- Hardware, Laptop

HP 14s-dq1013tu Preview : Laptop 7 Jutaan Dapet Intel Core i3 Gen 10 + SSD NVMe

Pilihan laptop 7 jutaan kini semakin seru untuk diungkap, salah satunya datang dari HP 14s-dq1013tu atau biasa mereka mengatakan sebagai HP Joy XGen 14s. Laptop ini membawa kekuatan baru Intel Core i3 generasi ke-10 namun hadir dengan nilai harga cukup terjangkau.

Ada banyak hal seru yang bisa kami ungkap tentang laptop tersebut. Penasaran dengan apa yang bisa ditawarin tuh laptop? Lihat selengkapnya melalui preview dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Rekomendasi Ideal Laptop 4 Jutaan Tahun 2019

HP 14s-dq1013tu Laptop Preview : Apa Yang Kami Tahu Sejauh Ini

Awal oktober kemarin, ada banyak pilihan laptop fresh yang membawa kekuatan baru, termasuk seri Intel mobile generasi ke-10. Salah satunya adalah HP Joy XGen 14s -dq1013tu dengan pilihan termurah berada pada kisaran harga 7 jutaan dan hadir dengan kekuatan Intel Core i3-1005G1.

HP 14s-dq1013tu

Seri ini bisa dikatakan membawa sedikit fitur premium termasuk layar Full HD IPS Panel dengan ukuran 14”, SSD NVMe storage 256GB, USB Type C dan fingerprint. Dukungan sisi mobilitas juga sangat baik, dimana kalian bisa dengan mudah membawa laptop ini kemana saja dengan bobot hanya sekitar 1.4 Kg dan memiliki tingkat ketebalan hanya sekitar 1.7cm.

HP mengatakan bahwa ini bisa menjadi salah satu notebook hebat pada harga yang sangat terjangkau. Kalian bisa merasakan banyak hal seru dan cepat melalui laptop ini, termasuk potensi kinerja baterai yang cukup Panjang.

HP 14s-dq1013tu

Berbicara mengenai desain, HP Joy XGen 14s ini bisa dikatakan cukup pantas untuk bawa nilai estetika yang cukup menarik perhatian, apalagi sajian layar juga bisa memberikan ruang visual yang terasa jauh lebih luas. Tentu, bezel tipis juga jadi magnet utama yang cukup menarik konsumen.

Keybard pun hadir dengan pilihan lengkap dan nyaman melalui nuansa Full-size island style. Dan hal tersebut juga berlaku untuk touchpad multi-touch gesture, dimana HP menjamin semua kenyamanan khusus untuk kalian melalui perangkat tersebut.

Terakhir, hadirnya dual speakernya menjamin kualitas suara yang cukup maksimum untuk “sekedar” dengerin musik. Meski, ini enggak terlalu ideal untuk ruangan besar atau ruang lingkup dalam ruang terbuka.

Spesifikasi Inti HP Notebook 14s-dq1013tu
Microprocessor Intel® Core™ i3-1005G1 (1.2 GHz base frequency, up to 3.4 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 4 MB cache, 2 cores)
Chipset Intel® Integrated SoC
Memory, standard 4 GB DDR4-2666 SDRAM (1 x 4 GB)
Video graphics Intel® UHD Graphics
Hard drive 256 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Optical drive Optical drive not included
Display 35.6 cm (14″) diagonal FHD IPS BrightView micro-edge WLED-backlit (1920 x 1080)
Wireless connectivity 802.11b/g/n (1×1) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 combo
Expansion slots 1 multi-format SD media card reader
External ports 1 USB 3.1 Gen 1 Type-C™ (Data Transfer Only, 5 Gb/s signaling rate); 2 USB 3.1 Gen 1 Type-A (Data Transfer Only); 1 AC smart pin; 1 HDMI 1.4b; 1 headphone/microphone combo
Minimum dimensions (W x D x H) 32.4 x 22.5 x 1.79 cm
Weight 1.46 kg
Power supply type 45 W AC power adapter
Battery type 3-cell, 41 Wh Li-ion
Webcam HP TrueVision HD Camera with integrated dual array digital microphone
Audio features Dual speakers
Harga Rp7.199.000

Konektivitas

Untuk memenuhi tantangan modern melalui banyaknya varian perangkat extra, HP 14s-dq1013tu hadir dengan pilihan konektivitas yang lengkap dan benar-benar bisa kalian andalkan untuk kebutuhan kinerja super cepat, yaitu sebuah port USB 3.1 Gen 1 Type-C™ (Data Transfer Only, 5 Gb/s signaling rate); 2x USB 3.1 Gen 1 Type-A (Data Transfer Only); 1 AC smart pin; 1 HDMI 1.4b; 1   headphone/microphone combo.

