Dell Vostro 3468 : Laptop Anggaran 5 Jutaan Dengan Kinerja Solid

Dell Vostro 3468 : Laptop Anggaran 5 Jutaan Dengan Kinerja Solid

Ketika anda sedang mencari laptop yang baik untuk kebutuhan pekerjaan di kantor, sekolah, kuliah dan lain-lain dengan tingkat kinerja yang bisa diandalkan dan memiliki kisaran harga anggaran sekitar 5 jutaan, maka pilihan Dell Vostro 3468 layak untuk anda pertimbangkan. Selain memiliki keunggulan dalam hal prosesor terbaru dari Intel Core i3 7th gen Kaby Lake, ia juga memiliki keunggulan lain dalam bentuk segi desain termasuk tampilan display yang sangat baik.

Sebagaimana kita tahu bahwa jajaran produk Vostro dari Dell ditujukan untuk kalangan pebisnis kecil, konsumen rumahan namun memiliki performa yang dapat diandalkan baik dalam urusan kinerja komputasi maupun sisi harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau. Hadirnya seri terbaru dari Dell Vostro 3468 memberikan kabar yang cukup menggembirakan bari konsumen yang menginginkan sebuah laptop yang sangat baik untuk melengkapi urusan pekerjaan mereka.

Dell Vostro 3468 sebenarnya masih terhitung cukup baru, dimana laptop ini dirilis beberapa bulan lalu. Masih banyak konsumen yang tidak terlalu mengenal mengenai laptop ini, padahal Dell Vostro cukup terkenal dalam kehandalan performa yang ditawarkannya termasuk juga dari segi kualitas yang hadir pada laptop ini. Mari kita ungkap sedikit lebih jauh dari laptop ini.

Dell Vostro 3468 : Desain

Dell Vostro 3468 hadir dengan pilihan harga yang sangat terjangkau, meskipun begitu anda jangan mengharapkan segala bentuk dan bezel yang tipis. Laptop ini cukup ideal dengan bobot sekitar 1.9Kg dan itu merupakan bobot standar sebuah laptop anggaran. Laptop ini memiliki desain yang sederhana dengan warna hitam pucat, namun jika anda menginginkan warna lain, laptop ini memiliki 3 konfigurasi warna yang berbeda antara navy, putih dan hitam.

Sebuah logo Dell diatas tutup kap menjadikan laptop ini cukup elegan, yang akan memberikan arti tersendiri bagi setiap pemakai Dell yang cukup populer dan bisa menjadi modal awal anda untuk pamer di sebuah cafe maupun tempat umum lainnya. Selain itu, laptop Dell pada dasarnya memiliki nilai tersendiri bagi untuk sebuah laptop yang dulu terkenal karena nilai estetika dan desain yang solid.

Ketika anda membuka tutup kap laptop, hadirlah sebuah layar dengan ukuran 14″, bezel yang normal, sebuah HD Webcam duduk diatas layar, keyboard chiclet hitam dan sebuah touchpad dengan ukuran yang cukup besar hadir ditengah-tengah dibawah keyboard.

Konektivitas & Port

Dell Vostro 3468 memiliki pilihan port yang sederhana, namun cukup lengkap dengan kehadiran beberapa port yang biasa digunakan pengguna mainstream sehari-hari. Disebelah kiri laptop, anda akan dihadirkan pilihan port power konektor, port VGA & HDMI untuk setup multi display, 2 USB 3.0 yang akan memberikan tingkat kecepatan transfer data hingga 5.0 GB/s dan sebuah port LAN untuk konektivitas network.

Sedangkan dibagian kanan, anda akan dihadirkan pilihan memory card reader, port USB 3.0, sebuah jack, pilihan optical drive dan kensington lock. Walaupun pilihan ini cukup sederhana, anda mungkin tidak menyadara bahwa harga yang ditawarkanpun sangat terjangkau, sehingga kita tidak bisa mengharapkan sesuatu yang lebih jauh selain pilihan standar. Untuk urusan konektivitas internet melalui wirels, kehadiran 802.11ac  sudah cukup baik, apalagi ia juga hadir dengan fitur  Bluetooth 4.1.

Display

Laptop ini memiliki ukuran layar 14″ dengan maksimal resolusi HD (1366×768) dan memiliki fitur Anti-Glare LED-Backlit Display. Walaupun bukan yang terbaik, laptop ini masih bisa memberikan kemampuannya untuk penerangan yang lebih baik. Anda bisa mengandalkan kualitas layar untuk urusan penerangan didalam ruangan, dengan kualitas yang cukup baik.

Sistem Anti glare biasanya mengacu pada layar matte, yang berarti panel LCD memiliki lapisan matte. Lapisan matte umumnya akan membaurkan pantulan dan cahaya, jadi ini berarti anda tidak perlu berurusan dengan silau atau pantulan yang banyak, jadi laptop ini juga bisa digunakan cukup baik di luar rumah, tapi warna yang hadir  kurang jelas dan warna hitam tidak begitu mendalam.

Dell Vostro 3468 : Spesifikasi Internal

Kehadiran prosesor terbaru dari Intel Core i3 7100U Kaby Lake merupakan sesuatu yang baik, khususnya jika kita melihat pilihan harga yang dihadirkan hanya sekitar 5 jutaan. Walaupun pilihan prosesor ini bukan yang terbaik, namun ia sanggup memenuhi kebutuhan pengguna untuk segala pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan komputasi sederhana, multimedia dan beberapa gaming kasual yang tidak terlalu menuntut.

Intel Core i3-7100U merupakan prosesor dual-core dengan arsitektur Kaby Lake terbaru generasi ke-7. Prosesor ini menawarkan dua core CPU dengan tingkat clockspeed 2,4 GHz (tanpa Turbo Boost) dan mengintegrasikan HyperThreading untuk bekerja dengan maksimal 4 thread sekaligus. Perbedaan arsitektur yang dimiliki prosesor ini agak kecil dibandingkan dengan generasi Skylake, oleh karena itu kinerja per MHz cukup mirip walaupun prosesor ini lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dell Vostro 3468
Sumber : cpubenchmark.com

Prosesor ini mendukung memori DDR4 dual channel dan memiliki iGPU Intel HD Graphics 620 yang cukup baik (clock antara 300 – 1000 MHz). Prosesor ini diproduksi dalam proses 14nm FinFET yang sama dengan generasi sebelumnya, namun memiliki tingkat clockspeed sedikit lebih tinggi sekitar 100 Mhz.

Sehingga, dengan spesifikasi dasar prosesor Intel Core i3 7100U, pilihan memori 4GB DDR4 2400 Mhz, grafis yang cukup baik, anda akan mendapatkan sebuah laptop yang  performa yang baik dalam hal performa dan mendukung beberapa teknologi terbaru, termasuk untuk urusan video. Anda bahkan bisa memainkan beberapa permainan terbaru dengan tingkat Fps yang cukup nyaman, namun jangan harap untuk bisa mengatur pada pengaturan medium hingga high.

Spesifikasi Dell Vostro 3468
Processor7th Generation Intel® Core™ i3-7100U Processor (3M cache, up to 2.40 GHz)
Screen14.0-inch HD (1366x768) Anti-Glare LED-Backlit Display
WebcamIntegrated 720p HD camera with microphones
Memory4GB Single Channel DDR4 2400MHz (4GBx1)
HDD1TB 5400 rpm SATA Hard Drive
GraphicsIntel(R) HD Graphics 620
Ports, Slots & ChassisVGA & HDMI out, RJ-45, power, headphone/microphone combo jack, 2x USB 3.0, 1x USB 2.0
Input Device OptionsStandard full size, chiclet keyboard, Built-in 9.5 mm SATA tray load 8X DVD+/-RW, SD card reader
Wireless802.11ac + Bluetooth 4.1, Dual Band 2.4&5 GHz, 1x1
Battery Primary 4-cell 40W/HR Battery
Weight 1.96Kg
HargaRP 5.350.000 (Beli)




