- Android, Hardware, Software

Samsung Galaxy S10 Resmi Diumumkan, Lebih Banyak Inovasi Hebat Siap Menanti

Keluarga ponsel terbaru Samsung Galaxy S10 resmi diumumkan, dan produsen membawa 3 smartphone hebat berikutnya dengan detail spesifikasi yang sangat menjanjikan untuk dicapai. Disamping itu, ponsel terbaru Samsung ini juga menampilkan beberapa inovasi baru yang tidak pernah terlihat dalam iterasi sebelumnya.

S10 tidak hanya menampilkan peningkatan pada layar, kamera, dan prosesor, tetapi juga teknologi baru yang telah diimplementasikan oleh perusahaan seperti sensor kamera di belakang layar, pemindai sidik jari terintegrasi ke dalam layar, perekaman HDR10 +, dan banyak lagi yang benar-benar membedakan S10 dari generasi smartphone saat sebelumnya (atau hingga saat ini).

Hal tersebut diungkap secara resmi oleh Samsung, saat perusahaan asal Korea ini meluncurkan Galaxy S10 di San Francisco pada hari Rabu kemarin. Selain itu, mereka juga memperkenalkan smartphone lipat terbaru yang dinamakan Samsung Fold, yang juga akan terjun langsung ke ponsel andalan perusahaan ini bersama Galaxy S10 Series.

Baca juga : 3 Pilihan Monitor Terbaru Samsung Resmi Diumumkan, Lebih Banyak Fitur Hebat Siap Disajikan

Samsung Galaxy S10 Series, Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Secara utuh, Galaxy S10 menampilkan layar AMOLED dari atas ke bawah, dari sisi ke sisi, yang mendukung HDR10 + Layar 1.200 nits yang disebut “Dynamic Infinity-O”. Ini menampilkan tampilan warna yang sangat cerah plus memiliki gamut warna yang mampu menghasilkan 60 juta warna sehingga sangat jelas dan menghadirkan warna yang sangat akurat. Selain itu, produsen mengklaim bahwa fitur ini juga dapat mengurangi cahaya biru yang dipancarkan, sehingga membuatnya lebih mudah di mata tanpa menggunakan filter atau mengurangi kualitas gambar.

Samsung Galaxy S10

Dan kehadiran pemindai sidik jari di layar bisa menjadi sisi penyempurna seri ini, dimana ini bisa dicapai dengan menanamkan sensor ultrasonik di bawah bagian bawah layar. Saat pengguna menekan ke bawah, sensor merekam gambar 3D dari cetakan mereka. Samsung mengklaim ini membuatnya bahkan lebih aman daripada pemindaian 2D tradisional.

Kemudian kehadiran sensor kamera depan juga bisa dikatakan sebagai invoasi lainnya yang ditawarkan Samsung pada Seri Galaxy S10. Menurut Samsung, “Hasil dari proses rekayasa terobosan, Galaxy S10’s Infinity-O Display yang unik mengemas berbagai sensor dan teknologi kamera menjadi hole-in display,  sehingga pengguna dapat memaksimalkan layar real estat tanpa gangguan apa pun.” Hasilnya adalah tampilan edge-to-edge yang sebenarnya.

Samsung Galaxy S10

Dan apa yang terbaik dari fitur kamera yang dimiliki oleh seri Galaxy S10 ini adalah kamera belakang dual-pixel, dual-aperture memiliki bidang pandang 123 derajat ultra lebar seperti mata manusia. Intinya, “Apa yang Anda lihat, kamera kamera akan melihatnya,” kata Samsung.

Perangkat lunak kamera itu sendiri digerakkan oleh AI dan dapat menganalisis komposisi pengguna dan memberikan saran tentang cara untuk meningkatkan pemotretan. Algoritme mengambil berbagai aspek foto termasuk pencahayaan, objek dalam bingkai dan data lainnya, termasuk juga memberikan saran di layar tentang untuk cara meningkatkan gambar sebelum pengguna mengambilnya.

Dan untuk menyempurnakan fitur kamera pada seri S10 terbaru ini,  kamera menggunakan stabilisasi digital sambil mengambil video untuk pemotretan yang sangat halus tanpa harus mengedit pos, apalagi kedua kamera dapat merekam dalam UHD HRD10 + yang benar-benar mengesankan.

Untuk urusan baterai, Samsung juga menampilkan inovasi hebat dengan menggabungkan kinerja baterai melalui AI. Sehingga, Galaxy S10 terbaru ini akan mengoptimalkan baterai 4.500mAh, CPU, dan bahkan suhu perangkat tergantung pada bagaimana pengguna menggunakan ponsel mereka. Semakin sering mereka menggunakannya, semakin cepat AI tersebut bisa “mempelajari” cara membuat komponen untuk bisa berjalan secara efisien. Perusahaan mengklaim inovasi ini meningkatkan masa pakai baterai hingga 37 persen di bawah kondisi penggunaan umum.

Samsung Galaxy S10

Selain itu, produsen juga menghadirkan teknologi “Wireless PowerShare.” Fitur ini pada dasarnya mengubah ponsel menjadi pad pengisian secara nirkabel untuk perangkat extra pengguna lainnya seperti pod telinga dan jam tangan pintar baru yang disajikan oleh perusahaan ini. Untuk menggunakannya, pengguna hanya cukup meletakkan ponsel menghadap ke bawah pada permukaan yang rata dan kemudian mengatur aksesori (atau telepon) yang kompatibel dengan Qi di bagian belakang perangkat.

Detail Spesifikasi Samsung Galaxy S10/S10+

  • Screen: 6.1-inch / 6.4-inch “Dynamic AMOLED” display, Quad HD+ resolution in a 19:9 aspect ratio
  • Rear cameras: Wide angle 12-megapixel (77-degree), telephoto 12-megapixel (45-degree), and ultra wide 16-megapixel (123-degree)
  • Selfie camera: 10 megapixels, 8-megapixel RGB depth camera (S10 Plus)
  • Dimensions: 70.4 x 149.9 x 7.8mm, 157 grams (S10) / 74.1 x 157.6 x 7.8mm, 175g (Ceramic: 198g) (S10 Plus)
  • Processor: Snapdragon 855
  • Memory: 8GB or 12GB RAM
  • Storage: 128GB to 512GB (1TB on S10 Plus), expandable via microSD
  • Battery: 3,400mAh (S10) / 4,100mAh (S10 Plus)
  • OS: Android 9 Pie with Samsung One UI
  • Connectivity: Wi-Fi 6, Bluetooth 5, LTE Cat.20
  • Wireless charging, USB-C, headphone jack

Pilihan Konfigurasi, Ketersediaan & Harga

Nah, keluarga ponsel terbaru Samsung Galaxy S10 Series ini akan hadir dalam tiga pilihan, yakni  Galaxy S10, S10e, dan S10 +. Opsi penyimpanan yang ditawarkannya juga bervariasi, tetapi S10 + bisa menjadi pilihan paling tangguh dimana ponsel ini bisa memberikan kapasitas penyimpanan hingga 1TB  onboard 1TB dan slot microSD hingga 512GB lebih. Kamu bisa melihat detail spesifikasi lebih lengkapnya di situs resmi Samsung untuk berbagai pilihan konfigurasi.

Samsung Galaxy S10

Untuk harga dan ketersediaan, semua versi ini akan tersedia mulai tanggal 8 Maret 2019, namun pengguna sudah bisa melakukan pre-order secara global mulai hari ini. Sedangkan untuk urusan harga, Samsung Galaxy S10 akan memiliki harga mulai dari $ 899,99 atau sekitar 12.6 jutaan rupiah (sebelum pajak), $ 999,99 untuk Galaxy S10 + atau sekitar 14 jutaan (sebelum pajak) dan $ 749,99 atau sekitar 10 jutaan untuk Galaxy S10e.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “Samsung Galaxy S10 Resmi Diumumkan, Lebih Banyak Inovasi Hebat Siap Menanti

Comments are closed.