Asrock AB350 Pro4 : Motherboard AM4 Pilihan Ideal Dengan Harga Terjangkau

Pilihan AMD hari ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena kehadiran prosesor terbaru mereka yang memiliki kinerja luar biasa, seperti halnya apa yang terjadi pada jajaran produk Ryzen. Nah, jika anda sedang mencari rumah terbaik untuk prosesor Ryzen dengan fitur yang cukup lengkap dan terbaik untuk sisi anggaran, maka anda bisa mempertimbangkan Asrock AB350 Pro4. Ya, motherboard kelas menengah ini hadir untuk mereka yang menginginkan kinerja terbaik dengan segala fitur dan fasilitas lengkapnya, disisi lain, harga yang ditawarkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan merk lain.

Asrock sudah lama hadir dan produk mereka cukup dikenal di berbagai kalangan teknologi. Selain kehadiran berbagai produknya yang berkualitas, pilihan harga yang ditawarkan sangat menggoda konsumen dengan kisaran harga yang jauh terjangkau. Salah satu fakta dari hal tersebut adalah kehadiran motherboard terbaru AM4 Asrock AB350 Pro4. Dengan kisaran harga sekitar 1.4 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah motherboard yang lengkap plus fitur OC yang mudah, konfigurasi RAM yang cukup tinggi, dual PCIE x16 yang mewah dan sebagainya. Dengan pilihan motherboard ini, anda akan memiliki sebuah perangkat yang sangat lengkap dengan pilihan harga yang jauh lebi terjangkau.

Motherboard AM4 pada dasarnya terhitung baru, dimana mereka dirilis seiring dengan hadirnya jajaran prosesor terbaru dari AMD Ryzen. Ketika Ryzen mampu menghadirkan kinerja terbaiknya, bahkan dalam beberapa segmen ia berhasil mengalahkan tim biru untuk urusan performa dan harga, maka pilihan motherboard pun menjadi sorotan utama bagi para pencari hardware terbaik. Salah satu yang ideal hari ini adalah kehadiran Asrock yang memiliki produk yang lengkap untuk mengisi soket AM4 sebagai rumah terbaiknya untuk Ryzen, dan  Asrock AB350 Pro4 merupakan langkah terbaik untuk memulai. Mari kita lihat sekilas mengenai motherboard ini.

Asrock AB350 Pro4 : Desain

Asrock AB350 Pro4 merupakan motherboard ATX Form faktor yang cukup besar dengan ukuran 12.0-in x 8.8-in, 30.5 cm x 22.4 cm dan memiliki kualitas solid kapasitor yang dapat diandalkan, sehingga anda mungkin memerlukan pilihan casing yang cukup besar agar bisa memuat motherboard ini (mid tower ide yang baik untuk memulai).

Kombinasi warna hitam dibalut garis warna putih merupakan pilihan yang menari, dan ini akan menjadikan rig anda memiliki nilai estetika yang sangat baik. Apalagi jika anda menginginkan tema hitam putih dalam rig tersebut. Sebuah tulisan PRO hadir ditengah-tengah mobo tersebut untuk mengukuhkan diri bahwa ini bukan sembarangan motherboard yang hadir, karena ia bisa menghadirkan kekuatan yang sangat baik serta beberapa fiturnya yang lengkap.

Untuk urusan kuailitas motherboard, AB350 Pro4 memiliki komponen yang sangat baik yang dihadirkan produsen untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin hari semakin cerdas. Salah satu yang sangat baik pada motherboard ini adalah kehadiran Premium Power Choke. Pilihan ini merupakan pilihan komponen daya premium dari ASRock yang secara efektif akan membuat arus saturasi hingga tiga kali lebih baik, sehingga memberikan peningkatan dan peningkatan voltase Vcore ke motherboard.

Hadir pula pilihan Sapphire Black PCB, dimana pilihan PCB hitam murni ini mewakili kualitas rock-solid yang dihadirkan Asrock dan memberi motherboard dengan sentuhan yang lebih misterius yang bisa anda kali dari sisi fiturnya. Selain itu juga hadir pilihan High Density Glass Fabric PCB, dimana Desain PCB Fabric Glass ini akan mengurangi celah antara lapisan PCB untuk melindungi motherboard terhadap arus pendek listrik yang disebabkan oleh kelembaban.

Asrock AB350 Pro4 : Spesifikasi

Motherboard ini mendukung semua prosesor AMD Ryzen yang memiliki soket AM4 termasuk untuk seri APUs terbaru generasi ke-7 Bristol Ridge. Salah satu yang baik untuk memulai pada pilihan AMD adalah kenyatan bahwa anda tidak akan mengganti lagi untuk urusan mobo ketika mereka merilis prosesor baru. Ini karena AMD menjanjikan bahwa soket AM4 akan bertahan cukup lama hingga tahun 2020 mendatang. Cukup menggiurkan bukan?

Motherboard ini memiliki chipset B350, dan pilihan chipset ini merupakan anjuran yang baik bagi mereka yang akan menghadirkan pilihan Ryzen kelas entry level seperti Ryzen 2 atau juga pilihan high-end. Selain mendukung sepenuhnya fitur OC, mobo ini juga memiliki beberapa fitur yang biasa dihadirkan mobo kelas atas seperti kehadiran M.2 SSD slot, dual grafis PCIe X16 dan sebagainya.

Ada empat buah slot memori yang hadir pada motherboard ini, dimana AB350 Pro4 memiliki dukungan memori hingga DDR4 3200 (OC) dan teknologi dual Channel memori untuk kinerja yang lebih baik. Anda bisa menampung maksimal memori hingga 64 GB pada motherboard ini, dan itu bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai (kecuali jika keuangan bukan masalah untuk anda).

SpesifikasiAB350 Pro4
HargaRP 1.499.000 (Beli)
Supported CPUA-Series / Ryzen Series
CPU Socket TypeAM4
ChipsetAMD Promontory B350
Number of Memory Slots4×288pin
Memory StandardDDR4 2667/ 2400/ 2133
Maximum Memory Supported64GB
Channel SupportedDual Channel
Expansion SlotsPCI Express 3.0 x16
1 x PCI Express 3.0 x16 Slot (PCIE2: x16 mode)*
1 x PCI Express 3.0 x16 Slot (PCIE4: x4 mode)**
4 x PCI Express 2.0 x1 Slots
Storage Devices4 x SATA3 6.0Gb/s Connectors, support RAID (RAID 0, RAID 1 and RAID 10), NCQ, AHCI and Hot Plug*
2 x SATA3 6.0Gb/s Connectors by ASMedia ASM1061, support NCQ, AHCI and Hot Plug
1 x M.2 Socket (M2_2), supports type 2230/2242/2260/2280/22110 M.2 SATA3 6.0Gb/s module**
Onboard AudioAudio Chipset
Realtek ALC892
Audio Channels
7.1 Channels
Onboard LANRealtek 8111GR
Max LAN Speed 10/100/1000Mbps
Rear Panel PortsPS/2
1 x PS/2 keyboard/mouse port
Video Ports
1 x D-Sub Port
1 x DVI-D Port
HDMI
1 x HDMI
RJ45
1 x RJ-45 LAN Port with LED (ACT/LINK LED and SPEED LED)
USB 3.0
1 x USB 3.0 Type-C Port (Supports ESD Protection)
5 x USB 3.0 Ports (Supports ESD Protection)
USB 1.1/2.0
2 x USB 2.0 Ports (Supports ESD Protection)
Audio Ports
HD Audio Jacks: Line in / Front Speaker / Microphone
Internal I/O Connectors2 x USB 2.0 Headers (Support 4 USB 2.0 ports) (Supports ESD Protection)
1 x USB 3.0 Header (Supports 2 USB 3.0 ports) (Supports ESD Protection)
1 x COM Port Header
1 x TPM Header
1 x Power LED and Speaker Header
1 x RGB LED Header
* Supports up to 12V/3A, 36W LED Strip
1 x AMD Fan LED Header
1 x CPU Fan Connector (4-pin)
* The CPU Fan Connector supports the CPU fan of maximum 1A (12W) fan power.
3 x Chassis Fan Connectors (4-pin) (Smart Fan Speed Control)
* CHA_FAN2 and CHA_FAN3 can auto detect if 3-pin or 4-pin fan is in use.
1 x 24-pin ATX Power Connector
1 x 8-pin 12V Power Connector
1 x Front Panel Audio Connector
Physical SpecForm Factor ATX
Dimensions (W x L)12.0" x 8.8"
Power Pin24 Pin




Grafis

Motherboard ini terintegrasi dengan AMD Radeon ™ R-Series Graphics di A-series APU, sehingga ketika anda memiliki prosesor APUs 7th Gen Bristol Ridge, anda mendapatkan kombinasi yang sangat baik pada motherboard ini. Apalagi, motherboard ini bahkan sudah mendukung directX 12 dengan pixel shader 5.0 dan maksimal shared memori hingga 2GB.

Untuk urusan slot grafis pada motherboard ini, anda akan dihadirkan tiga pilihan output grafis, yakni D-Sub, DVI-D dan HDMI. Ini tentu merupakan pilihan yang sangat baik untuk masa depan yang cerah, apalagi fitur HDMI mampu mendukung max. resolusi hingga 4K x 2K (4096×2160) @ 24Hz / (3840×2160) @ 30H dan dukungan untuk Triple Monitor.

Audio

Untuk urusan audio, Asrock AB350 Pro4  memiliki dukungan yang cukup lengkap dengan hadirnya 7.1 CH HD Audio Realtek ALC892 Audio Codec. Anda akan memiliki kualitas audio yang sangat baik dengan beberapa dukungan teknologi seperti Blu-ray Audio Premium, dukungan untuk Surge Protection dan  ELNA Audio Caps

Konektivitas, Slot & Konektor

Nah, untuk urusan konektivitas baik LAN maupun internet, pilihan konfigurasi yang dihadirkan juga cukup lengkap seperti kehadiran PCIE x1 Gigabit LAN yang mendukung kecepatan data hingga 1000 Mb/s pada fitur Realtek RTL8111GR. Untuk membuatnya lebih baik, kehadiran lan juga mendukung fitur lainnya seperti Supports Wake-On-LAN, Supports Lightning/ESD Protection dan lain lain.

Asrock AB350 Pro4  merupakan motherboard yang cukup baik dengan kehadiran slot PCIe yang cukup lengkap. Anda akan memiliki 2 x PCI Express 3.0 x16 Slots untuk memaksimalkan GPU anda agar memiliki kinerja yang lebih baik, dimana motherboard ini sudah mendukung fitur Quad CrossFire  and CrossFireX. Selain pilihan utama, hadir pula 4 slot PCI Exprees 2.0X1 yang akan menghadirkan berbagai pilihan konektivitas speerti SSD NVMe yang memiliki tingkat transfer data yangsuper cepat.

Pilihan konektor pada motherboard ini juga cukup lengkap dengan kehadiran yang header port dan power port yang bisa anda temukan di hampir setiap ujung motherboard serta pilihan 3 Fan konektor  yang juga mendukung fitur smart speed control. Selain itu, kehadiran front panel monitor juga cukup lengkap untuk USB 3.0,2.0 dan Audio yang akan melengkapi semua kebutuhan anda dalam satu paket.

Storage & I/O Panel

Untuk urusan penyimpanan, Asrock AB350 Pro4  mendukung 4 x SATA3 6.0 Gb / s Connectors dengan dukungan RAID, NCQ, AHCI dan Hot Plug. Sedangkan untuk urusan konektor, anda akan memiliki 2 x SATA3 6.0 Gb / s, 1 x Socket Ultra M.2 (M2_1) yang mendukung modul tipe M Key tipe 2242/2260/2280 M.2 PCI Express sampai dengan Gen3 x4 (32 Gb / s). Fitur M.2 yang dihadirkan ini tentu merupakan berita baik, apalagi jika kita melihat harga yang ditawarkan, motherboard ini tentu akan sangat menggoda konsumen.

Asrock AB350 Pro4

Ada total 13 port I/O yang hadir dibelakang meja, termasuk pilihan USB Type-C sebagai salah satu keunggulan yang hadir untuk masa depan yang cerah pada motherboard ini. Selain itu, AB350 Pro4  memiliki 5 port USB 3.0 yang akan mendukung transfer data yang lebih baik. Ini semua merupakan sesuatu yang dapat diunggulkan pada motherboard ini.

Bios & Software

Pilihan Bios UEFI hari ini pada motherboard ini semakin baik dan memiliki tampilan yang cukup memudahkan untuk pengguna. Apalagi fitur OC yang hanya membutuhkan beberapa tombol dalam pengaturan tentu merupakan berita baik bagi pemula yang tidak menginginkan semua hal terlihat lebih rumit.

Untuk urusan software, salah satu bundled yang sangat baik yang dihadirkan pada motherboard ini adalah kehadiran Asrock A-Tuning. Perangkat lunak ini sangat bermanfaat untuk segala hal yang anda lakukan pada motherboard ini via Windows .

Kesimpulan

Motherboard Asrock AB350 Pro4  merupakan pilihan yang sangat baik untuk memulai rig anda dengan pilihan harga yang sangat terjangkau. Dengan kisaran harga sekitar 1.4 jutaan, anda akan memiliki sebuah motherboard AM4 dengan segala fitur yang cukup mewah termasuk beberapa port dan fitur seperti M.2 SSD, USB Type-C dan Dual Slot PCIe yang biasa hadir pada seri X-370. Ini bisa menjadi salah satu keunggulan motherboard yang cukup terjangkau ini.

Selain itu juga motherboard ini sudah memiliki dukungan teknologi lainnya yang cukup baik, sepeti dukungan memori yang cukup besar hingga DDR4 3200 (OC), AMD Quad CrossFireX dan sebagainya. Ini tentu menjadikan motherboard ini sebagai best value motherboard dengan pilihan yang cukup mewah didalamnya.

Sumber gambar : Asrock.com



 Baca Juga :

Loading…

Comments