- Games, Hardware, Playstation, Windows, Xbox

Assassin’s Creed Odyssey Preview : Gameplay, Konfigurasi & Spesifikasi Minimum

Assassin’s Creed Odyssey resmi dirilis 3 hari lalu, atau tepatnya tanggal 5 oktober 2018. Game ini merupakan seri angsuran utama kesebelas dan kedua puluh secara keseluruhan yang diterbitkan oleh Ubisoft sejak game tersebut hadir pertama kali pada tahun 2007 silam.

Game itu sendiri dirilis secara global untuk platform Microsoft Windows, PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch (hanya di Jepang). Ada banyak hal yang menjadi nilai fenomenal tersendiri pada Assassin’s Creed Odyssey, sehingga membuat game ini banyak dipuji, terlebih lagi nilai visualitas yang benar-benar terbuka, gaya bertempur, cerita yang hebat dan tentu saja karakter itu sendiri.

Baca juga : Skybound Games Siap Lanjutkan The Walking Dead : The Final Season

Assassin’s Creed Odyssey Preview : Pandangan Umum

Ada banyak hal yang bisa menjadi sesuatu yang sangat menarik dan cukup unik, terlebih lagi kita bisa memainkan dua pilihan karakter utama untuk memulai pertualangan, yakni Alexios atau Kassandra. Didalam game itu sendiri, pihak pengembang tampaknya jauh lebih menekankan pada elemen role-playing sebagai sajian utama jika dibandingkan dengan game sebelumnya. Disini, kita akan melihat banyak opsi dialog dalam menentukan keputusan, pencarian bercabang, dan berbagai variasi ending yang menarik.

Assassin's Creed Odyssey

Assassin’s Creed Odyssey juga merupakan dunia yang sepenuhnya terbuka, dimana kita juga bisa melakukan berbagai penjelajahan selain melakukan misi utama. Nilai visualitas juga sangat baik, bahkan jika sistem kamu mampu menjalankan pengaturan Ultra-setting, ini bisa membawa pengalaman gaming yang sangat sempurna.

Game itu sendiri diatur pada jaman 431 SM, empat ratus tahun sebelum peristiwa Assassin’s Creed Origins terjadi. Ini menceritakan sejarah fiksi rahasia Perang Peloponnesia, yang terjadi di antara negara-kota Yunani kuno. Kita bisa mengambil peran sebagai tentara bayaran dan akan mampu bertarung untuk Athena dan Liga Delian atau Liga Peloponnesia yang dipimpin oleh Sparta.

Dan seperti permainan sebelumnya dalam seri Assassin’s Creed, Odyssey menampilkan set narasi di zaman modern dan mengikuti Layla Hassan, yang pertama kali diperkenalkan di Assassin’s Creed Origins.

Gameplay

Ketika kita sudah memilih karakter utama, baik itu Alexios maupun Kassandra, pemain akan memulai permainan sebagai tentara bayaran dan kedua karakter tersebut sebenarnya diceritakan sebagai keturunan raja Spartan Leonidas I. Mereka bahkan mewarisi tombaknya yang patah, yang dapat ditempa menjadi pisau untuk menjadi senjata terbaik dan bisa memberi kemampuan spesial dalam pertempuran.

Permainan ini juga menggunakan sistem Skill Tree talent, dimana ini memungkinkan pemain untuk membuka kemampuan baru. Tiga skill ini dibagi menjadi beberapa kelas, yakni  hunter, dimana area khusus ini adalah meningkatkan skill memanah dari karakter pemain. Kemudian hadir juga kelas Warrior, dimana ini lebih menekankan pada pada pertempuran, dan “Assasin” yang berfokus pada Stealth. Perubahan ini tentu menjadi sesuatu yang baru, terlebih lagi menggantikan sistem yang sebelumnya digunakan dalam Origins, yang memberikan pemain serangkaian kemampuan pasif jauh lebih pasti.

Dan selain bisa memilih jenis kelamin karakter utama, baik antara Alexios atau Kassandra, disisi lain kita juga akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan hubungan romantis dengan karakter non-player, terlepas dari mana yang mereka pilih.  Kemudian hadir pula fitur tambahan yang akan membuat semua petulangan akan terasa lebih menantang, yakni kehadiran notoriety system, dimana tentara bayaran akan mengejar pemain jika mereka melakukan kejahatan seperti membunuh atau mencuri dari karakter yang tidak dapat dimainkan.

Ubisoft juga kembali menghadirkan hitbox combat system, dimana ini sebenarnya sudah diperkenalkan di Origins, namun kini jauh diperluas untuk memberikan akses pemain ke empat keterampilan khusus yang berbeda ketika Skill bar sudah terisi. Keterampilan ini termasuk memanggil hujan panah dan tendangan kuat untuk menjatuhkan lawan. Ini sebenarnya mirip dengan mekanik “Overpower” yang dulu diperkenalkan di Origins, dimana hal tersebut memungkinkan pemain menggunakan langkah finishing yang kuat dalam pertempuran.

Disisi lain, Assassin’s Creed Odyssey juga dilengkapi dengan gear System, di mana setiap helai armor yang dipakai pemain akan memiliki statistik berbeda dan memberikan berbagai keunggulan. Ini dapat dilengkapi dan ditingkatkan secara individual.

Assassin’s Creed Odyssey juga menampilkan pertempuran laut atau Sea Combat, dimana nantinya pemain akan memiliki akses ke kapal perang era Helenistik untuk menjelajahi Laut Aegea. Konflik antara Athena dan Sparta juga bisa diwakili melalui “War System” yang memungkinkan pemain untuk mengambil kontrak dari tentara bayaran dan berpartisipasi dalam berbagai pertempuran skala besar melawan faksi yang bermusuhan. Sistem perang juga sebenarnya dapat mengubah pengaruh faksi atas suatu wilayah, yang akan mengubah sisi permainan maupun ceritanya.

Harga, Pilihan Konfigurasi & Spesifikasi Minimum

Nah, jika kamu tertarik dengan Assassin’s Creed Odyssey, game tersebut sudah tersedia di berbagai toko retail, baik secara online maupun Offline. Mereka juga sudah tersedia untuk beberapa platform, termasuk Steam Store dan Playstation store dengan beberapa pilihan konfigurasi dan harga yang berbeda.

Untuk lebih lengkapnya, berikut dibawah ini adalah pilihan konfigurasi dan harga Game Assassin’s Creed Odyssey, yakni :

  • Assassin’s Creed Odyssey – Standard Edition (Rp 689.000)  : Sajian standar yang hanya berisi game itu saja tanpa ada bonus tambahan.
  • Assassin’s Creed Odyssey – Deluxe Edition (Rp 859.000)  : Pilihan ini berisi bonus In-game seperti gear pack, XP Boost dan Naval Pack.
  • Assassin’s Creed Odyssey – Gold Edition (Rp 1.149.000 ) : Pilihan super lengkap, karena selain bonus tambahan in-game, pilihan ini juga menyediakan Season pass dan Steelbook(hanya PS4 & Xbox One)
  • Assassin’s Creed Odyssey – Ultimate Edition (Rp 1.320.000) : Pilihan paling lengkap dan istimewa, karena pengguna akan mendapatkan banyak hal, termasuk Secrets of Greece mission, Kronos Gear Pack dan Season Pass

Nah, bagi mereka yang berencana untuk memainkan game ini pada platform PC, ada beberapa syarat utama sebagai spesifikasi minimum dan rekomendasi, terlebih lagi untuk bisa menjalankan game tersebut secara mulus tanpa banyak hambatan, diantaranya adalah :

Spesifikasi Minimum Assassin’s Creed Odyssey Lowest Setting (720p) :

  • OS: Windows 7 SP1, Windows 8.1, Windows 10 (64bit versions only)
  • Processor: AMD FX 6300 @ 3.8 GHz, Ryzen 3 – 1200, Intel Core i5 2400 @ 3.1 GHz
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: AMD Radeon R9 285, NVIDIA GeForce GTX 660 (2GB VRAM with Shader Model 5.0)
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 46+ GB available space

Spesifikasi Minimum Assassin’s Creed Odyssey High Setting (1080p) :

  • OS: Windows 7 SP1, Windows 8.1, Windows 10 (64bit versions only)
  • Processor: AMD FX-8350 @ 4.0 GHz, Ryzen 5 – 1400, Intel Core i7-3770 @ 3.5 GHz or better
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: AMD Radeon R9 290, NVIDIA GeForce GTX 970 (4GB VRAM with Shader Model 5.0) or better
  • Storage: 46+ GB available space

Jadi, pastikan semua spesifikasi minimum tersebut bisa dipenuhi kamu agar bisa memainkan game ini jauh lebih menyenangkan.

Simpulan awal

Assassin’s Creed Odyssey merupakan salah satu game hebat yang dirilis tahun ini, dan ini bisa menjadi kandidat sebagai game terbaik tahun 2018 dengan banyak hal yang sangat menarik, terlebih lagi dengan fitur dunia yang terbuka, gameplay yang sangat superior, nilai visualitas grafis yang keren dan jalan cerita yang lengkap. Ada banyak hal hebat lainnya yang ditawarkan game tersebut, sehingga membuat game ini banyak dipuji berbagai kalangan. IGN bahkan memberikan skor 9.2 untuk game ini, sehingga Assassin’s Creed Odyssey sangat layak sebagai rekomendasi salah satu game yang wajib kamu koleksi tahun ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Assassin’s Creed Odyssey Preview : Gameplay, Konfigurasi & Spesifikasi Minimum

Comments are closed.