HP 14s-dq1013tu

Sedangkan untuk sisi konektivitas wireless, seri ini hadir dengan pilihan standar antara WiFi 802.11b/g/n (1×1) Wi-Fi dan Bluetooth 4.2 combo. Cuman, ini masih memberikan solusi yang baik untuk seutuhnya bergantung melalui koneksi nirkabel untuk semua kebutuhan online kalian.

Display

Sebagaimana apa yang telah kami ungkap sebelumnya, laptop ini bawa pilihan menarik untuk sebuah laptop murah. Hadirnya layar dengan ukuran 14” dan memiliki ruang resolusi Full HD merupakan pilihan yang cukup mewah bagi konsumen, apalagi hadir dengan panel IPS dan memiliki bezel tipis sekitar 6.5mm. Ini bisa bawa sajian visual terasa lebih luas.

HP 14s-dq1013tu

HP sendiri mengklaim bahwa layar yang dibawa laptop tersebut mampu memberikan warna yang cukup tajam dan lembut, yang tentu saja bisa membuat mata pengguna tidak cepat Lelah.

Spesifikasi Internal

Intel Core i3-1005G1 jadi jantung utama dari apa yang bisa ditawarkan HP Joy XGen 14s -dq1013tu untuk tenaga komputasi yang cukup hebat. Dengan fitur dual core dan 4 Threads plus dibangun berdasarkan Lithography 10nm, seri ini bisa cukup cepat untuk menangani banyak tugas berat dan bisa ngasi kinerja efektif untuk kekuatan baterai, meskipun masih terbatas untuk kemampuan multi-tasking.

Spesifikasi Inti Intel® Core™ i3-1005G1
Code Name Products formerly Ice Lake
Lithography 10 nm
# of Cores 2
# of Threads 4
Processor Base Frequency 1.20 GHz
Max Turbo Frequency 3.40 GHz
Cache 4 MB Intel® Smart Cache
Bus Speed 4 GT/s
TDP 15 W
Processor Graphics ‡ Intel® UHD Graphics
Graphics Base Frequency 300 MHz
Graphics Max Dynamic Frequency 900 MHz
DirectX* Support 12
OpenGL* Support 4.5
Intel® Quick Sync Video Yes
Instruction Set 64-bit
Instruction Set Extensions Intel® SSE4.1, Intel® SSE4.2, Intel® AVX2, Intel® AVX-512

Namun begitu, prosesor ini bisa dikatakan sangat baik yang enggak cuman ditujukan untuk kinerja kasual, terlebih lagi membawa clockspeed maksimum up to 3.4Ghz, Cache 4MB dan nilai TDP sebesar 15W.

Sedangkan untuk kebutuhan grafis, kalian harus puas dengan sajian internal GPU bawaan prosesor, yaitu Intel UHD Graphic. Kemampuan dari apa yang bisa ditawarkan GPU tersebut mungkin tidak sehebat dari Dedicated GPU, namun sebenarnya bisa memberikan kinerja gaming kasual yang cukup berarti, apalagi jika kalian upgrade memori jadi dual channel. Dan berbicara mengenai RAM, laptop ini memiliki default memori sebesar 4GB DDR4. Namun kalian bisa upgrade memori untuk kinerja yang lebih luas dengan ketersediaan slot extra.

Sedangkan untuk urusan storage, HP Joy XGen 14s -dq1013tu hadir dengan pilihan penyimpanan SSD NVMe dengan kapasitas default 256GB. Seri ini mungkin terbatas dalam hal kapasitas, namun bisa memberikan kinerja terbaik untuk transfer data, termasuk untuk urusan loading sistem maupun aplikasi yang kenceng.

Inilah yang jadi salah satu fitur unggulan hebat lainnya yang ditawarin oleh laptop tersebut, termasuk kehadiran Intel Optane memori 16Gb untuk menyempurnakan kinerja sistem jauh lebih efektif.

Kesimpulan Awal

HP Joy XGen 14s -dq1013tu kayaknya bisa jadi pilihan utama kalian saat sedang mencari laptop 7 jutaan dengan kinerja terbaik. Meski, ini masih terbatas untuk kasual work dan tidak dikhususkan untuk pekerjaan yang sangat menuntut.

Hal terbaik selain dari tenaga komputasi yang hebat adalah dukungan mobilitas yang efektif, dimana kalian bisa membawa laptop ini kemana saja tanpa harus merasa “terbebani” dengan bobot yang sangat ringan termasuk desain yang cukup berkelas.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat