Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Facebook Mesenger

Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Facebook Mesenger

Tahukah anda bahwa layanan instant messaging Messenger yang dirilis oleh Facebook ini bukan hanya sekedar untuk dipakai membuat pesan. Layanan ini bahkan memiliki fungsi lebih dari sekedar membuat pesan, dimana anda bisa membuat banyak hal pada aplikasi mesenger ini. Facebook Messenger diluncurkan pada Agustus 2011, setelah diakuisisi pada bulan maret dari Beluga. Meskipun aplikasi ini dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, aplikasi dan situs web ternyata benar-benar terpisah dari Facebook. Anda tidak harus membuka Facebook atau bahkan memiliki akun Facebook untuk menggunakan Messenger.

Cara Mengakses Facebook Messenger





Selain pada situs Facebook, aplikasi ini juga dapat digunakan pada komputer di Messenger.com atau pada aplikasi seluler seperti Android, iOS dan Windows Phone. Bahkan, Messenger juga bekerja di Apple Watch. Selain itu juga, anda bisa menginstal ekstensi pada beberapa browser dimana ini akan lebih membuatnya lebih mudah untuk digunakan.

Fitur Facebook Messenger

Ada banyak fitur yang dikemas dalam Messenger, bahkan anda tidak harus memiliki Facebook untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Berikut dibawah ini merupakan beberapa fitur yang disajikan pada aplikasi Mesengger :

1. Kirim Teks, Gambar dan Video

Walaupun pada intinya Messenger adalah aplikasi texting, namun juga anda dapat mengirim gambar dan video. Plus, Messenger mencakup banyak built-in emoji, stiker dan GIF yang tersedia dengan gratis. Seperti halnya pada Facebook, aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk bereaksi terhadap pesan pada Mesenger.

Messenger

Jika Anda menggunakan Messenger dengan akun Facebook, pesan Facebook pribadi akan ditampilkan dalam Messenger. Anda dapat sewaktu-waktu menghapus atau mengarsipkannya mengenai pesan tersebut.

2. Membuat Voice atau Video Call

Messenger

Messenger juga mendukung panggilan audio dan video, baik dari aplikasi mobile maupun dari situs untuk web desktop. Anda bisa memulai melakukan panggilan audio atau video melalui ikon yang tersedia. Jika anda menggunakan fitur panggilan Messenger pada Wi-Fi, pada dasarnya dapat menggunakan aplikasi atau situs web untuk membuat panggilan telepon internet secara gratis.

3. Mengirim uang

Messenger juga berfungsi sebagai cara sederhana untuk mengirim uang kepada orang-orang yang hanya bisa menggunakan informasi kartu debit anda. Anda dapat melakukan ini dari kedua situs web maupun aplikasi mobile.

Messenger

Gunakan tombol Kirim Uang(Send Money) dari komputer, atau tombol Pembayaran di aplikasi agar bisa mengirim atau meminta uang. Atau, mengirim pesan teks dengan harga di dalamnya dan ketika pelanggan anda mengklik harga, ini akan membuka prompt untuk membayar atau meminta uang. Anda bahkan dapat menambahkan memo kecil untuk transaksi sehingga Anda dapat mengingat apapun mengenai hal tersebut.

4. Bermain Game

Messenger

Messenger juga memungkinkan anda bermain game dalam aplikasi atau situs web Messenger.com, bahkan bisa bermain bersama dengan teman mesenger lainnya. Permainan ini khusus dibuat sehingga anda tidak perlu mengunduh aplikasi lain atau mengunjungi website lain untuk mulai bermain dan hanya menggunakan aplikasi Mesenger.




5. Berbagi Lokasi
Messenger
Selain semua hal yang disebutkan diatas,  Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk bisa berbagi lokasi bersama yang lainnya. Anda dapat membiarkan penerima untuk mengikuti lokasi anda yang akan bertahan hingga satu jam. Namun ini hanya bekerja dari aplikasi mobile.

Fitur Lainnya di Facebook Messenger

  • Mesengger juga memungkinkan anda untuk membuat semacam pengingat acara melalui tombol Pengingat pada aplikasi mobile. Cara lain yang rapi untuk melakukannya adalah untuk mengirim pesan dengan semacam referensi untuk hari di dalamnya, dan aplikasi akan secara otomatis menanyakan apakah anda ingin membuat pengingat tentang pesan itu.
  • Selain itu, aplikasi mobile Messenger juga memungkinkan anda untuk meminta tumpangan untuk Uber.
  • Anda bisa menerima pesan dari grup yang sudah disesuaikan sebelumnya. Bahkan, tema warna dari setiap thread percakapan bisa dimodifikasi.
  • Klip audio juga dapat dikirim melalui Messenger jika anda ingin mengirim pesan tanpa harus mengetik atau membuat panggilan audio secara penuh.
  • Kontak Messenger juga dapat ditambahkan dengan mengundang kontak dari ponsel atau, teman anda di Facebook.
  • Ada juga kustom Pindai Kode yang dapat memindai kode untuk langsung menambahkan ke Messenger.



Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com