- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis

Radeon RX 5700 Series Versi AIB Mulai Diungkap, Bakal Hadir Pekan Ketiga Bulan ini

Radeon RX 5700 series versi AIB kini sudah mulai diperkenalkan, bahkan pilihan ketiga bisa memberikan sisi performa jauh lebih menyenangkan, khususnya ketika berbicara pendinginan. Meskipun belum sepenuhnya resmi, JD.com sudah jelas menyajikan bagaimana bentuk visual kartu grafis tersebut dalam potensi pendinginan yang jauh lebih baik.

Contohnya datang dari ASRock, dimana produsen bakal menyebutnya sebagai Challenger D, meskipun baru menyediakan versi XT saja. GPU dari ASRock ini dibandrol dengan harga ¥3.299 atau sekitar 4.4 jutaan (sebelum pajak).

Baca juga : AMD Ryzen 3 3200G Review : Budget CPU Powerful Dengan Banyak Peningkatan Kinerja

Radeon RX 5700 Series

Challenger D siap menyediakan dua pilihan Fan dan maksimum ukuran Panjang GPU hingga 28 cm. Disisi lain, clockspeed bakal hadir sedikit lebih besar dengan kecepatan dasar sekitar 1650Mhz, Game clockspeed up to 1795 MHz dan max boost hingga 1905 MHz.

Radeon RX 5700 Series

Hal yang sama juga berlaku untuk seri XFX, dimana mereka menyebutnya sebagai Black Wolf Edition. Hampir sama dengan apa yang ditawarkan oleh ASRock, seri ini bakal hadir dengan pilihan pendingin dua fan dengan  ukuran maksimum hingga 29cm. Harga yang ditawarkan untuk versi XT sama dengan seri Challenger D, meskipun hal tersebut bisa berbeda ketika sudah tersedia di negara kita.

Disisi lain, AMD dan Scott Herkelman telah mengumumkan untuk terus mendukung kartu grafis AIB berbasis Navi khusus, tetapi desain referensi masih akan ditawarkan melalui AMD.com dan mitra mana pun yang ingin terus menawarkannya.

Intinya bahwa mereka tidak akan “membunuh” versi referensi yang saat ini tengah menjadi rumor panas, khususnya ketika situs web Prancis Cowcatland mengatakan bahwa AMD akan membawa status EOL (End of Life) pada model referensi RX 5700 dan RX 5700 XT yang ternyata tidak benar adanya.

Jadi, terlepas dari itu semua, kartu grafis edisi ketiga dari mitra AMD maupun edisi referensi dengan fitur single fan akan tersedia secara bersama-sama. Yang tentunya bakal memberikan banyak varian bagi penggemar dan konsumen secara umum. Sedangkan untuk ketersediaan, belum ada kepastian dari produsen mengenai hal tersebut, namun tampaknya semua pilihan kartu grafis baru AMD versi AIB bakal tersedia secara global pada pekan ketiga bulan ini atau setidaknya awal September untuk asumsi aman.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat