitas Super Lengkap Untuk Urusan Storage

Jika kalian sedang nyari software ideal untuk mengembalikan data, migrasi sistem operasi ataupun segala hal yang berkaitan dengan utilitas storage, maka MiniTool Partition Wizard 11.6 bisa cukup layak buat kalian pertimbangkan. Software ini menyediakan segala hal yang kalian butuhkan sebagai solusi untuk masalah storage, bahkan mereka juga menyediakan versi gratis juga.

Nah, penasaran dengan apa yang ditawarkan tuh software? Simak selengkapnya dalam ulasan singkat kita dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Laptop Baru Budget 8 Jutaan, Kinerja Nendang

MiniTool Partition Wizard 11.6 Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Selalu ada banyak masalah yang menimpa pada storage kalian, seperti ketika kalian kehilangan data pada partisi yang enggak sengaja kalian format, atau juga gara-gara kena serangan virus. Disisi lain, kita juga enggak memungkiri bahwa kita suka butuh software yang bisa melakukan proses migrasi OS pada storage baru kita tanpa harus melewati proses yang ribet.

Nah, ketika kalian sudah lelah dengan segala pencarian kalian untuk mencari software yang ideal, maka kehadiran MiniTool Partition Wizard 11.6 bisa cukup layak untuk kalian pertimbangkan. Software ini pada intinya bisa menjadi solusi pasti untuk memenuhi segala kebutuhan kalian pada storage, apalagi ada banyak fitur bermanfaat pada software tersebut.

MiniTool Partition Wizard 11.6

Apa yang menarik pada MiniTool Partition Wizard 11.6 adalah utilitas lengkap yang dibawa dalam satu paket utuh, sehingga kalian seolah sudah memiliki banyak software dalam satu sistem. Sistem instalasi pun cukup mudah dilakukan, termasuk interface sederhana dan cukup dimengerti.

Dan berbicara mengenai interface, MiniTool Partition Wizard 11.6 menawarkan banyak hal menyenangkan yang bisa kalian eksplorasi pada software tersebut, namun beberapa hal terbaik yang bisa menjadi sisi unggulan software tersebut diantaranya adalah :

MiniTool Partition Wizard 11.6

  • Utilitas Wizard : utilitas ini menyediakan banyak hal yang sangat mudah untuk dilakukan tanpa harus ribet untuk mengalami proses extra sebelum memulai. Didalamnya, kalian bisa mencoba banyak hal bermanfaat untuk urusan storage, seperti proses migrasi Sistem operasi dari storage lama kalian ke pilihan baru ataupun menyalin semua file dari partisi lama ke storage baru.

  • Utilitas Convert Disk : Di bagian ini, software tersebut menyediakan utilitas unik untuk mengkonversi jenis HDD tertentu, seperti dari GPT ke MBR ataupun sebaliknya. Ini bisa memberikan solusi bagi kalian yang sedang mencari software tepat untuk melakukannya dengan baik.
  • Utilitas Clean Disk : Mau hapus seluruh partisi atau HDD kalian dengan mudah? utilitas ini bisa memberikannya dengan proses cepat tanpa banyak hambatan.

  • Utilitas Check Disk : Fitur ini bisa menjadi manfaat terbesar yang dibawa software tersebut bagi pengguna, khususnya ketika mereka memiliki masalah dengan storage, ataupun ingin menjaga storage tetap aman. Contohnya, kalian bisa mengembalikan data penting yang hilang pada fitur data recovery. Atau juga, kalian bisa mengecek kesehatan storage kalian melalui Surface test ataupun fitur extra lainnya.

Disamping beberapa fitur inti, kalian juga bisa melihat bahwa software ini juga memberikan banyak fitur extra pada menu utama dibagian atas, meskipun beberapa diantaranya sudah tersedia pada fitur utama dibagian inti.

Hal terbaiknya, software ini tidak akan langsung menjalankan perintah pengguna, dimana kalian perlu mengkonfirmasi terlebih dahulu perintah yang bakal kalian lakukan dengan memencet tombol Apply. Sehingga, segala hal yang tidak disengaja atau tidak kalian inginkan bisa terhindari. Bahkan, kalian bisa melakukan beberapa hal dalam satu perintah tersebut.

Terlihat cukup menjanjikan bukan? Sayangnya, sebagian besar fitur yang sangat bermanfaat pada MiniTool Partition Wizard 11.6 tidak tersedia secara gratis, dimana kalian perlu membeli lisensi penuh untuk membukan semua hal tersebut. Untungnya, itu semua tidak datang dengan nilai harga cukup mahal, bahkan kalian cukup mengeluarkan anggaran sekitar $59 atau kisaran 800 ribuan untuk satu lisensi, atau sekitar $99 (kisaran 1.3 jutaan) untuk dipakai maksimum hingga 3 pc.

Lisensi tersebut bisa kalian seumur hidup, jadi setidaknya membeli software tersebut bisa kalian nikmati sepanjang hidup kalian, meskipun pembelian awal mungkin cukup berat juga sih. Disamping itu, metode pembelian juga cukup terbatas, dimana produsen hanya menyediakan pembayaran melalui kartu kredit ataupun Paypal.

Namun, sebenarnya kalian bisa mencobanya sendiri tanpa harus membayar satu peserpun keluar dari kantong anggaran kalian. Itu karena produsen menyediakan tiga pilihan konfigurasi, yaitu versi gratis dengan beberapa (banyak) keterbatasan dalam hal utilitas, versi Pro yang khusus disediakan untuk lisensi satu pc, dan versi Pro Ultimate Edition untuk 3 PC sekaligus.

Kesimpulan

Terlepas dari semua hal yang telah kami dapatkan melalui MiniTool Partition Wizard 11.6, pada dasarnya software ini bisa memberikan solusi yang baik untuk segala masalah yang kalian hadapi pada storage, seperti proses untuk mengembalikan data yang hilang, migrasi OS dan banyak hal lainnya dalam satu paket utuh yang super lengkap.

Sayangnya, ini tidak datang dengan murah, dimana kalian perlu membeli lisensi penuh agar bisa mendapatkan semua hal bermanfaat tersebut. Disamping itu, versi gratis sebenarnya tidak benar-benar memberikan banyak manfaat untuk kalian coba, bahkan sangat dibatasi.

Tapi, jika kalian enggak masalah dengan harga yang ditawarkan, pada dasarnya MiniTool Partition Wizard 11.6 layak banget untuk dipertimbangin sebagai satu software yang bisa memberikan banyak hal bermanfaat untuk kalian, khususnya untuk urusan storage. Ibaratnya, selalu ada pengorbanan untuk mendapatkan hasil yang terbaik, ya seperti apa yang ditawarkan software ini buat kalian. Jadi, itu dia ulasan singkat kita tentang MiniTool Partition Wizard 11.6. Yang pasti, semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat