MSI Geforce GTX 1050 Ti LP : Harga, Spesifikasi & Performa

MSI Geforce GTX 1050 Ti LP : Harga, Spesifikasi & Performa

Kita tahu bahwa kartu grafis Nvidia GTX 1050 Ti sudah dirilis hampir setahun yang lalu, namun GPU ini masih menjadi pilihan yang sangat baik untuk gaming 1080p dengan budget ketat pada kisaran antara 2 sd 3 jutaan. Ketika anda menginginkan sesuatu yang jauh lebih hemat lagi, namun masih menginginkan kinerja yang sama dari seri GPU ini, maka kehadiran MSI Geforce GTX 1050 Ti LP alias Low Profile bisa menjadi alternatif terbaik dari sekian merk yang hadir.

GPU ini dirilis sebulan setelah resminya Nvidia GTX 1050 Ti hadir dipasar, atau sekitar 22 november 2016 lalu. Pilihan Low Profile ditujukan bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, serta fitur hemat lainnya termasuk juga untuk pilihan ruang yang lebih baik bagi rig konsumen. Tidak ada sesuatu yang mewah pada pilihan GPU ini, apalagi MSI menyertakan pilihan braket tambahan yang  lebih mengutamakan ruang yang lebih minimum ketika anda memasang GPU pada slot motherboard.

Namun, ini bukan berarti anda memiliki sebuah GPU yang tidak terlalu hebat, justru sebaliknya, dan kenyataan bahwa GPU masih merupakan bagian dari seri GTX 1050 Ti yang cukup baik untuk gaming 1080p, maka ini bisa menjadi pilihan ideal anda bagi yang menginginkan seri GPU ini dengan pilihan yang sederhana tanpa ada banyak variasi didalamnya. Mari kita ungkap sekilas mengenai MSI Geforce GTX 1050 Ti LP dibawah ini.

MSI Geforce GTX 1050 Ti LP : Desain

         MSI Geforce GTX 1050 Ti LP    

Sebagaimana dinyatakan dalam ungkapan sebelumnya, Fitur Low Profile yang jelas tidak terlalu memberikan tampilan yang mewah pada GPU ini. Meskipun demikian, ia masih memiliki sisi menarik yang dihadirkan dari segi desain. Anda mungkin tidak akan menemukan fan yang besar, port Pin power ataupun fitur lampu yang memberikan kesan mewah pada GPU ini. Karena, ia hanya dilengkapi dengan dua buah fan kecil berukuran sekitar 5.5cm, serta sebuah heatsink yang cukup besar sehingga akan memakan dua slot pada casing. GPU ini memiliki ukuran panjang sekitar 18.2 cm dengan lebar 6.9 cm dan ketebalan sekitar 3.5cm. Bobot GPU ini juga cukup ringan dengan beban sekitar 290 gram.

Dengan tampilan dominan warna hitam pada hampir seluruh tubuh, ia masih memberikan kesan yang cukup baik, meskipun pilihan ini tidak ideal bagi mereka yang menginginkan nilai estetika sebagai bagian utama dari rig mereka. Meskipun begitu, GPU ini masih memberikan nilai solid, apalagi kehadiran  komponen yang berkualitas seperti kehadiran solid kapasitor dengan kelas “militer” akan memberikan daya tahan yang lebih baik selain dari pilihan kinerja yang solid.

Baca juga : Gigabyte Radeon RX 550 OC : Kartu Grafis 1 Jutaan Dengan Kinerja Terbaik

Konektivitas Port

Hadirnya pilihan opsional braket untuk port dengan desain yang lebih ramping tentu memberikan keuntungan dari segi desain yang lebih “low profile”, hanya saja ia tidak memberikan nilai yang siginifikan dari pilihan braket default dengan ukuran yang hampir sama. Namun, ini merupakan opsi yang cukup baik, apalagi MSI memberikan braket tambahan ini tanpa ada biaya tambahan apapun.

Hal yang cukup baik juga hadir pada pilihan konektivitas port yang tersedia. GPU ini sudah memiliki port HDMI 2.0 yang akan membawa tampilan display terbaik pada resolusi 1920×1080, serta mampu membawa fitur audio dalam satu kabel. Port DVi serta pilihan DisplayPort 1.4 juga merupakan sesuatu yang ideal, dimana fitur DP 1.4 akan memberikan tampilan terbaik pada resolusi 4k, bahkan GPU ini memiliki resolusi maksimal hingga 7680×4320.

MSI Geforce GTX 1050 Ti LP : Spesifikasi Internal

MSI Geforce GTX 1050 Ti LP memiliki spesifikasi yang sama dengan seri GTX 1050 Ti tanpa fitur LP. Namun, ia tidak memiliki fitur OC yang mungkin biasa hadir dari merk lain untuk memompa kinerja yang lebih baik dalam gaming. Nyatanya pilihan ini ditujukan pada konsumen yang hanya peduli pada fitur yang sederhana, gak ribet dan mampu bekerja dengan baik. Sehingga, pilihan spesifikasi internal yang dihadirkan  pada GPU ini hampir serupa atau bahkan sama tanpa kehadiran fitur mewah lainnya.

SpesifikasiMSI Geforce GTX 1050 Ti Low Profile
Graphics processing unitNvidia geforce gtx 1050 ti
InterfacePci express x16 3.0
Core nameGp107-400
Cores768 units
Core clocks1392 mhz / 1290 mhz
Memory clock speed7008 mhz
Memory4gb gddr5 (128-bit)
OutputDisplayport (version 1.4) / hdmi (version 2.0) / dl-dvi-d
Hdcp support2.2
Power consumption75 w
Recommended psu300 w
Card dimension(mm)182 x 69 x 35 mm
Weight (card / package)290 g / 486 g
Afterburner ocY
Directx version support12
Opengl version support4.5
Maximum displays3
G-sync™ technologyY
Adaptive vertical syncY
Digital maximum resolution7680 x 4320
AccessoriesLow profile bracket (*optional)
HargaRp 2.650.000 (Beli)

Dengan berbekal VRAM 4GB GDDR5, modal ini tentu akan cukup untuk memenuhi hampir semua gaming terbaru pada setting medium-high dan bahkan akan memberikan performa terbaiknya pada gaming yang tidak terlalu menuntut. Ini semua bukan karena kehadiran VRAM yang ideal saja, namun juga faktor pendukung lainnya.

Kehadiran tingkat clockspeed dasar sekitar 1290 Mhz dan boost clock hingga 1392 Mhz tentu cukup besar untuk memompa kinerja grafis, apalagi ia juga dilengkapi dengan kekuatan CUDA sebesar 768 yang merupakan pertanda cukup baik untuk ukuran kinerja GPU pada gaming, apalagi kehadiran memori clockspeed juga mampu memberikan bandwith memori hingga 7Gb/s.

GPU itu sendiri pada dasarnya dibuat berdasarkan arsitektur GP107-400 yang terbaru dengan proses manufaktur pada 14nm. Ini tentu akan memberikan performa daya yang lebih irit, dan hasilnya, GPU ini memiliki TDP hanya sebesar 75W saja. Ini tentu merupakan kabar baik bagi para gamer yang terbatas pada anggaran, disisi lain juga ia tidak akan memberikan pengeluaran listrik yang cukup besar. Dan karena pilihan TDP yang cukup kecil, maka anda tentu tidak akan membeli PSU yang besar pada GPU ini, pilihan PSU 400W hingga 500W sudah cukup ideal untuk memenuhi kelistrikan anda.




Performa Gaming

Artikel ini tentu tidak akan menarik tanpa menghadirkan kinerja gaming sebagai bagian dari performa sesungguhnya. Untuk itulah, kami hadirkan bagaimana peforma gaming pada GPU ini pada setup yang ideal untuk memperlihatkan benchmarking, dengan spesifikasi :

  • Intel Core i7 6700K @ 4.0 GHz
  • MSI Z170 Pro-LGA
  • 16GB Corsair Vengeance LPX DDR4 memory @ 2133 MHz 13-13-13-36-2T
  • Samsung Evo SSD 250GB
  • Corsair RM750W
  • Cooler Master Hyper 212 LED Turbo

Performa gaming ini akan dibandingkan dengan beberapa GPU yang sebanding, termasuk 1050 non Ti sehingga anda bisa melihat bagaimana perbandingan performa pada beberapa gaming yang cukup populer, diantaranya :

3DMark Firestrike

Benchmark ini bukan memperlihatkan performa gaming, namun bisa memberikan gambaran yang ideal mengenai sebuah GPU. Semain besar nilai skor, maka ia akan memberikan performa yang baik untuk gaming. Tes ini dapat dengan mudah dilakukan pada sistem anda sendiri jika anda ingin membandingkan kartu dengan yang lain.

Sebagaimana anda lihat, MSI Geforce GTX 1050 Ti LP mampu memberikan hasil yang cukup baik daripada beberapa seri yang sama dan seri non Ti dengan posisi antara pertama dengan yang kedua walaupun tidak begitu jauh jaraknya.

Battlefield 4

Gaming Battlefield 4 mungkin game yang sudah lama hadir, namun ia masih diperhitungkan sebagai game yang memiliki tampilan cukup baik. Dan untuk itulah bahwa performa grafis pada gaming ini juga setidaknya menentukan bagaimana kinerja gaming sekelasnya termasuk yang terbaru bisa memberikan gambaran.

GPU ini berada diposisi pertama dengan nilai FPS pada pengaturan ultra dengan perbedaan FPS yang tidak terlalu jauh dengan seri non LP.   

Far Cry Primal

Game ini merupakan game yang cukup menuntut di tahun 2016 dengan nilai grafis yang sangat menjanjikan. Performa gaming yang dihadirkan GPU ini ternyata sangat ideal dengan posisi kedua dengan perbedaan hanya 1 FPS saja pada pengaturan Ultra dengan resolusi 1080p.

Rise of the Tomb Raider

Dan yang terakhir yang kami hadirkan adalah ROTR yang cukup terkenal hingga sekarang. Performa yang dihadirkan pada game ini cukup mengejutkan dengan menampilkan nilai FPS yang cukup baik pada posisi kedua dengan pengaturan Ultra pada resolusi 1080p.

Tingkat kebisingan dan suhu

Untuk urusan kinerja fan, anda akan melihat kinerja kipas yang sebenarnya cukup ideal menghasilkan suara yang paling besar diantara GPU lainnya. Ia memberikan hasil tertinggi dengan nilai 42.8 Db, walaupun ini sebenarnya tidak terlalu bising didalam casing anda, apalagi jika casing dalam keadaan tertutup.

Sedangkan suhu yang dihasilkan pada GPU ini dengan nilai terendah dan maksimal suhu saat gaming hanya mencapai 60 derajat saja. Ini tentu berita yang sangat baik bagi mereka yang berencana untuk bermain gaming dalam waktu yang cukup lama tanpa harus mengkhawatirkan suhu.

Konsumsi Listrik

Hal yang sangat baik pula hadir untuk urusan konsumsi listrik, dimana GPU ini hanya akan menghasilkan maksimum konsumsi sebesar 65.5 Watt saja pada gaming, sedangkan pada idle akan mengkonsumsi daya sekitar 7.5W. Inilah salah satu yang terbaik pada GPU ini tanpa harus khawatir dengan tagihan listrik anda yang membengkak.

Kesimpulan

MSI Geforce GTX 1050 Ti LP merupakan pilihan yang ideal bagi mereka yang mencari GPU yang tepat untuk gaming 1080p dengan bentuk yang sederhana. Kartu grafis ini mampu memberikan performa terbaiknya pada gaming (bahkan yang terbaru) dengan tingkat FPS yang nyaman untuk anda mainkan. Ada beberapa sisi minus yang dihadirkan seperti nilai kebisingan yang tidak terlalu baik diantara GPU lainnya, fitur braket yang sebenarnya sama saja dan sebagainya. Namun, untuk performa dan sisi konsumsi daya serta suhu, ia tidak akan memberi rasa khawatir anda, meskipun bermain dalam waktu yang cukup lama juga tidak ideal.

MSI Geforce GTX 1050 Ti LP layak untuk anda pertimbangkan sebagai bagian dari rig kecil anda yang sederhana. Pilihan kartu grafis ini sangat ideal bagi mereka yang tidak terlalu mengutamakan sisi estetika sebagai jaminan utamanya. GPU ini lebih tepatnya bagi mereka yang menginginkan desain yang sederhana, solid, tidak ribet dan tentunya mampu memberikan kinerja yang baik untuk gaming.

Foto : Raendy

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com