ASUS ROG GL753VD Review : Gaming Notebook Asus ROG Terbaru

ASUS ROG GL753VD Review : Gaming Notebook Asus ROG Terbaru

Semakin ramainya prosesor baru Intel Kaby Lake di jajaran laptop, juga semakin meramaikan pilihan konsumen untuk bisa pergi ke pilihan yang lebih baru. Dan kini ASUS ROG luncurkan Strix GL753VD baru yang akan melengkapi portofolio mobile gaming Asus dari sekarang.

Strix GL753VD adalah kakak dari GL553VD (15-inch), yang juga diumumkan bersamaan dan ini semua merupakan sistem game entry-level. Model high-end masih tetap G752, yang dapat menangani frame rate lebih halus bahkan untuk gaming 4K atau VR berkat GPU GeForce GTX 1070. Asus Strix GL753VD akan memiliki harga mulai dari $ 1.099 atau sekitar 14 jutaan untuk sistem game terbaru dengan GeForce GTX 1050.  Asus tidak akan meluncurkan model ini dengan Nvidia GeForce GTX 1050 Ti baru untuk saat ini, tetapi akan ada beberapa minggu kedepan.

Berikut spesifikasinya :

ASUS ROG GL753VD
ProcessorIntel® Core™ i7 7700HQ Processor,
Intel® Core™ i5 7300HQ Processor,
Operating SystemWindows 10 Home
ChipsetIntel® HM175 Express Chipset
Memory2 x SO-DIMM socket , 16 GB DDR4 2400 Mhz up to 32 GB
GraphicNVIDIA GeForce GTX 1050 , with 2GB/4GB GDDR5 VRAM
StorageHard Drives:
1TB 5400RPM SSH
1TB 7200RPM SSH
Solid State Drives:
128GB/256GB SATA3 SSD
Solid State Drives:
256GB/512GB PCIE Gen3X4 SSD
Optical DriveSuper-Multi DVD
KeyboardChicklet keyboard with isolated Num key
Illuminated Chiclet Keyboard
WebCamHD Web Camera
NetworkingWi-Fi
Integrated 802.11b/g/n
Integrated 802.11 AC
Interface1 x USB 3.1 TYPE C port(s)
3 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
Battery4 Cells 48 Whrs Battery
Power AdapterPlug Type :ø5.5 (mm)
Output :
19 V DC, 6.32 A, 120 W
Dimensions415 x 273 x 30 mm (WxDxH)
Weight2.8 kg with Battery
Harga $1.099 (Cek Harga Terbaru disini)

Desain

Desain dari Asus GL753VD mirip dengan GL752 sebelumnya dan GL702 yang lebih tipis. Laptop ini memiliki ukuran layar 17 inci dengan beberapa aksen oranye seperti logo ROG pada beberapa bagian dan merah di sekitar touchpad. Sirip pendingin di dalam casing serta kaki karet di bagian bawah juga berwarna.

Yang berbeda dari Asus GL753VD adalah sistem dan keyboard yang akan menyala, seperti logo ROG yang ditutup. Kita hanya bisa melihat perbedaan kecil dibandingkan dengan pendahulunya GL752.  GL753 mendapat elemen visual tambahan di bagian atas unit dasar. Mereka menciptakan efek tiga dimensi, meskipun perangkat itu sendiri benar-benar datar.

Asus ROG
Asus ROG

Asus menggunakan komponen plastik untuk unit dasar, sedangkan tutupnya terbuat dari plat aluminium yang ditekan ke dalam bentuk. Stabilitas notebook ini lebih dari memuaskan untuk sistem dengan layar 17-inch.

Asus ROG Strix GL753VD rata-rata cukup antara notebook gaming lainnya dalam hal ukuran dan berat. Sebagai contoh, sistem high-end seperti G752 misalnya, jauh lebih berat dan lebih tebal dari GL753, sementara sistem seperti MSI GS73 atau Asus GL702, yang lebih menekankan pada mobilitas, bahkan lebih ringan dan lebih tipis pada khususnya. Hal ini biasanya dicapai dengan menghilangkan optical drive.

Konektivitas

Semua port yang tersedia di Asus Strix GL753 sangat penting, tapi laptop ini tidak menawarkan highlights. Di sisi kiri anda bisa menemukan konektor daya  dan port LAN, HDMI, MDP, 2x USB 3.0 Tipe-A serta satu jack Type-C ke arah depan. Port headset terletak cukup jauh ke depan. Pembaca SD-card duduk di depan, tetapi sulit untuk melihat karena desain berbentuk baji.

Di depan sisi kanan, ada dua port USB tambahan, tetapi hanya salah satu dari mereka mendukung 3,0 standar, yang hanya ditandai dengan simbol kecil. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati bila akan memasang hard drive eksternal, atau kecepatan transfer akan rendah. Akhirnya, ada optical drive dan Slot kunci Kensington di sisi kanan.

Keyboard

Layout keyboard hampir identik dengan Asus GL702, karena ia memiliki keyboard chiclet dengan keypad numerik tambahan di sisi kanan, tapi tombol arah yang sedikit terpisah dan lebih diperbesar.

Tombol dari setiap kunci memiliki perjalanan yang terdefinisi dengan baik (tidak terlalu pendek) untuk notebook dengan umpan balik yang memuaskan atau titik tekanan, masing-masing. Dan ini sangat mempengaruhi pengalaman mengetik yang nyaman, serta pengembangan kebisingan selama mengetik selalu mudah teredam dan tenang.

Display

Jenis panel mungkin mirip dengan Asus GL702, karena GL753 memiliki layar matte yang disediakan oleh LG-Philips (LP173WF4-SPF3) dengan resolusi 1920×1080 piksel. Panel ini juga sangat cerah yang bisa sampai dengan 349 nits di tengah, dan pencahayaan rata-rata dari Asus GL753 tidak jauh lebih rendah di 337 nits.

Kita bisa melihat beberapa backlight di daerah kanan bawah ketika kita menonton konten gelap, namun distribusi kecerahan itu sendiri sangat baik di 91%.

Kinerja

Salah satu komponen baru pada Asus Strix GL753 adalah prosesor dimana ini memiliki prosesor Intel Core i7-7700HQ, CPU quad-core yang berdasarkan pada generasi Kaby Lake terbaru. Sedangkan untuk grafis ditangani oleh kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 dengan memori 2/4 GB DDR5 terbaru.

Selain itu juga, Asus Strix GL753VD sudah memiliki memori 16 GB yang disediakan oleh dua 8 GB modul . Solusi penyimpanan terdiri dari SSD 256 GB serta hard drive 1 TB. Kami berharap bahwa Asus juga akan menawarkan SKU dengan memori dan penyimpanan konfigurasi yang berbeda, tapi kami tidak memiliki informasi yang spesifik pada saat penulisan.

Core i7-7700HQ (Kaby Lake) adalah penerus i7-6700HQ (Skylake), dimana ini merupakan CPU quad-core mobile, yang berjalan di banyak game dan notebook multimedia yang kuat. Chip ini diproduksi dalam proses 14 nm dan memiliki TDP 45 Watt dengan berbagai clock dasar 2,8 dan boost hingga 3,8 GHz.

Dalam tes benchmark yang dilakukan,  prosesor Core i7-7700HQ lebih cepat sekitar 4-11% dari pada core i7-6700HQ sebelumnya, sementara kita juga bisa melihat keuntungan dari 8- 9% dalam Test multi. Ini kira-kira setara dengan perbaikan yang kita lihat dengan perubahan sebelumnya dari generasi CPU. Secara keseluruhan, chip ini sedikit lebih cepat, tetapi tidak perlu untuk upgrade, terutama karena notebook gaming masih dibatasi oleh kinerja grafis.

Kinerja GPU




GeForce GTX 1050 adalah penerus GTX 960m dan karena itu, kita akan banyak menemukan dalam notebook multimedia terbaru. 3DMark benchmark menunjukkan keuntungan kinerja lebih baik sekitar 30% untuk GTX 1050 dibandingkan dengan GTX 960m dan kira-kira setara dengan GTX 965M, yang sudah menjembatani kesenjangan antara multimedia dan gaming.

Kinerja gaming

Hal ini membawa kita ke salah satu bagian yang paling menarik, yakni kinerja gaming yang sebenarnya. Dalam beberapa tes benchmark yang dilakukan untuk beberapa permainan dan melihat mayoritas judul yang modern, GTX 1050 berjalan lancar di Full HD dengan pengaturan tinggi. Keuntungan kinerja dari GTX 1050 bisa setinggi 30% GTX 960m tergantung pada permainan, kadang-kadang bahkan lebih.

Satu hal yang kita perhatikan dalam pengujian kami adalah kinerja kadang-kadang tidak konsisten dengan beban GPU rendah (low, rincian med). Hal ini mungkin akibat dari GPU driver (376,19), yang belum selesai. Ini juga mungkin karena beberapa game akan tampil lebih baik jika versi driver ditingkatkan.

Suhu

Jika Anda benar-benar menekankan notebook untuk waktu yang lebih lama (stress test), Anda dapat merasakan bahwa permukaan akan sedikit panas, tapi hampir diabaikan karena GL753 memiliki sistem pendinginan yang lebih baik yang mampu merdam panas hingga sampai dengan 37,7 ° C.

Konsumsi daya

Teknologi Nvidia Optimus yang telah didukung pada notebook ini, sehingga GL753 dapat menggunakan HD Graphics 630 yang terintegrasi dari prosesor dengan beban kerja yang sederhana dan konsumsi daya bahkan turun hingga dibawah 10 Watt saat anda berhenti. Ini adalah hasil yang sangat baik ketika anda mempertimbangkan peningkatan kinerja sekitar 10% untuk CPU dan kadang-kadang lebih dari 30% untuk GPU.

Baterai Runtime

Mayoritas notebook gaming tidak bisa meyakinkan dengan runtimes baterai yang tahan lama. Sedikit lebih dari empat jam sebagai realistis pengujian Wi-Fi sebenarnya bukan hasil yang buruk untuk GL753 itu. Namun, Anda tidak harus mengharapkan kinerja gaming penuh dari sistem daya baterai, karena GL753 hanya dapat memanfaatkan sebagian kecil dari potensi (CPU) Tanpa socket.

Kesimpulan

Asus ROG GL753VD datang dalam chassis yang mencolok dengan dikemas sangat baik yang ditata dan memiliki stabilitas yang baik untuk membangun kualitas. Pemilihan port sangat memuaskan, tetapi tidak ada highlights dan tata letak di depan sisi.

Asus meningkatkan perangkat input sedikit lebih baik dibandingkan dengan GL702 . penglihatan pada layar lebih nyaman dan sangat terang; kontras dan warna baik-baik saja. Kinerja juga sedikit lebih menarik: Kombinasi Intel i7-7700HQ quad-core dan Nvidia GeForce GTX 1050 GPU mampu mengelola frame rate yang mulus di game terbaru paling modern di native resolusi Full HD dan pengaturan tinggi. GTX 960m mampu dipukul sekitar 30%.

Pada akhirnya, semua ini akan bergantung pada harga akhir notebook gaming dengan GPU GTX 1050, khususnya jika nanti sudah rilis di Indonesia. Keberhasilan GL753 nantinya akan dinilai juga dari sisi harga, karena anda bisa mendapatkan kinerja gaming lebih baik apalagi harga yang ditawarkan bisa lebih baik.

Sumber referensi : www.notebookcheck.net




Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com