Nvidia Titan Volta : Kartu Grafis Terbaik Hari ini

Nvidia Titan Volta : Kartu Grafis Terbaik Hari ini

Ketika anda berfikir bahwa pilihan seri Nvidia Titan Xp merupakan kartu grafis terbaik, maka pikirkan lagi. Karena, hari ini kita bisa melihat sebuah pilihan kartu grafis lain yang benar-benar powerfull dengan kehadiran seri Nvidia Titan Volta atau disebut juga Titan V yang perkasa.  Apa yang terbaik dari seri ini adalah kapasitas memori sebesar 12GB HBM2 dengan kekuatan 640 Tensor Cores. Pilihan kartu grafis ini hadir dengan kisaran harga sekitar 40 jutaan lebih.

Walaupun GPU tersebut tidak dikhususkan untuk pengguna biasa, namun pilihan ini pada dasarnya bisa anda dapatkan dengan harga yang jauh melebihi kapasitas standar. Apa yang hebat dari seri ini adalah kekuatan yang hadir jauh lebih memukau dengan tingkat perbedaan kinerja hingga 50% lebih jika dibandingkan dengan seri Titan Xp atau juga seri 1080 Ti.  Jika anda penasaran mengenai pilihan spesifikasi, mari kita lihat sekilas dibawah ini.

Nvidia Titan Volta : Kartu Grafis Terbaik Hari ini

Titan V hadir untuk mengisi kebutuhan kalangan professional yang mungkin saja mereka bergerak pada mesin deep learning AI untuk komputasi tingkat lanjut. Namun, pilihan kartu grafis ini nyatanya masih bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari bagi pengguna biasa, seperti bermain gaming, mining dan sebagainya. Hanya saja, harga yang dihadirkan mungkin bukan pilihan anggaran, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya. Dengan kisaran harga sekitar $3000 atau sekitar 40 jutaan lebih, anda akan mendapatkan sebuah mesin yang benar-benar tangguh untuk semua kebutuhan pekerjaan yang paling menuntut sekalipun.

Desain yang dihadirkan pada Titan V ini sebenarnya masih sama dengan pilihan seri founder edition, hanya saja warna yang dihadirkan jauh lebih mewah dengan pilihan warna gold yang berkesan dan sangat berkelas. GPU ini akan membawa nilai dua slot untuk bentuk faktor, dan memiliki port 3 buah pilihan displayport serta sebuah port HDMI. Ada lebih dari 21.1 juta Transistor yang hadir pada GPU ini, sehingga untuk mengangkat kekuatannya, ia hadir dengan 2 pilihan konektor power antara 6-pin dan 8 pin.

Spesifikasi NVIDIA TITAN V
Graphics Processing Clusters6
Streaming Multiprocessors80
CUDA Cores (single precision)5120
Texture Units320
Base Clock (MHz)1200 MHz
Boost Clock (MHz)1455 MHz
Memory Clock850 MHz
Memory Data Rate1.7 Gbps
L2 Cache Size4608K
Total Video Memory12288 MB HBM2
Memory Interface3072-bit
Total Memory Bandwidth652.8 GB/s
Texture Rate (Bilinear)384 GigaTexels/sec
Fabrication Process12 nm
Transistor Count21.1 Billion
Connectors3 x DisplayPort, 1 x HDMI
Form FactorDual Slot
Power ConnectorsOne 6-pin, One 8-pin
Recommended Power Supply600 Watts
Thermal Design Power (TDP)1250 Watts
Thermal Threshold291° C

Nvidia Titan V hadir dengan pilihan spesifikasi unggulan. Dengan berbekal kekuatan memori sebesar 12GB HBM2, ia akan melengkapi semua kebutuhan kinerja paling menuntut sekalipun. Untuk menyempurnakan kekuatan yang sangat besar ini, GPU tersebut juga memiliki pilihan spesifikasi lain yang tidak kalah hebatnya, yakni kekuatan Tensor Cores sebesar 640 yang mampu menyediakan kecepatan hingga 110 TeraFLOPS. GPU ini memiliki 6 Graphic Processor didalamnya, serta hadir dengan kekuatan CUDA Cores sebesar 5120. Titan V ini juga memiliki tingkat clockspeed dasar 1200Mhz serta fitur boost clock hingga 1455 Mhz.

Nvidia Titan Volta

Sesuai dengan namanya, kartu grafis ini membawa arsitektur baru Nvidia Volta, dimana ia diproduksi berdasarkan proses 12nm. GPU ini hadir dengan pilihan memori interface sebesar 3072-bit, dan mampu menyediakan total memory bandwith hingga 652.8GB/s. TDP yang hadir pun masih terhitung standar dengan Thermal Design power hanya sebesar 250W, namun anda mungkin perlu PSU diatas 600W untuk mengangkatnya.

Via Hothardware.com

Kartu grafis ini benar-benar mengalahkah semua pilihan GPU unggulan sebelumnya dalam kinerja benchmark,seperti apa yang dihadirkan oleh situs Hothardware. Hebatnya, kartu grafis ini bahkan mampu memberikan performa yang luar biasa untuk dunia mining. Dengan memakai aplikasi Ethreum mining software,  ia mampu memberikan kemampuan hashrate hingga maksimum 80 MH/s. Ini bahkan mencapai 2x lipat lebih jika dibandingkan dengan pilihan GPU sebelumnya.

Saat ini, Nvidia sudah menjual bebas perangkat ini untuk Negara tertentu, seperti Amerika, Eropa dan sebagainya. Hanya saja, kami belum mengetahui secara pasti kapan ketersediaan Nvidia Titan Volta siap dirilis dan hadir secara resmi di Negara kita. Jadi, kami akan segera update artikel ini jika kartu grafis terbaik ini sudah hadir.

  Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

2 thoughts on “Nvidia Titan Volta : Kartu Grafis Terbaik Hari ini

Comments are closed.