- Apple, Berita Terbaru, Prosesor, Technology

TSMC Sudah Mulai Produksi Chip 7nm, Apple A13 Bionic Dapat Jatah Besar

Produksi volume tinggi chip 7nm kini sedang berjalan di TSMC, dimana perusahaan ini akan menjadi pemasok utama Chip Apple A13 yang sangat canggih. Disinilah, senjata rahasia produsen yang sangat populer tersebut siap memberikan inovasi yang jauh lebih fenomenal.

Dengan hadirnya chip 7nm ini, teknologi proses tersebut memungkinkan chip yang lebih padat dan bisa  menghasilkan kinerja dan efisiensi daya yang lebih besar, terutama di perangkat seluler. Dan TSMC sebagai pemasok utama Apple, tampaknya juga melanjutkan dominasi mereka sebagai perintis teknologi proses 7nm, dimana perusahaan ini akan terus bekerja dengan Apple sepanjang tahun 2019. Dan kelihatannya, iPhone tahun depan sudah siap menyertakan prosesor A13 yang diproduksi oleh TSMC.

Baca juga : Apple Perkenalkan Chip Terbaru 7nm Yang Lebih Canggih, A12 Bionic

Sebelumnya, selama paruh pertama tahun 2018 kemarin, TSMC mengambil alih kepemimpinan atas peleburan murni chip lainnya. Perusahaan Taiwan ini bahkan menguasai 56 persen pasar dan berada di jalur untuk menembus 60 persen selama 2019.

chip 7nm

Salah satu alasan mengapa TSMC memiliki nilai keunggulan dalam pengembangan produkse chip canggih,  itu dapat disebabkan oleh teknik kemasan fan-out terpadu milik TSMC  untuk wafer. Setelah wafer silikon telah diproduksi, ini harus dikemas dalam beberapa wadah yang dapat disolder ke dalam rangkaian atau ditempatkan ke dalam soket.

Apple sebenarnya telah bekerja dengan TSMC sejak tahun 2016 dengan produksi chip seri A sebagai pilihan utama. Disisi lain, AMD juga merupakan salah satu klien utama mereka dalam usaha untuk menempuh teknologi canggih 7nm CPU sebagai pilihan utama platform CPU desktop generasi selanjutnya, termasuk GPU dari Nvidia untuk penggunaan konsumen.

Inilah yang menjadikan perusahaan tersebut sangat populer, termasuk yang terdepan dalam produktivitas chip, apalagi, banyak juga produsen lainnya, termasuk Huawei, Qualcomm dan MediaTek juga ikut bergabung sebagai mitra mereka.

Dan selama tahun 2019 mendatang, kehadiran chip 7nm TSMC tampaknya sudah bisa dirilis secara umum, bahkan tersedia secara komersial. Awal bulan ini, perusahaan mengungkapkan bahwa chip pelanggan sedang direkam untuk produksi EUV 7nm. Kemajuan ini dimaksudkan untuk membuat produksi massal lebih efektif, termasuk dari segi biaya dengan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menciptakan lapisan chip yang kurang penting.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat