Tutorial : Membangun Gaming Rig Tangguh Senilai 5 Jutaan

Tutorial : Membangun Gaming Rig Tangguh Senilai 5 Jutaan

Membangun Gaming Rig – Jadi, saya memutuskan untuk membangun sebuah gaming rig yang handal namun dengan harga yang benar-benar terjangkau. Ada banyak kandidat prosesor yang bisa memberikan pilihan ideal, namun pilihan terbaik bisa jadi pada pilihan AMD Ryzen 3 2200G. Dengan hadirnya seri APUs dari Ryzen yang membawa kekuatan RX Vega didalamnya, pilihan ini bisa menjadi jembatan gamer “kere” yang menginginkan pesona tangguh dalam setiap gaming pada tingkat FPS yang nyaman.

Nah, ini bisa menjadi ide baik bagi anda yang sedang merencanakan untuk mengupgrade rig lama anda dengan pilihan yang jauh lebih tangguh dalam hal performa, namun disisi lain juga keterbatasan anggaran tidak menghalangi anda untuk melakukan sesuatu yang lebih jauh dalam hal gaming. Apalagi, pilihan dedicated GPU masih memiliki harga yang tinggi, sehingga seri APUs ini bisa menjadi penahan rasa lapar anda terhadap gaming yang nyaman. Jadi, mari kita lihat panduan “buyer’s guide” dibawah ini untuk memulai segala sesuatunya jauh lebih baik

Baca juga : 5 Pilihan Laptop Gaming Terjangkau Dengan Pilihan GPU Kelas Mid-end

Membangun Gaming Rig Tangguh Senilai 5 Jutaan

Pilihan Utama

Pilihan utama merupakan pilihan yang perlu anda dapatkan sebagai prioritas. Ini karena semua perangkat utama tersebut sangat berkaitan satu sama lain, termasuk dalam urusan kinerja.

Pilihan UtamaSpesifikasi KunciHarga
AMD Ryzen 3 2200G4 CPU Cores / 4 Threads
8 GPU Vega 8
Base Clock 3.5GHz
Max Boost Clock 3.7GHz
Rp1.499.000Beli
MSI A320M GrenadeSupport AMD® RYZEN Series socket AM4
Support DDR4 up to 3200(OC) Mhz
DDR4 Boost, VR Ready
GAMING LEDs, Turbo M.2
Military Class 4, Guard-Pro:
Rp1.299.000Beli
Corsair Vengeance LPX 16GB DDR4 3200MhzDDR4 3200 (PC4 25600)
Timing 16-18-18-36
CAS Latency 16
Voltage 1.35V
Rp3.085.573
TotalRp 5.883.000

1. Prosesor : AMD Ryzen 3 2200G

Jadi, ketika anda sudah memutuskan untuk membangun, pilihan pertama yang perlu dilihat dalam membangun gaming rig atau desktop PC biasanya terletak pada CPU atau prosesor. Dan sejauh yang kami lihat, kandidat utama berada pada AMD Ryzen 3 2200G. Dengan kisaran harga sekitar 1.4 jutaan, anda tidak hanya akan mendapatkan sebuah CPU tangguh dengan kekuatan quad core didalamnya, namun juga pilihan GPU yang jauh lebih baik untuk gaming kasual seperti E-Sport bahkan untuk gaming yang cukup menuntut sekalipun. Pilihan ini bahkan memiliki kinerja sedikit dibawah dedicated GPU entry level sekelas Radeon RX 550 atau Nvidia Geforce GT 1030. Hanya saja, kehadiran RAM akan sangat berpengaruh pada kinerja CPU dan GPU.

 

Membangun Gaming Rig

Terlebih lagi, AMD kini memberikan pilihan motherboard yang terjangkau, apalagi ada banyak pilihan yang bernuansa keren dengan jaminan yang panjang. Jaminan ini bukan berarti garansi, namun pilihan kita masih bisa memakai motherboard lama dengan CPU terbaru. Terlebih lagi, kehadiran Radeon RX Vega yang melekat dalam CPU ini memiliki jumlah core grafis sebanyak 8 dan memiliki clockspeed hingga 1100Mhz. Intinya, anda bisa memakai GPU ini sambil menunggu tabungan anda bisa sampai untuk memiliki GPU kelas mid-range sebagai pilihan upgrade dimasa depan.

2. Motherboard : MSI A320M Grenade

Kemudian untuk urusan motherboard, kali ini saya tidak akan memberikan pilihan high-end atau mid-range, namun lebih pada pilihan entry level. Pilihan yang hadir ada pada seri MSI A320M Grenade, dimana ini bisa memberikan segala sesuatu cukup mudah, meskipun seri ini tidak mendukung untuk kinerja OC. Justru inilah yang menjadi alasan saya untuk memilih Mobo tersebut, karena kebanyakan pengguna, apalagi jika anda masih terhitung pemula, fitur OC yang terbuka pada CPU sebenarnya tidak terlalu diberdayakan oleh mereka, karena sesuatu yang ribet banyak dihindari. Terkadang, pilihan default merupakan jalan terbaiknya, meskipun pilihan OC akan mendongkrak kinerja.

Selain itu, alasan lainnya adalah fitur interface pada bios yang sangat mudah serta mendukung upgrade bios yang lebih fleksibel. Apalagi beberapa fitur dalam spesifikasi mobo salah satunya mampu mendukung memori yang lebih tinggi, dan pilihan display port yang terhitung lengkap. Pilihan ini mungkin sedikit mahal, namun kualitas yang dihadirkan produsen benar-benar layak sebagai pertimbangan utama, apalagi bentuk desain cukup berkelas dan cukup memuaskan dahaga kita.

Nah, Sedikit catatan ketika anda ingin membeli motherboard ini (atau yang berbeda), pastikan untuk mengupgrade bios terbaru yang mendukung CPU Ryzen APUs seperti 2200G, karena jika anda belum mengupgradenya, ia tidak akan mendeteksi CPU tersebut.

3. RAM : Corsair Vengeance LPX 16GB DDR4 3200Mhz

Kita tahu bahwa iGPU suka sekali dengan memori yang tinggi, apalagi jika ia memiliki pilihan dual channel. Inilah mengapa Ryzen seri APUs terkadang akan memiliki dampak yang signifikan dalam urusan kinerja, jika anda memakai pilihan memori yang tinggi dengan fitur dual channel. Ia akan mendongkrak kinerja jauh lebih baik, ditambah dukungan dual channel akan memberikan kinerja yang signifikan bukan hanya untuk gaming, namun juga performa aplikasi lainnya.

Pilihan utama terletak pada Corsair, dengan seri Vengenance LPX 16GB DDR4 3200Mhz. Pilihan ini mungkin jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan perangkat lainnya, namun sangat berharga untuk kinerja dan garansi di masa depan. Ibaratnya, anda tidak perlu mengupgrade memori dimasa mendatang, karena kekuatan 16GB bisa bertahan hingga 5 tahun kedepan untuk berbagai aplikasi yang menuntut sekalipun. Apalagi, Corsair seri ini sangat compatible dengan seri Ryzen, yang biasanya agak “suka memilih” dalam hal memori.

Pilihan opsional

Ini bisa menjadi pilihan opsional, karena terkadang beberapa pengguna sudah memiliki perangkat lama mereka dan masih bisa dipakai pada rig terbaru.

1. Storage

Pilihan ini sebenarnya fleksibel, ibaratnya anda masih bisa memakai perangkat lama anda, atau mendapatkan pilihan terbaru. Contohnya, anda memiliki HDD dengan kapasitas 500GB dan masih bekerja dengan sangat baik. Untuk sementara (atau selamanya), anda tidak perlu membeli yang terbaru, terkecuali jika anda menginginkan kinerja yang lebih baik dalam urusan transfer data atau game loading termasuk kinerja OS. SSD merupakan langkah terbaik untuk memulai, apalagi ada banyak pilihan SSD yang terjangkau hari ini.