Penyimpanan

Kehadiran pilihan penyimpanan 1 terabyte SATA pada kecepatan 5400 Rpm tentu merupakan berita yang sangat baik bagi mereka yang memiliki banyak file besar. Ini tentu akan memberikan banyak kapasitas untuk media penyimpanan anda, tanpa harus mengupgradenya lagi. Namun jika anda berencana untuk mengupgrade pilihan storage, maka SSD selalu untuk menjadi sesuatu yang hal yang sangat baik untuk memulai.

Keyboard & Touchpad

Dell selalu terkenal dalam hal urusan kenyamanan, termasuk juga pada keyboard. Walaupun anda perlu sedikit adaptasi untuk memperbaiki segala aktifitas anda pada keyboard, pilihan chiclet keyboard yang dihadirkan pada laptop ini cukup baik. Anda bahkan bisa mengetik dengan cukup nyaman dalam beberapa jam lamanya, apalagi kehadiran palmrest disekitar area sebelah kanan touchpad bisa memberikan manfaat yang cukup berguna ketika tangan anda cukup lelah.

Berbeda dengan kehadiran touchpad yang dihadirkan, walaupun cukup ideal untuk segala hal yang anda lakukan dengan jari anda, pilihan touchpad bukanlah yang terbaik. Namun begitu, anda bisa merasa nyaman dengan area touchpad yang dihadirkan cukup besar dan memberikan setiap gerakan bisa lebih baik.

Baterai

Anda juga jangan mengharapkan terlalu jauh untuk urusan fitur baterai. Kehadiran pilihan baterai Primary 4-cell 40W/HR Battery sudah layak untuk memenuhi kebutuhan daya kelistrikan pada laptop ini, namun bukanlah yang terbaik. Hanya saja, anda bisa merasa cukup tenang karena laptop ini memiliki daya tahan baterai yang cukup kuat untuk beberapa jam lamanya. Perlu dipastikan untuk selalu membawa charger setiap saat, apalagi jika anda dalam perjalanan jauh.

Webcam

Pilihan webcam mungkin sesuatu yang layak untuk dibicarakan, hanya saja jangan berharap terlalu jauh untuk fitur ini. Walaupun memiliki kualitas HD webcam 720p, anda mungkin hanya menggunakannya untuk fitur biasa saja, kegiatan video call pun tidak terlalu cerah, sehingga penerangan yang lebih baik diruangan akan menjadi tips yang baik ketika akan menggunakan webcam ini.

Kesimpulan

Dell Vostro 3468 merupakan laptop yang sangat baik untuk anda pertimbangkan ketika mencari laptop dengan anggaran 5 jutaan. Pilihan prosesor yang sangat baik menjadi sisi keunggulan laptop ini, walaupun pilihan memori tidak terlalu besar dengan hanya memiliki kapasitas 4GB saja. Namun, ia mampu memberikan performa yang sangat baik untuk segala kegiatan komputasi anda, bahkan juga bisa diandalkan untuk kinerja yang cukup menuntut. Selain itu, pilihan konektivitas untuk multi display cukup lengkap dengan kehadiran port VGA dan HDMI.

Overall, Dell Vostro 3468 merupakan laptop yang sangat baik dalam urusan kinerja dan harga yang ramah anggaran. Anda akan memiliki sebuah laptop yang ideal untuk kebutuhan sehari-hari anda dengan tingkat komputasi yang bisa diandalkan.

sumber referensi & gambar : www.dell.com



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “Dell Vostro 3468 : Laptop Anggaran 5 Jutaan Dengan Kinerja Solid

Comments are closed.