- Hardware, Laptop

Lenovo IdeaPad 320s-14IKBR Review : Laptop Murah & Kinerja Tangguh

Ada banyak pilihan laptop mainstream yang tangguh hari ini, apalagi kehadiran prosesor terbaru dari Intel generasi ke-8 akan membawa sesuatu yang jauh lebih menjanjikan dalam urusan kinerja. Nah, ketika anda sedang dilanda kebingungan untuk mencari laptop yang cukup baik dengan kisaran harga sekitar 7 jutaan, maka kehadiran dari Lenovo IdeaPad 320s -14IKBR layak untuk dipertimbangkan. Selain terhitung memiliki harga yang terjangkau, kehadiran CPU terbaru dari Intel akan membuatnya jauh lebih baik lagi.

Pilihan laptop 7 jutaan mungkin tidak memiliki beberapa fitur yang istimewa jika dibandingkan dengan laptop premium, namun nyatanya untuk urusan kinerja, mereka kini memiliki pilihan yang jauh lebih baik. Salah satu yang berkesan pada pilihan ini tentu saja kehadiran dari Lenovo dengan seri IdeaPad 320s-14IKBR, dimana kini barisan laptop ini memiliki kekuatan yang jauh lebih tangguh untuk performa, itu tidak lain dari kehadiran dari CPU Intel Core i5-8250U yang hadir dengan fitur quad core. Selain itu, Lenovo masih mempertahankan nilai bentuk yang kompak dan solid pada laptop ini, sehingga memberikan nilai extra untuk urusan desain. Jika anda penasaran dengan laptop tersebut, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Baca juga : Laptop Gaming Review : ASUS ROG STRIX HERO EDITION (GL503VD &GL503VM)

Lenovo IdeaPad 320s-14IKBR Review : Desain

SpesifikasiLenovo IdeaPad 320s-14IKB
HargaRP 7.599.000 (Beli)
ProcessorIntel Core i5-8250U ( 4CPU, 8Thread up to 3.4Ghz)
Operating SystemWindows 10 Home
GraphicsNVIDIA GeForce 920MX 2GB DDR5
Webcam / MicrophoneFixed Focus CMOS camera
Memory4GB DDR4 2400Mhz
Storage1TB SATA 5400RPM
AudioHarman speakers with Dolby Audio
DisplayHD Display Up to 1366-768 Pixel
Dimensions (W x D x H)14": 19.3 mm thick
Weight14" : 1.7 kg
ColorsMineral Grey
Snow White
Coral Red (14" only)
WiFi/BTUp to WiFi 1x1 AC + BT4.1
Ports1xUSB 3.0, 1xUSB 2.0, 1xType-C USB 3.0, HDMI, 4-in-1 card reader, always on charging

Seri IdeaPad pada dasarnya merupakan laptop yang hanya hadir khusus untuk kalangan mainstream, dimana anda tidak akan melihat bentuk pilihan terbaik dari segi kualitas, namun laptop ini masih memiliki sisi keunggulan dalam urusan desain. Laptop ini memiliki berat sekitar 1.7Kg dengan tingkat ketebalan sekitar 1.9cm, sehingga ia layak sebagai salah satu pilihan laptop yang cukup tipis dengan membawa nilai mobilitas lebih baik.

Lenovo membalut warna dasar dengan warna silver yang menawan, namun hal terbaik yang bisa kita lihat adalah kombinasi antara layar hitam dengan dek dan area di sekitar keyboard. Ini akan memberikan kombinasi warna ampuh dalam urusan estetika dan bentuk desain yang menarik, bahkan banyak orang mungkin tidak akan mengetahui kenyataan bahwa ini merupakan laptop mainstream dengan kisaran harga 7 jutaan.

Lenovo menghadirkan kualitas bahan sepenuhnya dari plastik, khususnya pada bagian casing termasuk pada bagian dek. Pilihan yang cukup solid sepenuhnya hanya hadir pada cover display, dimana ia terbuat dari adalah aluminium. Warnanya disebut “Mineral Grey” dan memiliki butiran halus. Sepintas, produsen menghadirkan bentuk permukaan terlihat yang disikat, tapi mulus dan terlihat berkualitas tinggi. Pilihan ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilihat, apalagi laptop tersebut terlihat cukup ramping, dan sangat memiliki nilai portabilitas yang sangat baik. Lenovo menghadirkan 3 pilihan warna pada laptop tersebut, yakni Mineral Grey, Snow White dan Coral Red yang menyenangkan.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas port USB, produsen nyatanya masih memberikan pilihan yang cukup lengkap meskipun tidak terlalu banyak. Ada total 3 port USB yang hadir pada seri IdeaPad 320s ini, dimana masih-masing hanya dilengkap sebuah prot saja, yakni : 1xUSB 3.0, 1xUSB 2.0, 1xType-C USB 3.0. Pilihan ini mungkin terhitung sedikit bagi pengguna yang memiliki banyak perangkat, namun kehadiran USB Type C akan memberikan banyak kemudahan, apalagi jika anda memiliki perangkat yang berbeda. Sedangkan untuk konektivitas multi-display, kita mungkin harus puas dengan sebuah port HDMI yang masih memberikan alternatif yang sangat baik dari segi kualitas. Sisanya, konektivitas port untuk daya, Card reader dan Audio merupakan pilihan pelengkap yang biasa hadir untuk sebuah laptop.

Lenovo IdeaPad 320s-14IKBR

Sedangkan untuk urusan konektivitas, Lenovo menghadirkan pilihan Wi-Fi Qualcomm Atheros QCA9377 Wireless Network Adapter dengan fitur Up to WiFi 1×1 AC + BT4.1. Ini tentu akan memebrikan konektivitas internet yang cukup untuk semua kebutuhan anda, apalagi ia bisa membawa konektvitas internet super cepat hari ini hingga 166 mbp/s. Hanya sayang sekali bahwa produsen nyatanya tidak menghadirkan fitur Bluetooth yang masih dan sangat berguna untuk sebagian pelanggan. Namun jika anda jarang memakai fitur ini, maka ia masih menjadi piliha utama anda.

Keyboard & Touchpad

Tidak ada sesuatu yang istimewa pada pilihan keyboard, namun yang pasti bahwa laptop ini jelas memiliki fungsi keyboard chiclet yang akan menawarkan pengalaman mengetik yang sangat nyaman. Titik tekanannya jelas dan kunci tombol register bahkan ketika anda tidak memencet mereka tepat di tengah. Hal ini mengurangi kesalahan ketik dan kita bahkan akan jarang dalam proses penekanan tombol dua kali untuk bisa mendaftarkan inputnya.

Sedangkan untuk urusan Touchpad, IdeaPad 320S dilengkapi dengan ClickPad. Anda hanya perlu menekan sedikit keras agar touchpad bisa berfungsi layaknya mouse pengganti yang biasa kita lakukan pada desktop PC. Tidak ada sesuatu memberikan dampak negatif pada fitur ini, bahkan ia bisa memberikan tingkat kenyamanan yang cukup baik dengan luas touchpad yang cukup ideal bagi kebanyakan pengguna.

Display

Lenovo memberikan dua pilihan konfigurasi untuk urusan display, dimana dengan kisaran harga terendah sekitar 7 jutaan lebih, anda tidak akan mendapatkan kualitas display Full HD, melainkan layar HD+ dengan maksimum resolusi hingga 1366×768. Pilihan ini mungkin bukan yang terbaik, apalagi panel yang dihadirkan terhitung masih dalam bentuk panel TN, namun masih menawarkan bentuk kenyamanan yang cukup baik.

Kita masih bisa melihat kemungkinan layar yang cukup tajam, bentuk brightness yang cukup ideal meskipun ada sedikit keterbatasan dalam hal sudut pandang maupun kualitas gambar saat berada di lingkungan yang sangat terang atau area terbuka. Untungnya, produsen memberikan pilihan yang jauh lebih luas untuk layar, dimana kehadiran dua bezel yang jauh lebih ramping, kita bisa menikmati layar yang tampak jauh lebih luas dan menawarkan pesona yang jauh lebih baik lagi.

Audio & Webcam

Pilihan speaker yang hadir pada IdeaPad 320S lebih pada pilihan yang cukup seimbang, meskipun bukan yang terbaik. Pilihan ini akan memberikan kenyamanan di area sekitar ruangan kecil anda, namun tidak ideal untuk ruangan yang jauh lebih luas. Namun, kita masih bisa menikmati suara yang cukup nyaman untuk pengalaman menonton video maupun bermain game. Apalagi, produsen juga sudah menyediakan dua speaker Harman dengan fitur Dolby Audio.

Sedangkan untuk urusan Webcam, pilihan ini mungkin sudah mendukung Fixed Focus CMOS camera, namun dengan kualitas seadanya. Kita tidak akan mungkin mengandalkan fitur ini untuk kebutuhan extra lainnya seperti streaming dan sebagainya. Meskipun, ia masih berlaku sangat layak untuk fitur video call, dimana anda mungkin harus mengatur kualitas penerangan  di area sekitar agar semuanya terlihat sangat jelas.

Lanjut : Lenovo IdeaPad 320s-14IKBR Review : Spesifikasi & Kinerja

 Indeks :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Lenovo IdeaPad 320s-14IKBR Review : Laptop Murah & Kinerja Tangguh

Comments are closed.