Namun, jika anda menginginkan pilihan terbaru, WDC Blue 1TB merupakan pilihan ideal, selain dari segi kapasitas, kinerja drive juga cukup memuaskan, apalagi harga yang ditawarkan cukup menggoda. Bagaimana dengan pilihan SSD, jika anda sanggup untuk menyematkan pilihan SSD didalam gaming rig anda, maka pilihan termurah ada pada Kingstone A400 120GB dengan kisaran harga sekitar 790rb. Namun pilihan terbaik hadir dari Samsung EVO 850 dengan kapasitas 250Gb dan memiliki kisaran harga sekitar 1.2 jutaan. Ini semua tergantug pada sisa anggaran anda, dan itupun jika memungkinkan.

2. Power Supply

Terkadang, banyak orang yang terlalu menganggap remeh kualitas PSU, padahal ini sangat berpengaruh pada kinerja dan setiap pasokan daya yang stabil, termasuk dari segi hemat daya. Itulah mengapa, pilihan yang ideal biasanya pergi pada produsen populer sekelas corsair dan sebagainya, karena mereka sudah memiliki kualitas terbaik dan terkenal handal untuk waktu yang lama. Nah, jika anda menginginkan pilihan ideal dengan harga yang cukup baik, EVGA dengan kapasita 400W bisa menjadi kandidat utama. Namun jika anda berencana untuk mendapatkan GPU dedicated, pilihan PSU diatas 450W merupakan langkah terbaik untuk jaminan masa depan. Dan pilihan yang tepat bisa jadi pada FSP HEXA+ II 500W dengan kisaran harga sekitar 550 ribu.

Namun, jika anda menginginkan pilihan yang jauh lebih solid lagi dan memiliki anggaran untuk pergi, maka pilihan EVGA 500BV merupakan salah satu kandidat utama, karena ia memiliki fitur yang handal dan sudah memiliki fitur 80+ bronze yang akan memberikan penghematan daya hingga 85% saat mesin sedang berjalan.

3. Casing

Jika anda masih memiliki casing lama anda dan masih berfungsi dengan sangat baik, masih memiliki bentuk estetika dan sistem pendinginan yang cukup layak, maka pilihan terbaru mungkin tidak berlaku. Namun jika anda menginginkan sesuatu yang lebih nyaman, sistem pendinginan yang handal, kualitas fan dan bentuk estetika yang ideal, pilihan terbaru bisa menjadi sesuatu yang perlu anda dapatkan. Masalahnya adalah sisa anggaran mungkin tidak mencukupi untuk membeli sesuatu yang berkelas. Untungnya, selalu ada pilihan terbaik di luar sana dengan harga yang cukup terjangkau.

Salah satunya adalah Armageddon M1X dengan kisaran harga sekitar 350 ribuan. Pilihan ini mungkin bukan yang terbaik, apalagi untuk sistem yang besar, namun ia masih memberikan harapan yang tangguh bagi pengguna yang menginginkan sesuatu yang layak dari segi estetika, disisi lain juga memungkinkan untuk memberikan kinerja yang ideal untuk pendinginan sistem. Keterbatasannya adalah dukungan mobo diatas Micro ATX, jadi pilihan mobo ATX standar tidak akan cukup pada pilihan casing ini.

Nah, itu dia panduan kami kali ini dalam membangun gaming rig terjangkau dengan kisaran harga antara 5 sd 7 jutaan. Pilihan ini bisa memberikan kinerja yang sangat baik untuk gaming handal seperti ESport populer bahkan AAA gaming terbaru, meskipun kualitas pengaturan in-game mungkin sedikit terbatas antara low-hingga medium. Pilihan lainnya yang tidak kami sebutkan tentu bukan menjadi prioritas utama, apalagi biaya yang hadir bisa lebih dari kisaran 7 jutaan, biasanya itu termasuk pada Monitor, Keyboard & mouse serta beberapa perangkat atau asesoris lainnya.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com