- Software, Tutorial, Windows

Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Windows 10 October 2018 Update

Update terbaru Windows 10 telah tiba, dimana mereka menyebutnya sebagai Windows 10 October 2018 Update atau Redstone 5 (atau juga Build 1809). Ada cukup banyak perubahan atau perbaikan yang dilakukan Microsoft pada sistem operasi ini, khususnya dari beberapa fitur.

Pihak pengembang tampaknya akan memberlakukan update secara otomatis Windows 10 October 2018 Update pada tanggal 9 oktober mendatang bagi semua pengguna. Namun, kamu sudah bisa mendapatkannya secara manual langsung dari situs pengembang (kami bahkan telah membuat tutorial untuk memulainya disini). Nah, masih penasaran mengenai hal apa saja yang ditawarkan oleh Microsoft pada Update terbaru Windows 10 itu? Mari kita ungkap lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Microsoft Office 2019 Resmi Dirilis Untuk Platform Windows 10 & MacOS

Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Windows 10 October 2018 Update

Saya sebenarnya belum sempat mencoba semua hal yang dihadirkan pada update terbaru kali ini, namun hal yang paling menonjol menurut kami adalah Phone App. Microsoft tampaknya jauh lebih memudahkan pengguna ponsel dengan kompabilitas berbagai platform, termasuk juga Android untuk “selalu” terhubung dengan perangkat PC mereka, khususnya dalam urusan foto. Kini, kita dapat dengan mudah melakukan proses drag and drop foto antara smartphone dan PC.

Fitur Message juga kini didukung saat dipasangkan dengan ponsel cerdas, namun ini hanya bekerja khusus bagi mereka yang menjalankan Android 7.0 dan di atasnya. Hal terbaiknya adalah kita bisa melakukan banyak hal seperti melihat SMS, mengirim, dan menerima pesan SMS dari ponsel dengan berbagai perangkat yang terhubung, baik itu  laptop, desktop, atau tablet yang menjalankan Windows 10.

Selain itu, Pengguna iPhone juga mendapatkan perlakuan yang sama seperti Android, dimana ponsel mereka kini sudah memiliki dukungan untuk berbagi foto dan olahpesan. Sayangnya Microsoft tidak memiliki kemampuan untuk menerapkan pengalaman yang mulus untuk perangkat iOS.

Microsoft juga kini menerapkan fitur Timeline yang jauh lebih baik, dimana fitur ini sebenarnya sudah hadir pada update bulan april kemarin dalam upaya untuk mempermudah melihat kembali riwayat pekerjaan. Dalam Pembaruan Oktober, Timeline kini mencakup riwayat dari penggunaan perangkat seluler. Hanya saja, untuk mengaktifkan fungsi ini, pengguna Android harus menginstal aplikasi Microsoft Launcher. Sedangkan bagi Pengguna iPhone, mereka mungkin perlu menunggu lebih lama karena Microsoft mengatakan bahwa fitur akan segera hadir.

Kemudian hal yang paling menonjol lainnya pada Windows 10 October 2018 Update adalah browser Microsoft Edge. Ada banyak perbaikan yang dilakukan pengembang untuk membuat browser default Windows 10 ini bisa bersaing ketat dengan Chrome maupun Firefox. Salah satu fitur baru mereka adalah kehadiran grammar tools baru yang memungkinkan berbagai bagian teks untuk disorot dalam warna yang berbeda. Mereka juga menghadirkan kamus offline yang juga disertakan sehingga pengguna tidak perlu membuka tab baru untuk mencari definisi.

Versi terbaru Edge juga membawa dukungan tema. Meskipun sebagian besar browser lain sudah memilikinya, hal ini perlu disebutkan karena Edge dapat berguna pada laptop dan tablet saat kamu ingin memaksimalkan masa pakai baterai.

Dukungan untuk pembacaan teks PDF juga jauh lebih mudah, dimana kita hanya perlu melakukan drag and drop ke browser, dan edge akan cukup cepat bisa membacanya. Pengembang tampaknya sudah memperbaiki fitur rendering halaman yang jauh lebih baik, khususnya untuk waktu pemuatan dokumen PDF yang jauh lebih cepat. Selain itu, kamu juga bisa membuat catatan kecil di edge , dimana fitur ini hadir di bagian atas kanan.

Hal menarik lainnya adalah kehadiran fitur Read Aloud (Ctrl+Shift+G). Fitur ini akan membiarkan seseorang dalam bentuk suara untuk membacakan semua teks yang ada di browser untuk kamu. Pengguna juga bisa menyesuaikan teks secara kustom, sehingga ini bisa menjadi alat yang efektif bagi mereka yang terlalu malas untuk membaca teks yang panjang.

Hanya saja, Bahasa yang didukung untuk fitur ini masih terbatas untuk teks berbahasa inggris saja, meskipun ada tiga pilihan suara yang bisa disesuaikan pengguna. Microsoft Edge tampaknya memiliki perubahan terbesar pada update terbaru kali ini, karena ada banyak fitur lain yang belum bisa kami jelaskan secara terperinci.

Kemudian tindakan cepat dalam pratinjau pencarian kini memungkinkan kita untuk bisa melompat langsung ke tugas-tugas tertentu. Kita bisa melakukan pencarian di search bar dokumen word, dimana mereka juga akan memberikan pilihan yang jauh lebih detail, termasuk juga meluncurkan secara otomatis word sebagai admin, atau juga mengirim pesan instan, dan masih banyak lagi. Pencarian juga akan memasukkan acara kalender dari aplikasi Kalender dan juga berfungsi dengan akun Outlook.com dan Office 365.

Windows 10 October 2018 Update

Untuk urusan gaming, Windows 10 October 2018 Update memberikan cukup banyak perbaikan. Contohnya, Panel kontrol audio kini bisa menawarkan akses ke saluran audio individu sehingga kita dapat mengubah pengaturan tanpa harus meninggalkan permainan. Game Bar juga kini hadir sebagai aplikasi mandiri , dimana ini  dapat diluncurkan dari desktop, aplikasi, menu mulai, atau bilah tugas.

Selain itu, Game Mode juga sekarang secara otomatis bisa diaktifkan untuk semua game tetapi masih ada opsi untuk menonaktifkannya secara permanen jika pengguna menginginkannya. Windows 10 October 2018 Update juga diklaim bisa memberikan kinerja yang jauh lebih baik untuk urusan gaming. Pada beberapa sistem, Microsoft menjanjikan FPS yang lebih konsisten dan mungkin meningkatkan kinerja, meskipun klaim Microsoft sangat tidak jelas yang menyatakan bahwa itu tergantung pada game tertentu dan konfigurasi sistem.

Fitur Keamanan juga kini menerima beberapa perubahan penting. Windows Defender Security Center telah diubah namanya menjadi Windows Security. Akses folder yang dikontrol juga hadir untuk membantu mencegah ransomware atau malware yang merusak atau memodifikasi file pribadi. Aplikasi sekarang bisa diblokir dari mengakses folder umum seperti Dokumen dan Gambar kecuali izin diberikan. Windows Defender Firewall juga sekarang mendukung Subsistem Windows untuk proses Linux.

Nah, itu dia sejumlah hal penting yang bisa kami beritahukan hingga saat ini, meskipun masih ada banyak hal yang ditawarkan Microsoft pada Windows 10 October 2018 Update terbaru tersebut. Kamu sudah bisa mencoba semua hal yang ditawarkan Microsoft ini melalui update tersebut secara manual. Temukan lebih banyak hal lainnya yang mungkin bisa memberikan banyak manfaat besar (atau tidak).

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat