Lenovo Legion Y520-KKiD : Laptop Gaming Keren Dengan Performa Tangguh

Lenovo kini memiliki sesuatu yang terbaik untuk dihadirkan dengan pilihan harga cukup terjangkau untuk urusan laptop gaming, yakni Lenovo Legion Y520-KKiD. Walaupun laptop ini sudah dirilis beberapa bulan yang lalu, namun kehadiran notebook gaming ini tentu cukup menyedot perhatian banyak kalangan, apalagi ketika kita melihat tampilannya yang keren serta spesifikasi yang dihadirkan cukup menggiurkan kalangan gamer. Mari kita lihat sekilas mengenai laptop gaming dari Lenovo ini lebih mendalam.

Lenovo sudah cukup dikenal dinegara kita sebagai salah satu produsen laptop yang cukup diperhitungkan. Mereka selalu memberikan kualitas laptop yang sangat baik dengan pilihan harga yang lebih terjangkau. Dan kini hadirnya lenovo seri Legion terbaru Y520 akan membawa era gaming dengan level terbaru yang lebih baik dan tentu saja dengan spesifikasi terbaik yang dihadirkan notebook gaming ini akan memberikan performa yang sangat ideal bagi setiap permainan yang anda hadirkan.

Lenovo Legiun Y520 dijual mulai dari harga kisaran 13 jutaan dan tentu saja ini bukanlah laptop gaming pertama dari Lenovo, namun ini merupakan awal yang baru bagi perusahaan di pasar tersebut. Y520 adalah anggota perdana seri Legiun baru, dan ia membuat kesan pertama yang kuat. Tampilan ramping dan runcing seolah menunjukan bahwa laptop siap untuk memberikan kinerja yang kuat, apalagi ia sudah dipersenjatai CPU Quad core Intel Core i7 dan GPU Nvidia GTX 1050 dan seri Ti yang lebih mahal. Dan justru ini membuatnya mudah untuk direkomendasikan sebagai mesin kuat untuk para gamer dengan anggaran terbatas.

Lenovo Legion Y520-KKiD : Desain

Dengan tampilan yang jauh lebih agresif, Legion Y520 memiliki bentuk yang cukup elegan dan terkesan tampak sangar untuk siap beraksi. Ia memiliki Tutup plastik berwarna hitam dengan anyaman dan beberapa garis agresif. Serangkaian grates di bagian belakang membungkus bagian bawah komputer dan membingkai dua set ventilasi, yang membuatnya tampak lebih seperti hiasan yang disengaja daripada kebutuhan teknologi. Meski terbuat dari plastik, Legion Y520 cukup kokoh dan anda tidak perlu khawatir mengenai urusan ini.

Saat mengangkat tutupnya, anda akan menemukan sebuah layar dengan ukuran 15,6 inci 1080p dengan bezel tebal,  Keyboard yang bergaya aksen merah yang cukup kental dan sebuah touchpad yang  dikelilingi oleh garis merah. Laptop ini memiliki ukuran 15 x 10,4 x 1 inci dan berat sekitar 2.5 Kg.  Dengan hadirnya ukuran dan bobot yang cukup ringan, Lenovo Legion Y520 tampak sangat bagus dan ideal sebagai sebuah laptop gaming.

Untuk urusan konektivitas, pada bagian sisi kiri Legion anda akan memiliki slot kunci Kensington, colokan listrik, jack Ethernet, port USB 2.0 dan jack headphone. Sedangkan dibagian sisi kanan, anda akan menemukan port USB Type-C, pembaca kartu SD, sepasang port USB 3.0 dan output HDMI.

Display

Dengan ukuran 15.6″, Lenovo Legion Y520 memiliki maksimal resolusi hingga 1920×1080 (Full HD) dengan tingkat kecerahan maksimum yang cukup ideal dan tingkat layar yang juga cukup tajam, walaupun bukan yang terbaik.  Layar Legion hanya memiliki 68 persen tingkat color gamut sRGB , dan ini bukanlah berita yang cukup baik karena rata-rata notebook mainstream menunjukkan angka lebih dari 94 persen color gamut sRGB, sementara Strix (124 persen) dan Prestige (133 persen) jauh lebih hidup.

Tapi untuk urusan warna yang bisa anda lihat pada leptop ini sangat akurat, apalagi Legion memiliki skor Delta-E 0,2 (0 ideal), yang jauh lebih baik daripada rata-rata kebanyakan laptop gaming merk lainnya.  Panel pada notebook Lenovo juga tampak tidak terlalu terang, dimana ia hanya menghasilkan 220 nits pada tingkat light meter namun masih terhitung cukup baik untuk sebuah laptop gaming.

Keyboard dan Touchpad

Fitur keyboard yang dihadirkan pada Lenovo Legion Y520 merupakan salah satu yang terbaik, dimana anda akan menemukan kesenangan dalam setiap tombol yang ada. Fitur keyboard ini hampir serupa dengan kumpulan kunci yang akan biasa kita temukan pada produk seperti Yoga 710. Dengan memiliki 1,8 milimeter perjalanan vertikal dan 77 gram gaya yang dibutuhkan untuk menekan tombol, keyboard akan terasa sangat nyaman dengan sentuhan warna backlit merah yang sangat ideal untuk penerangan anda ketika bermain pada malam hari. Sayangnya, hanya aksen warna merah saja yang dihadirkan.

Sedangkan untuk urusan Touchpad, ia memiliki ukuran trackpad bagian atas sekitar 4,1 inci, dan bagian bawahnya 3,5 inci (menjadikannya trapezoid), dan tingginya 2,2 inci. Tak ada kesenangan yang berarti dalam desain dan fungsi yang dihadirkan dan terhitung biasa saja.

Audio

Untuk urusan Audio, anda akan melihat speaker di sebelah engsel Legion dengan suara cukup keras. Hadirnya fitur audio Harman dengan Dolby Premium akan memberikan kesenangan tersendiri saat bermain game dengan kualitas audio yang sangat cukup walaupun bukan yang terbaik.  

Laptop ini dilengkapi dengan aplikasi Dolby Audio dan beberapa profil suara yang bisa dipilih, tapi fitur defaultnya pun masih memberikan suara yang sangat baik. Jadi, ini tergantung pada kesesuaian anda untuk urusan audio.




Lenovo Legion Y520-KKiD : Spesifikasi Internal

SpesifikasiLenovo Legion Y520-KKiD
ProcessorIntel Core i7 7700HQ 2.8 Ghz up to 3.8 Ghz
GraphicsNVIDIA GeForce GTX 1050 2Gb GDDR5
Memory8GB DDR4
Storage1TB SATA HDD
Audio2 x 2W Harman™ Certified Speakers with Dolby Audio™ Premium
Battery Life45 WHr Li-Polymer Battery
Display15.6" FHD (1920 x 1080)16:9; IPS; Anti-Glare
Dimensions (W x D x H)(mm) : 380 x 265 x 25.8
WeightStarting at 5.3 lbs (2.4 kg)
ColorBlack
WLAN & Bluetooth®1 x 1 WiFi 802.11 ac or 2 x 2 WiFi 802.11 ac + Bluetooth® 4.1 Combo
LAN10/100/1000M Gigabit Ethernet
Ports1 x USB 3.1 (Type-C)
2 x USB 3.0
1 x USB 2.0
1 x HDMI™
Audio Jack
Microphone Jack
RJ45 LAN
4-in-1 Card Reader (SD, SDHC, SDXC, MMC)
Preloaded SoftwarePower2Go (Blu-ray Disc™ / DVD)
PowerDVD (Blu-ray Disc™ / DVD)
Microsoft Office 2013
Lenovo Companion
Lenovo Nerve Sense
Magic Y Key
Lenovo OneKey Recovery
Lenovo ID
HargaRp 13.099.000 (Beli)

Prosesor

Lenovo Legion Y520 dikemas dengan prosesor quad core Intel Core i7-7700HQ terbaru dengan clock speed 2,8 GHz (up to 3.8), 8 GB RAM DDR4, dan 1 Terabyte HDD. Legion dipastikan berhasil bisa menyelesaikan hampir semua pekerjaan yang anda hadirkan, dan tentu saja layak untuk memenuhi syarat untuk hampir semua permainan gaming yang anda mainkan.

Intel Core i7-7700HQ merupakan prosesor quad-core cepat untuk notebook berdasarkan arsitektur Kaby Lake H (Core generasi ke 7), yang diumumkan pada bulan Januari 2017 di CES. Ini adalah penerus Core i7-6700HQ dari generasi Skylake dan diproduksi pada proses 14 nm + yang ditingkatkan, sehingga ia memiliki tingkat clockspeed sekitar 200 MHz lebih tinggi pada TDP yang sama jika dibandingkan dengan versi Skylake.

Selain itu, ia memiliki GPU integrasi Intel HD Graphics 630, namun arsitekturnya tidak jauh berbeda dengan GPU 530 dari generasi Skylake dan hanya memiliki tingkat clockspeed sedikit lebih tinggi.

Grafis

Sedangkan untuk urusan grafis, hadirnya Nvidia GTX 1050 dengan VRAM 2GB setidaknya akan memberikan tingkat FPS yang cukup baik untuk hampir semua gaming terbaru yang anda hadirkan. Namun karena keterbatasan VRAM hanya sebesar 2GB, maka anda tidak akan mendapatkan pengaturan yang terbaik pada resolusi 1080p, namun masih cukup untuk memberikan tingkat FPS yang ideal untuk resolusi tersebut pada pengaturan medium hingga high.

Nvidia GTX 1050 merupakan GPU mainstream yang berbasis pada arsitektur Pascal dan  diproduksi dalam proses 14 nm. Versi notebook sedikit berbeda dalam hal clockspeed, namun tetap dilengkapi dengan 640 unit shader, sama seperti model desktop. Dilengkapi dengan GDDR5-VRAM 2 hingga 4 GB yang terpasang melalui antarmuka 128-bit dan data tingkat memori 7 Gbps (112 GB / s).

Performa GeForce GTX 1050 bisa sangat bervariasi tergantung performa pendinginan laptop. Ini bisa sama cepatnya dengan model desktop dalam kondisi ideal, namun model notebook biasanya sedikit lebih lambat. Ia memiliki kinerja lebih baik jika dibandingkan dengan GeForce GTX 960M sekitar 30%, sehingga game dari tahun 2016 ke bawah bisa dimainkan di setting tinggi dengan resolusi Full HD.

Daya tahan baterai & Suhu

Legiun mungkin bisa lebih portabel, tapi anda perlu membawa charger bersama anda setiap saat. Karena, kemampuan baterai pada  Lenovo Legion Y520 hanya bertahan sekitar 3 jam dan 39 menit ketika anda menjelajah web terus-menerus melalui Wi-Fi, bermain game dan sebagainya. Ini tentu bukanlah fitur yang terbaik pada laptop ini, sehingga bawalah selalu charger untuk keperluan mendadak anda pada laptop tersebut. Sedangkan untuk urusan suhu, Legion sangatlah bagus dan terbaik karena anda tidak akan melebih suhu diatas 40 derajat untuk bermain game pada waktu yang cukup lama.

Webcam

Kemudian untuk urusan webcam, Lenovo Legion Y520 juga memiliki fitur webcam yang sangat baik dengan kemampuan hingga 720p ada dengan tingkat warna yang cukup akurat. Anda mungkin tidak akan memerlukan perangkat pihak ketiga untuk urusan ini, karena webcam bawaan laptop ini terhitung sangat baik jika dibandingkan dengan laptop merk lainnya.

Kesimpulan

Lenovo Legion Y520 merupakan pilihan yang ideal dan layak untuk anda pertimbangkan ketika akan mencari laptop gaming dengan kisaran harga 13 jutaan. Ia sudah memiliki semua persyaratan utama sebuah laptop gaming dengan hadirnya prosesor yang kuat, grafis yang cukup baik, serta kualitas audio yang keren. Semua hal yang dihadirkan ini merupakan beberapa keunggulan yang ditawarkan pada laptop ini, walaupun ia tidak memiliki kualitas layar terbaik, baterai yang terlalu singkat.

Namun intinya, Lenovo Legion Y520 merupakan laptop gaming yang keren dengan semua fitur unggulan sudah hadir didalam laptop ini. apalagi bentuk yang dihadirkan terkesan sebagai sebuah laptop yang sangat sangar, elegan dan tentu saja itu merupakan sesuatu yang baik bagi para pencari laptop gaming.

sumber referensi, benchmark & gambar : ww3.lenovo.com & laptopmag.com



 Baca Juga :

Loading…

Comments

Related Posts