- Berita Terbaru, Gaming Gear, Laptop, Prosesor

AMD Ungkap Seri High-end CPU Terbaru Untuk Laptop, Ryzen 7 2800H & Ryzen 5 2600H

Semakin banyak pilihan prosesor AMD untuk mobile, ketika produsen ini mencantumkan seri CPU terbaru yang memiliki potensi jauh lebih hebat, Ryzen 7 2800H dan Ryzen 5 2600H. Tampaknya, kedua seri ini akan jauh lebih efektif untuk urusan laptop gaming, apalagi keduanya membawa Radeon Vega yang sama dengan seri Ryzen G Series untuk desktop.

Kami tidak tahu kapan kedua CPU ini siap dirilis, atau setidaknya OEM mana yang akan membawa mereka untuk pertama kalinya. Namun yang pasti, kedua pilihan ini siap menjajal kekuatan baru untuk urusan mobile dengan potensi kinerja yang jauh lebih fenomenal. Dan ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi tim merah untuk menguasai pasar, ketika barisan CPU Intel 14nm terus menipis stoknya.

Baca juga : AMD Rock Tour Vol 2 Is Back, Siap Ungkap Overclockers Hebat Indonesia

Detail Spesifikasi AMD Ryzen 7 2800H & Ryzen 5 2600H

Pilihan pertama yang dicantumkan secara resmi di Web AMD adalah Ryzen 7 2800H, dimana ini mungkin akan menjadi pilihan paling tinggi untuk urusan laptop. Seri tersebut membawa kekuatan quad core dan 8 thread, serta membawa clockspeed up to 3.8Ghz (base 3.3Ghz). CPU ini sepenuhnya tidak terbuka untuk OC, serta memiliki jumlah L3 Cache sebesar 4MB.

Spesifikasi AMD Ryzen 7 2800H
Core/Thread 4C/8T
BaseClock / Boost 3.3Ghz/3.8Ghz
L3 Cache 4MB
Graphic Radeon Vega 11
Memory Support DDR4-3200Mhz
Compute Units 11
GCN Cores 704
GPU Clock 1300Mhz
CMOS 14nm
TDP 45W

Hal terbaiknya adalah kehadiran iGPU Radeon Vega 11, dimana ini merupakan iGPU yang sama dengan seri Ryzen 2400G. Sehingga, potensi yang siap dihadirkan prosesor ini tidak hanya terbatas untuk kekuatan komputasi saja, namun bisa jauh lebih efektif untuk gaming 1080p. Terlebih lagi kehadiran Radeon Vega 11 tersebut membawa jumlah Compute unit hingga 11 dan total GCN Cores hingga 704. GPU Clockspeed bahkan bisa dihadirkan hingga 1300Mhz, sehingga seri ini siap membawa kekuatan gaming yang jauh lebih efektif meskipun tanpa harus membawa dedicated GPU.

Dan pilihan kedua adalah Ryzen 5 2600H, dimana ini mungkin bisa dikatakan sebagai pilihan yang hampir sama dengan seri desktop Ryzen 3 2200G, meskipun kelas yang dihadirkan sedikit lebih tinggi. CPU itu sendiri memiliki kekuatan quad core dan 8 thread, membawa clockspeed up to 3.6Ghz dan memiliki jumlah L3 cache yang sama, yakni 4MB. Seri ini juga memiliki iGPU handal untuk gaming, yakni Radeon Vega 8 dengan kekuatan Compute Units hingga 8 dan memiliki total GCN Cores hingga 512.

Spesifikasi AMD Ryzen 5 2600H
Core/Thread 4C/8T
BaseClock / Boost 3.2Ghz/3.6Ghz
L3 Cache 4MB
Graphic Radeon Vega
Memory Support DDR4-3200Mhz
Compute Units 8
GCN Cores 512
GPU Clock 1100Mhz
CMOS 14nm
TDP 45W

Kedua CPU tersebut sama-sama dibangun berdasarkan proses manufaktur 14nm dan memiliki nilai TDP default sebesar 45W. Selain itu, AMD tampaknya menaikan jumlah dukungan untuk kecepatan memori hingga DDR4-3200Mhz plus arsitektur dual channel memori, sehingga potensi kinerja yang hadir tentu akan jauh lebih hebat lagi.

Nah, kedua pilihan CPU tersebut tampaknya bisa melengkapi barisan CPU AMD untuk laptop, khususnya mungkin bisa dihadirkan pada laptop gaming dengan level yang jauh lebih tinggi. Namun sayangnya, kami masih belum mengetahui kapan keduanya tiba dilandasan atau setidaknya tanggal kepastian untuk dirilis. Namun satu hal yang pasti adalah keduanya mungkin akan menjadi lawan tanding yang layak dengan seri CPU Intel, khususnya untuk Core i7-8750H maupun Intel Core i5-8400H.

Sejumlah situs teknologi memberitakan bahwa keduanya sebenarnya sudah dirilis pada tanggal 10 september kemarin, namun kami masih belum mengetahui mesin mana yang sudah memakai kedua CPU tersebut. Ini mungkin akan menjadi kejutan tersendiri bagi AMD saat mereka mulai memperkenalkan CPU Ryzen mobile dengan kinerja yang jauh lebih hebat, kita nantikan saja bagaimana semua hal tersebut berkembang kearah yang lebih positif.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Ungkap Seri High-end CPU Terbaru Untuk Laptop, Ryzen 7 2800H & Ryzen 5 2600H

Comments are closed.