Cara Memperbaiki Masalah Yang Sering Terjadi Pada Kartu Grafis

Anda pasti pernah mengalami mengenai kartu grafis anda yang tiba-tiba mengalami masalah seperti: crash, hang, freeze, artefak dan banyak lagi. Jika kartu grafis anda menampilkan masalah, maka anda mungkin dapat mengidentifikasi masalahnya dan mencoba memperbaikinya sendiri.

Jika kartu video anda sering mengalami crash atau sering hang, maka biasanya hal ini sering sulit untuk menemukan penyebabnya karena ada begitu banyak penyebab yang menjadi masalahnya. Ada satu set standar perbaikan yang dapat anda mencoba untuk melihat apakah masalah tersebut hilang.

Sebelum mencoba perbaikan ini, sebuah ide yang baik untuk membuat sistem restore point seperti dijelaskan di sini. Sebuah restore point memungkinkan anda untuk membatalkan perubahan software yang akan dibuat ketika mencoba untuk memecahkan masalah kartu video anda.




Langkah-langkah untuk memperbaiki Masalah yang sering terjadi Kartu Grafis :

Cara 1 :Uninstal dan Menginstal driver terbaru baik untuk chipset motherboard ataupun kartu grafis.

Motherboard anda berisi CPU, beberapa RAM, slot ekspansi, dan berbagai perangkat. Tetapi juga mengandung beberapa chip yang membuat semua bagian bekerja bersama-sama. Yang paling penting dari chip ini disebut chipset. Anda perlu menginstal driver chipset untuk memastikan semuanya bekerja sesuai dan berjalan dengan kecepatan penuh.

Para pembuat chipset dari waktu ke waktu meng-update driver chipset terbaru untuk meningkatkan kompatibilitas dan memecahkan masalah stabilitas. Masalah driver chipset sering kali bertanggung jawab untuk crash dari kartu video dan dapat mempengaruhi stabilitas slot ekspansi.

Jadi jika Anda mengalami masalah apapun dengan tampilan kartu grafus, langkah pertama adalah anda harus selalu memperbarui driver chipset tersebut. Selain itu juga, karena driver yang buruk atau chipset yang hilang dapat menyebabkan masalah.

Cara 2: Membersihkan kartu grafis anda.

Jika kartu video Anda crash , hang, atau mendapatkan tampilan korupsi selama beberapa menit setelah Anda memulai permainan, hal itu mungkin terlalu panas atau overheating. Cara yang terbaik adalah membersihkan kipas baik pada kartu grafis, juga kipas yang ada pada komputer. Selain itu juga, anda dapat mengganti thermal pasta pada kartu grafis.

Cara 3 : underclock kartu Grafis  Anda

Beberapa kartu grafis tidak stabil jika anda menjalankannya pada kecepatan penuh. Memperlambat mereka dengan menurunkan kecepatan dapat membuat mereka bekerja dengan baik.

Ketika Anda memperlambat kartu video, kartu grafis juga akan memiliki suhu yang dan mengurangi konsumsi daya. Anda dapat meng-underclock kartu grafis untuk melihat apakah masalahnya pergi.

Jika masalahnya hilang, maka itu berarti kartu video anda panas meskipun juga dapat terjadi karena lemahnya power supply.

Proses Underclocking dapat dilakukan dengan menggunakan software yang biasanya digunakan untuk overclock seperti MSI Afterburner dsb.

Cara 4: melakukan pemeriksaan fisik

Jika Anda mengalami masalah dengan kartu video, sebuah ide yang baik adalah membuka mesin dan lihatlah. Biasanya masalahnya adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang berhubungan tapi kadang-kadang juga hanya masalah mekanis.

Seperti mencabut dan kemudian reseating kembali kartu video di slot ekspansi atau memutuskan hubungan dan menghubungkan kembali kabel daya tambahan bisa menjadi. Dan kemungkinan besar dalam memecahkan masalah jika komputer anda baru saja dipindahkan dari suatu tempat.

Cara 5 : periksa power supply

Catu daya yang kurang atau tidak berkualitas dapat menyebabkan banyak masalah pada kartu video. Dan masalah pasokan listrik juga bisa sangat sulit untuk didiagnosa. Cara terbaik untuk memastikan bahwa power supply tidak menyebabkan masalah adalah untuk swaping power supply high-end. Anda juga mungkin dapat mengenali masalah power supply dengan memeriksa apakah tegangan yang berada dalam jangkauan. Cara mudah untuk memeriksa tegangan menggunakan utilitas pemantauan motherboard yang datang dengan komputer atau motherboard.

Utilitas ini dapat memeriksa hal-hal seperti tegangan listrik, suhu internal dan kecepatan kipas. Jika Anda memiliki utilitas, cobalah untuk memeriksa tegangan di mana mereka berada. Jika Anda tidak memiliki utilitas motherboard maka Anda dapat mencoba SpeedFan, SensorsView, atau Motherboard Monitor.

Sayangnya, beberapa motherboard tidak dapat mengukur tegangan sendiri dengan sangat akurat. Untuk mendapatkan pembacaan tegangan yang akurat pada motherboard, anda mungkin harus membuka komputer dan memeriksa tegangan dengan voltmeter.



Comments