Lenovo Yoga 520 : Laptop 2-in-1 Dengan Performa Tangguh & Super Fleksibel

Ketika anda menginginkan sebuah laptop yang sangat baik untuk memenuhi berbagai tuntutan pekerjaan anda yang cukup tinggi, disisi lain juga anda memerlukan sebuah perangkat yang fleksibel dengan anggaran cukup terjangkau, maka pilihan yang ideal untuk memulai adalah pilihan Lenovo Yoga 520. Selain memiliki keunggulan dalam hal portabilitas, laptop 2-in-1 ini memiliki bentuk desain terbaik serta kinerja komputasi yang bisa diandalkan. Mari kita lihat sekilas mengenai  Lenovo Yoga 520 dibawah ini.

Lenovo selalu membawa sesuatu yang sangat baik dengan pilihan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produsen lainnya untuk urusan laptop. Selain pilihan yang lebih murah, ia juga hadir dengan kualitas yang sangat baik dan dapat diandalkan oleh pengguna. Kehadiran Lenovo Yoga 520 merupakan salah satu bukti bagaimana produsen ini mampu memberikan sesuatu yang sangat indah dalam segi desain, performa yang cukup ideal, serta pilihan harga yang lebih terjangkau.

Sebagaimana kita tahu bahwa seri Lenovo Yoga merupakan salah satu jajaran laptop 2-in-1 dari Lenovo dengan berbagai fungsi yang bermanfaat bisa dihadirkan bagi pengguna.  Itu karena Lenovo Yoga memiliki layar berengsel 360 derajat yang memungkinkan perangkat tersebut digunakan sebagai laptop tradisional atau tablet touchscreen. Dengan berbekal harga sekitar 10 jutaan lebih, anda akan mendapatkan sebuah convertible laptop yang sangat baik untuk segala urusan anda tanpa harus mengorbankan sisi estetika yang dihadirkan. Jadi, mari kita ungkap lebih dalam mengenai Lenovo Ideapad Yoga 520 dibawah ini.

Lenovo Yoga 520 : Desain

Pilihan convertible laptop biasanya memiliki keunggulan dalam sisi desain yang dihadirkan, dan itu pun termasuk menjadi salah satu keunggulan laptop ini. Dengan bobot sekitar 1.7Kg, anda pastinya tidak akan merasakan beban yang cukup berat ketika laptop ini tengah dibawa dalam tas terbaik anda. Selain itu, walaupun tidak memiliki desain yang tertipis, ketebalan laptop yang hanya sekitar 1.9 cm tentu bisa memberikan desain terbaik yang dihadirkan laptop convertible ini.

Lenovo Yoga 520 memiliki bentuk desain yang cukup unik, dengan 3 pilihan warna yang tersedia antara Mineral Grey, Onyx Black, dan Metallic Gold, ini tentu bisa menjadi variasi warna yang sangat baik dan elegan dari sisi estetika. Apalagi, bahan materi tutup kap sepenuhnya terbuat dari logam alumunium yang membuatnya tampak elegan, walaupun tidak semua chassis yang dihadirkan memiliki bahan tersebut. Lenovo membuat desain Yoga 520 dengan tampilan yang lebih bersih dengan sisi modernitas yang lebih kuat pada bagian tepi.   

     

Salah satu keunggulan yang dihadirkan laptop ini adalah kemampuan layar yang dapat diputar hingga 360 ° yang tentu saja akan memberikan sisi fleksibilitas yang lebih baik untuk fitur multifungsi yang ideal.  Ini karena berkat kehadiran engsel 360 derajat yang cukup kuat dan bisa bertahan lama, dimana anda dapat dengan mudah beralih ke mode tablet untuk browsing web, atau menonton sebuah film pada mode berdiri. Dengan fleksibilitas yang banyak ini, pengguna akan selalu memiliki sudut pandang sempurna yang lebih baik.

Lenovo Yoga 520 : Spesifikasi Internal

Hadirnya pilihan prosesor generasi terbaru dari Intel merupakan modal utama laptop ini untuk memulai kinerja komputasi. Dengan pilihan prosesor Intel Core i5 7200U, 4GB Memori DDR4-2133 serta pilihan GPU dari Nvidia Geforce GT 940MX tentu akan memberikan modal awal yang sangat baik untuk segala keperluan anda, bahkan sampai level yang terhitung baik untuk kinerja komputasi yang cukup menuntut (walaupun tidak terlalu jauh).

Pilihan prosesor Intel Core i5 7200U tentu akan sangat baik, karena selain merupakan generasi terbaru ke-7 Kaby Lake, ia juga cukup ideal untuk kebutuhan komputasi sederhana hingga tingkat menengah yang bisa memenuhi syarat minimal dan cukup baik untuk berbagai pekerjaan anda. Walaupun ia memiliki fitur dual core, kehadiran teknologi hyperthreading akan membuatnya semakin sempurna. Dengan modal kecepatan dasar 2.5 Ghz dengan masimal turbo boost hingga 3.1 Ghz, ini akan memompa kinerja prosesor yang lebih baik untuk performa yang cukup meyakinkan.

Satu hal yang agak kurang meyakinkan adalah pilihan ram 4Gb yang tentu tidak akan ideal untuk kebutuhan yang jauh lebih menuntut. Namun, anda masih bisa mengandalkan pilihan RAM yang dihadirkan untuk kinerja standar seperti browsing web, gaming kasual serta beberapa aplikasi standar untuk kebutuhan editing sederhana dan sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan grafis, pilihan Nvidia Geforce GT 940MX bukan berita yang buruk, dan bukan berita yang terbaik pula. Karena pilihan grafis ini berada ditengah-tengah dari hal tersebut, dan cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan seperti gaming, dan berbagai hal yang membutuhkan kinerja grafis. Apalagi, kehadiran VRAM GPU yang mencapai 2Gb DDR3 bisa menjadi sesuatu yang sangat baik dimana ia tidak akan mengambil memori dari sistem anda. Beberapa gaming yang cukup menuntut pun sebenarnya bisa dimainkan pada convertible laptop ini, namun ini bukan laptop gaming, jadi sebaiknya jangan terlalu lama untuk hal tersebut.

SpesifikasiLenovo Yoga 520
ProcessorIntel Core i5 7200U (2.5Ghz up to 3.1 Ghz)
Operating SystemWindows 10 Home
Display14" FHD (1920 x 1080)
GraphicsNvidia Geforce GTX 940MX 2GB DDR3
CameraHD 720p
RAM4GB DDR4-2133
Storage1 Terabyte HDD
Battery**Up to 10 hours
AudioDolby® Home Theatre
Harman Audio
SecurityKensington lock, Fingerprint reader (optional)
Ports2 x USB 3.0
USB Type-C
Card reader
HDMI
RJ45
Audio jack
Connectivity802.11 a/c WiFi
Bluetooth
Dimensions328 x 229 x 19.9mm
Weight1.74kg
ColorsBlack
Silver
Golden
HargaRP 10.399.000 (Beli)




Storage

Pilihan penyimpanan yang dihadirkan pun cukup besar dengan kehadiran 1 Terabyte HDD SATA 5400RPM. Hanya sayangnya, pilihan konfigurasi yang berada dibawah 11 jutaan biasanya belum memiliki pilihan penyimpanan SSD yang lebih baik. Tapi, jika suatu saat anda akan mengupgrade atau menambah penyimpanan, jangan khawatir, karena Lenovo Yoga 520 sudah tersedia pilihan slot SSD yang cukup baik termasuk untuk SSD dengan tipe M.2 SSD.

Display

Pilihan layar display yang dihadirkan pun terhitung menjadi sisi keunggulan laptop ini. Dengan ukuran layar 14″, anda sudah dihadirkan resolusi terbaik hingga 1920×1080 (Full HD) yang ideal untuk berbagai aktivitas anda.

Kehadiran layar dengan teknologi panel IPS tentu akan memberikan sesuatu yang terbaik untuk urusan gambar. Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik untuk urusan display baik itu dalam bentuk detail yang jelas dari hampir setiap sudut . Selain itu, tingkat ketajaman yang dihadirkan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan layar TN dan kehadiran bezel sempit pada dua sisi layar dengan ukuran dari 12,3 mm ke 7,6 mm yang sangat kecil akan memaksimalkan kualitas layar yang lebih luas.

Keyboard & Touchpad

Dan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas anda yang tinggi, kehadiran backlit keyboard bisa memenuhi semua kebutuhan tugas pengetikan anda dengan lebih baik. Apalagi,keyboard ini memiliki tingkat perjalanan yang cukup layak dan akan membuat segala pengalaman untuk mengetik jauh lebih nyaman dengan pilihan tombol yang ideal walaupun bukan yang terbaik.

Hal yang sama juga berlaku pada fitur touchpad. Walaupun bukan yang terbaik, kehadiran touchpad dengan materi bahan plastik ini cukup mudah dinavigasi tanpa banyak kendala. Apalagi tingkat responsif pada fitur ini cukup baik dan tentu saja akan memudahkan segala aktivitas jari-jemari kita tanpa banyak masalah.

Konektivitas

Pilihan konektivitas pun jauh lebih baik dengan kehadiran port yang sangat lengkap, apalagi salah satu tipe port USB Type-C yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan satu koneksi untuk semua perangkat. Anda bisa menghubungkan berbagai perangkat dalam satu kabel yang fleksibel tanpa harus mengalam berbagai hal yang cukup rumit. Apalagi, USB Type C mampu mentransfer data yang jauh lebih cepat hingga 5GB/s, dan ini layak untuk anda pertimbangkan.

