- Gaming Gear, Hardware, Prosesor

AMD Athlon 200GE Preview : Potensi CPU Hebat Senilai 800 Ribuan

AMD Athlon 200GE siap menjadi kandidat terbaik untuk prosesor Low-budget dibawah 1 jutaan, bahkan bisa memberikan potensi yang jauh lebih hebat dalam urusan gaming, ketika Radeon RX Vega berhasil disematkan pada CPU tersebut.  Intinya, ketika kamu bisa memiliki sebuah prosesor tangguh plus sajian iGPU mengesankan untuk sebuah CPU seharga $55 atau sekitar 800 ribuan, mengapa memilih yang lain?

AMD mengumumkan jajaran CPU terbaru beberapa hari yang lalu, namun satu hal yang yang menarik perhatian saya adalah seri Athlon yang kini memiliki misi dan bentuk baru. Athlon GE Series mereka menyebutnya, dimana nantinya akan ada 3 pilihan utama dari produsen bagi konsumen low-budget. Salah satu pilihan yang sudah menentukan takdirnya adalah Athlon 200GE, dimana mereka siap menyajikan prosesor senilai 800 ribuan dengan pilihan spesifikasi dual Core plus iGPU Radeon RX Vega 3. Nah, pertanyaannya, bisakah CPU tersebut menarik perhatian pengguna mainstream?

Baca juga : AMD Siap Sajikan CPU Dan GPU Terbaru 7nm, TSMC Jadi Mitra Utama

AMD Athlon 200GE Preview : Potensi CPU Hebat Senilai 800 Ribuan

Athlon 200GE mungkin bisa membawa sesuatu yang menarik, dimana seri ini kini membawa rumah baru dalam bentuk soket AM4 sebagai pilihan utama. Dan hal terbaik dari CPU tersebut adalah kehadiran iGPU Radeon RX Vega yang sebelumnya menjadi nilai fenomenal tersendiri ketika disematkan pada Ryzen G Series Raven Ridge.

Spesifikasi  Athlon 200GE
CMOS  14nm
CPU Package AM4
Core 2
Thread 4
Base Clock 3.2Ghz
Cache 5MB
iGPU Radeon RX Vega 3
TDP 35W
Harga $55

Prosesor itu sendiri hadir dengan kekuatan dual “Zen” core dan 4 thread, serta membawa clockspeed sebesar 3.2Ghz. Seri ini juga membawa nilai cache sebesar 5MB dan disajikan dalam proses node 14nm, sehingga nilai TDP Default sebesar 35W. Ini bisa menjadi kekuatan tersendiri bagi pengguna, meskipun kami masih belum bisa memastikan semua kebenaran hal hebat yang akan dihadirkan pada CPU tersebut sampai kami bisa mencobanya sendiri.

AMD Athlon 200GE

Apa yang sangat menarik perhatian utama saya adalah kehadiran iGPU (Integrated GPU) Radeon RX Vega yang hampir sama seperti apa yang dimiliki Ryzen 3 2200G, meski jumlah GCC (Graphic Core Count) berkurang hingga total 3 unit saja. Ini berarti bisa menjadi pilihan yang sama dengan apa yang bisa disajikan pada seri mobile Ryzen 3 2200U, meski nilai TDP pastinya akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan seri untuk laptop tersebut.

Mereka menyebut seri iGPU tersebut dengan istilah Radeon RX Vega 3, dimana kode 3 dibelakangnya mewakili jumlah GCC, dengan shader sebesar 192 (untuk versi laptop). GPU ini didasarkan pada arsitektur Vega (generasi ke-5 GCN) dan memiliki clock hingga 1100 MHz. Kinerja biasanya tergantung pada konfigurasi memori, namun ini akan menjadi kesepakatan yang sangat baik bagi pengguna low budget untuk bisa menyajikan kekuatan gaming handal padal level 720p maupun 1080p tanpa harus memiliki dedicated GPU. Arsitektur Vega itu sendiri bahkan bisa menawarkan beberapa perbaikan atas generasi Polaris dan sekarang mendukung DirectX 12 Feature Level 12_1.

Tantangan Potensial Bagi Jajaran Intel Pentium Gold Series

Athlon 200GE bisa menjadi potensi dan ancaman baru bagi seri Pentium Gold, khususnya untuk Intel Pentium G4560 maupun G5400. Nilai harga bisa menjadi salah satu keunggulan utama, namun kehadiran Radeon RX Vega 3 akan menjadi senjata terhebat seri tersebut untuk menaklukan barisan CPU tim biru (khususnya untuk seri entry level).

Menurut AMD sendiri, Athlon 200GE mampu mengatasi seri iGPU bawaan Pentium G4560 (Intel HD 610) dengan kinerja iGPU Radeon RX Vega 3 lebih baik hingga 67%, minus 3 % dalam hal tenaga komputasi, dan memiliki nilai keunggulan tingkat efisiensi hingga 2x lipat. Kekuatan Zen memang bisa terasa gaungnya hingga pada Athlon  Series, meskipun kinerja nyata masih bisa memberikan tingkat perbedaan yang berarti.

Dan hal tersebut juga berlanjut pada kinerja gaming, dimana AMD juga membandingkan kinerja gaming prosesor ini dengan 3 seri yang hampir sama (dalam hal nilai harga maupun jumlah core), dimana secara umum Athlon 200Ge series mampu memberikan skor yang hebat, meski tanpa harus membawa kartu grafis tambahan.

Intinya, kamu bisa memainkan game fenomenal, termasuk eSport populer semacam DOTA 2 maupun Overwatch tanpa harus memiliki dedicated grafis. Karena kehadiran iGPU Vega dan spesifikasi yang jauh lebih dioptimalkan, itu sudah memberikan garansi yang cukup dalam upaya membawa pengalaman gaming cukup nyaman untuk dibawa.

Kesimpulan Dini

Kami masih belum mengetahui secara pasti mengenai layak atau tidaknya prosesor ini, namun melihat dari spesifikasi dan pengalaman kami sebelumnya pada CPU Ryzen, mungkin saja ia siap membawa sesuatu yang jauh lebih fenomenal, khususnya bagi pengguna entry level dengan anggaran yang benar-benar terbatas.

Prosesor Athlon 200GE Series itu sendiri baru akan tiba pada tanggal 18 september 2018 secara global, dimana harga yang disarankan sebesar $55 atau sekitar 800 ribuan. Penetapan harga ini mungkin sudah bisa dipastikan atau mungkin saja tidak, namun kita semua berharap bahwa AMD terus bisa memberikan pilihan terbaik dengan nilai harga yang tetap terjangkau.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Athlon 200GE Preview : Potensi CPU Hebat Senilai 800 Ribuan

Comments are closed.