Cooler Master Hyper 212 Led Turbo : Air Cooler Tangguh & Performa Meyakinkan

Cooler Master Hyper 212 Led Turbo : Air Cooler Tangguh & Performa Meyakinkan

Cooler master memiliki salah satu yang sangat baik untuk memulai ketika anda sedang mencari pendingin udara untuk CPU. Dan kehadiran Hyper 212 Led Turbo yang sangat keren dengan pendingin besar hadir didalamnya merupakan salah satu jawaban mereka. Apalagi, kehadiran lampu LED akan membuat rig anda jauh lebih elegan dan layak untuk dipamerkan.

Pilihan Air Cooler masih tetap menjadi pilihan populer hari ini untuk urusan pendinginan CPU. Selain masih mampu memberikan kinerja pendinginan yang sangat baik, faktor harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Liquid juga merupakan tempat terbaik untuk pengguna anggaran.

Sebagaimana kita tahu bahwa Cooler Master merupakan produsen yang layak untuk menjadi salah satu yang terbaik dalam hal urusan pendinginan. Mereka sudah lama hadir dan memiliki banyak pengalaman untuk urusan ini, sehingga kualitas dan perfoma yang dihadirkan pendingin ini layak untuk anda pertimbangkan. Selain itu, pilihan harga yang terhitung cukup terjangkau menjadi sisi keunggulan lain pada Hyper 212 Led Turbo ini. Jadi, mari kita gali lebih dalam mengenai CPU Cooler ini.

Cooler Master Hyper 212 Led Turbo : Desain & Spesifikasi

Berbekal dengan kisaran harga sekitar 500 ribuan, anda akan mendapatkan sebuah pendingin CPU yang cukup besar dalam rig anda dan memiliki tampilan terbaik untuk sekedar pamer ataupun hal-hal lainnya. Hyper 212 Led Turbo memiliki ukuran 120 x 108 x 163 mm (4.7 x 4.3 x 6.4″) dengan heatsink yang cukup besar dan menjanjikan kinerja pendinginan yang ideal untuk prosesor anda.

Heatsink pada pendingin ini terbuat sepenuhnya dari alumunium dan memiliki 4 buah heatpipes yang akan melakukan kontak langsung dengan sirip aluminium yang berbentuk corong. Hasilnya, ia akan memberikan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan disipasi panas yang sangat baik dibandingkan dengan basis logam generik.

Untuk memberikan performanya jauh lebih baik, hadir pula dua buah fan yang berukuran 120mm yang akan meningkatkan performa pendinginan yang efektif. Apalagi, dual fan yang hadir sudah memiliki fitur lampu led yang akan memberikan nilai estetika yang sangat baik untuk rig anda dan tentu saja akan menjadikan semuanya tampak sempurna dalam satu paket rig yang besar dan elegan. Selain itu, ia juga memiliki desain bracket baru fitur PWM dengan bantalan karet anti getaran dan memiliki jangkauan lebar antara 600-1600 RPM dan penutup yang memudahkan untuk pemasangan kipas. Pilihan warna yang tersedia pun cukup menjanjikan untuk urusan estetika.

SpesifikasiCooler Master Hyper 212 LED Turbo
CPU SocketIntel® LGA 2066 / 2011-3 / 2011 / 1366 / 1156 / 1155 / 1151 / 1150 / 775 socket
AMD® AM4 / AM3+ / AM3 / AM2+ / FM2+ / FM2 / FM1 socket
Dimensions (L x W x H)120 x 108 x 163 mm (4.7 x 4.3 x 6.4")
Heat SinkDimensions (L x W x H)
MaterialAluminum Fins (4 Heat Pipes / Direct Contact)
Weight468g
Heat Pipes DimensionsØ6mm
FanDimensions (L x W x H)
Speed600-1,600 RPM ± 10%
Airflow66.3 CFM ± 10%
Air Pressure1.7 mmH2O ± 10%
MTTF40,000 hours
Noise Level9-31 dBA
Connector4-Pin
Rated Voltage12 VDC
Rated Current0.19 A
Power Consumption2.28 W
Warranty2 years
HargaRP 535.000 (Beli)



Performa

Dengan hadirnya dual fan yang cukup besar, Hyper 212 Led Turbo mampu memberikan kinerja pendinginan yang sangat baik dengan kecepatan fan hingga 1,600 RPM. Selain itu, pendingin ini mampu menghasilkan aliran udara hingga 66,3 CFM. Sebagaimana kita tahu bahwa istilah CFM mewakili total kaki kubik per menit dari aliran udara pada kipas langit-langit saat bekerja pada tingkat kecepatan tinggi dengan menggunakan bilah ukuran standar. Semakin tinggi aliran udara maka maka semakin dingin CPU anda.

Pendingin ini juga akan memberikan tekanan udara hingga 1,7 mmH2O MTTF. Tingkat mmH2O didefinisikan sebagai tekanan yang diberikan pada dasar kolom cairan tepat 1 milimeter (mm) tinggi, serta level MTTF (Mean Time To Failure) hingga 40.000 jam.

Selain itu, tingkat kebisingan yang dihasilkan kipas ini tidak terlalu bising pada level antara 9 hingga 31 dBA, kecuali anda memakainya untuk proses overclocking maksimal. Ia mungkin akan cukup bising dengan semua kipas bekerja penuh untuk menghasilkan performa terbaiknya.

Konektivitas & Kompabilitas

Cooler Master Hyper 212 Led Turbo memiliki pilihan konektivitas sederhana. Dengan hanya berbekal konektor 4-pin, anda sudah siap menggunakan cpu cooler ini untuk kinerja terbaiknya. Selain itu, tingkat konsumsi daya yang dihasilkan cooler ini terhitung sedikit dengan hanya konsumsi daya sekitar 2.2W serta pilihan voltase sekitar 12V.

Untuk urusan kompabilitas, Hyper 212 Led Turbo sudah mendukung hampir semua CPU yang sudah hadir dipasaran, termasuk kompabilitas untuk prosesor terbaru AMD Ryzen tanpa harus membeli bracket tambahan. Pilihan untuk Intel pun sudah cukup lengkap dimana ia sudah memenuhi jajaran prosesor terbaru dari intel, hanya saja jika anda ingin memasangak Cooler ini pada seri X299 terbaru, anda mungkin perlu memiliki braket tambahan (walaupun cooler ini tidak terlalu ideal untuk seri X299).

Cooler Master memberikan garansi hingga 2 tahun untuk pendingin CPU ini, dan ini tentunya merupakan berita yang sangat baik bagi konsumen. Anda bisa merasa tenang dengan masa garansi yang diberikan, walaupun ada sejumlah syarat yang perlu anda ketahui untuk klaim garansi ini.

Is It Worth It?

Ya, pendingin ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk rig gaming anda, disamping memiliki kemampuan yang sangat baik sebagai pendingin prosesor, pendingin untuk overclocking standar (tidak terlalu extrim) serta nuansa LED yang cukup keren untuk nilai estetika rig anda. Pilihan harga yang dihadirkan pada Hyper 212 Led Turbo ini juga terhitung cukup terjangkau, apalagi jika anda melihat semua fitur dan spesifikasi yang dihadirkan.

Kekuatan fan yang dihasilkan mungkin bukan yang tercepat, namun ia sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pendinginan CPU anda, sehingga Cooler Master Hyper 212 Led Turbo layak untuk anda pertimbangkan sebagai salah satu Air Cooler yang sangat baik dengan segala fitur kerennya bisa memberikan nilai sempurna pada sebuah rig pc.

sumber gambar & referensi : coolermaster.com



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com