Dan untuk melengkapi konektivitas yang lebih baik, hadir pula beberapa port yang ideal untuk kebutuhan anda diantaranya :

  • 2 x USB 3.0
  • Card reader
  • HDMI
  • RJ45
  • Audio jack

Tidak adanya pilihan USB 2.0 tentu akan menjadi berita yang cukup baik, dimana ia bisa menjadi modal yang baik untuk perangkat anda dalam beberapa tahun kedepan tanpa harus merasakan adanya ketertinggalan dengan pilihan port tersebut.

Sedangkan untuk konektivitas internet, hadirnya Wifi dengan jenis 802.11 a/c juga layak untuk diperhitungkan. 802.11ac merupakan versi yang lebih cepat jika dibandingkan dengan wifi yang memiliki tipe dari 802.11n. Bahkan, 802.11ac mampu memberikan kecepatan mulai dari 433 Mbps (megabit per detik) hingga beberapa gigabit per detik. Untuk mencapai throughput semacam itu, 802.11ac bekerja secara eksklusif di pita 5GHz, menggunakan banyak bandwidth (80 atau 160MHz), beroperasi hingga delapan aliran spasial (MIMO), dan menggunakan sejenis teknologi yang disebut beamforming yang mengirimkan sinyal langsung ke perangkat klien.

Audio & Webcam

Pilihan Audio yang dihadirkanpun terhitung cukup baik, apalagi Lenovo memberikan fitur audio yang cukup jernih dan pilihan kualitas suara yang cukup keras dengan kehadiran pilihan Harman Speakers and Dolby® Audio Premium™. Walaupun begitu, ia pastinya tidak akan cukup ideal untuk fitur ruangan yang jauh lebih luas selain dari ruangan kecil kamar anda atau ruang keluarga.

Pilihan Webcam sedikit lebih baik daripada kebanyakan laptop lainnya yang sekelas, hanya saja kehadiran webcam tidak terlalu ideal untuk fitur lain yang membutuhkan kualitas gambar yang cerah dan resolusi yang baik. Walaupun kehadiran webcam pada Lenovo Yoga 520 mampu mendukung hingga resolusi 720p, nyatanya anda perlu membutuhkan penerangan yang lebih baik untuk itu. Fitur ini akan lebih baik untuk sekedar videocall sederhana seperti skype dan sebagainya.

Baterai

Lenovo Yoga 520 mampu bertahan hingga 8.5 jam, dan itu merupakan berita yang sangat baik bagi mereka yang memiliki aktivitas tinggi di lapangan. Anda tidak perlu repot untuk mengisi baterai setiap saat, karena ia sudah memiliki fitur baterai yang cukup ideal untuk kebutuhan mobilitas anda. Apalagi, Yoga 520 hadir dengan port USB 3.0 yang memiliki fitur multi fungsi, sehingga anda dapat mengisi daya perangkat favorit lain seperti smartphone dan sebagainya bahkan saat laptop dimatikan.  

Fitur Keamanan

Hadirnya kensington lock merupakan fitur wajib bagi sebuah laptop untuk memberikan keamanan yang cukup ideal, dan ia sudah hadir pada laptop ini. Namun apa yang menjadi sisi keunggulan laptop ini tentu saja bukan hanya kehadiran kensington, namun juga dukungan untuk sensor sidik jari pada bagian bawah keyboard. Ini tentu akan melengkapi semua fitur keamanan jauh lebih baik.

Lenovo Yoga 520

Kesimpulan

Lenovo Yoga 520 merupakan pilihan yang sangat baik dan layak untuk dipertimbangkan ketika anda sedang berencana untuk membeli sebuah laptop serba guna dengan pilihan yang cukup terjangkau. Dengan anggaran sekitar 11 jutaan (kurang lebih), anda akan memiliki sebuah 2-in-1 laptop yang sangat baik dari segi desain, portabilitas yang fleksibel dan tentu saja kinerja yang sangat memadai untuk mendukung segala pekerjaan anda.

Pilihan RAM yang dihadirkan mungkin sedikit kurang ideal dengan kapasitas hanya 4GB saja, namun kehadiran prosesor dan grafis yang cukup untuk memenuhi kebutuhan multimedia termasuk gaming akan memberikan performa extra pada laptop ini. Apalagi, dukungan DDR4 tentu akan lebih baik dalam hal kinerja, serta suatu saat anda bisa mengupgrade pilihan RAM karena tersedia sebuah slot yang kosong sebagai bahan upgrade.

Jadi, dengan modal yang sangat baik tersebut, apalagi ia sudah hadir dengan fitur layar Full HD dengan panel IPS, Lenovo Yoga 520 merupakan langkah terbaik untuk memulai bagi mereka yang sedang mencari convertible laptop untuk bisa memenuhi segala kebutuhannya dengan tingkat mobilitas yang lebih baik, serta pilihan harga yang terhitung cukup terjangkau.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts