Intel Akan Rilis Core i3 Versi Quad Core Pada Seri Coffe Lake

Intel Akan Rilis Core i3 Versi Quad Core Pada Seri Coffe Lake

Ketika prosesor generasi terbaru Coffe Lake akan hadir lebih awal, disisi lain Intel akan menghadirkan prosesor low budget Core i3 8300 dengan jumlah inti yang lebih banyak dibandingkan dengan seri Core i3 sebelumnya. Ya, kabar terbaru mengatakan bahwa Intel Core i3 generasi ke-8 Coffe Lake akan memiliki teknologi hyperthreading yang sama dengan seri sebelumnya, namun kali ini ia akan hadir dengan seri quad core alias 4 inti prosesor.

Tampaknya Intel bereaksi cukup keras mengenai kehadiran AMD Ryzen 3 yang memukul hampir semua barisan core i3 dengan keuntungan jumlah core yang lebih baik pada titik harga yang sama. Menurut sumber berita yang kami terima via WCCFTech.com, Core i3 8300 akan hadir dengan jumlah core yang lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Disisi lain, ia masih akan memiliki teknologi hyperthreading sebagai teknologi andalan Intel selama ini untuk memompa kinerja setiap inti jauh lebih baik.

Spesifikasi Intel Core i3 8300 :

CPU NameIntel Core i3-8300
CPU FamilyCoffee Lake-S
CPU Process14nm
CPU Cores4
CPU Threads8
Base Clock4.00 GHz
Boost Clock (Max)TBD
Boost Clock (6 Core)N/A
L2 Cache1 MB (256 KB per Core)
L3 Cache8 MB
Overclocking SupportTBD
Socket SupportLGA 1151
PCH300-Series
TDP65W

Selain akan memiliki total jumlah 4 core dan 8 Thread yang akan hadir, prosesor terbaru ini juga akan memiliki tingkat clockspeed yang cukup besar dengan base clock dihitung pada 4.0 Ghz dan total L3 Cache sebesar 8 MB. Untuk urusan TDP, ia hanya akan memiliki TDP sebesar 65W saja. Ini bisa menjadi berita yang sangat baik bagi mereka yang menginginkan “langkah besar” dari Intel, apalagi jika harga yang ditawarkan masih berada dalam kisaran level terjangkau seperti selama ini mereka hadirkan pada seri Core i3.

Hanya sayangnya, ketika anda masih mengandalkan motherboard lama anda untuk bisa menampung prosesor terbaru ini, prosesor Intel generasi ke-8 Coffe Lake tidak akan bekerja pada soket LGA 1151 lama, ini berarti bahwa motherboard seri 100 dan 200 tidak akan mendukung prosesor berbasis Coffee Lake-S. Sehingga, anda pastinya perlu membeli motherboard terbaru untuk urusan ini.

Disisi lain juga beredar pula kabar bahwa Intel sedang mengerjakan iterasi baru dari soket yang disebut LGA 1151 v2, dimana ia akan memiliki jumlah pin yang sama tapi tidak akan kompatibel dengan LGA 1151. Motherboard seri Intel 300 diperkirakan akan menampilkan soket LGA 1151 v2 terbaru ini.




Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, dan jika memang benar pula mengenai kepastian semua hal ini, Intel akan merilis barisan prosesor yang cukup bervariasi dengan beberapa arsitektur yang berbeda dalam satu periode. AMD Tampaknya berhasil membuat penguasa besar melakukan langkah-langkah antisipasi yang seolah “kaku”, apalagi ketika mereka sudah berada di kasta tertinggi cukup lama. Disisi lain, ini akan memberikan keuntungan juga bagi para penggemar setia Intel yang masih mengharapkan kekuatannya pada jajaran prosesornya. Hanya saja, bagaimana dengan pengguna Intel sebelumnya, apakah mereka akan ditinggalkan begitu saja, ketika Kaby Lake hanya sesaat saja hadir di dunia ini? padahal, jajaran prosesor ini masih terhitung sangat baik, apalagi untuk dunia gaming.

 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com