- Berita Terbaru, Storage, Technology

Samsung Umumkan SSD PCIe 4.0 Baru, Potensi Kinerja Hingga 8GB/s & Kapasitas Hingga 30TB

SSD Gen 2 melalui slot PCIe 4.0 sudah mulai banyak dikenal, dan Samsung ikut meramaikan pasar storage super kenceng ini dengan hadirnya SSD terbaru yang baru saja diumumkan, PM1733. Produsen mengklaim bahwa produk terbaru mereka mampu memberikan kinerja yang melebihi harapan pengguna modern dengan tingkat kecepatan maksimum hingga 8GB/s.

Dengan fitur utama pengontrol PCIe 4.0, SSD milik perusahaan populer ini hadir dengan chip V-NAND 512Gb TLC generasi kelima.  Samsung PM1733 diklaim mampu menawarkan kecepatan baca sekuensial dan acak yang luar biasa masing-masing hingga 8 GB / dtk dan 1.500.000 IOPS. SSD ini juga kompatibel dengan antarmuka PCIe 3.0 yang lebih lama, tetapi bisa mengurangi kinerja drive.

Baca juga : Promo Bundle Gigabyte X570 & SSD Gen 4 AORUS, Bonus AORUS K9 Optical Mechanical Keyboard

Sedangkan untuk pilihan konfigurasi, PM1733 akan tiba dalam dua faktor bentuk yakni Varian U.2  hingga empat jalur PCIe 4.0 dan akan tersedia dengan kapasitas hingga 30,72TB. Varian HHHL (setengah tinggi, setengah panjang), di sisi lain akan membutuhkan hingga delapan lajur PCIe 4.0 untuk bekerja secara maksimal.

SSD PCIe 4.0

Model HHHL memiliki kapasitas maksimum hingga 15,36TB. Salah satu atribut Samsung PM1733 U.2 adalah dukungan untuk teknologi dual-port, yang berarti drive dapat diakses oleh dua sistem yang berbeda secara bersamaan.

Sedangkan untuk ketersediaan, pihak perusahaan mengatakan bahwa SSD terbaru ini akan diluncurkan di kuartal kedua (atau ketiga) tahun ini, meski belum ada kepastian tanggal. Harga yang masih menjadi misteri, namun jika kita melihat dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi, maka kalian pastinya bakalan perlu mengeluarkan banyak rupiah untuk memilikinya.

Terlepas dari itu semua, SSD dengan PCie 4.0 tentu bisa menjadi pilihan solid lainnya bagi pengguna yang menginginkan kecepatan penuh dari sebuah storage (atau beberapa). Kehadiran SSD versi Samsung tentu memberikan jalan paling ideal bagi pengguna yang menginginkan storage besar dengan kinerja tinggi. Kita tunggu saja semua janji yang ditawarkan produsen pada kinerja nyata.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat