Cloud Hosting

Permasalah Umum Yang Sering Terjadi Pada Internet Speedy Dan Solusinya

Kadang-kadang kita suka merasa jengkel ketika koneksi internet yang sedang atau akan dipakai tiba-tiba tidak bisa tersambung. Hal ini sering terjadi pada setiap orang, dan jalan yang sering dipakai orang pada umumnya menelpon pihak terkait untuk memperbaikinya. Namun disatu sisi, hal tersebut terkadang tidak selalu bisa diandalkan, selain kita harus menunggu 1 sampai dengan 2 hari atau bahkan seminggu dari pihak teknisi untuk memperbaikinya.  Tapi, terkadang kita jangan selalu mengandalkan teknisi untuk memperbaikinya, kita juga bisa memperbaikinya atau sekedar melihat dimana letak permasalahannya, sehingga ketika kita tidak tahu bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut, setidaknya nanti kita bisa memberitahu kepada pihak terkait. Nah, dibawah ini saya akan mencoba membantu anda dalam hal permasalahan koneksi internet dan sedikit solusinya.

  1. Lampu Modem Internet Mati

Ketika akan menyalakan modem speedy, periksa lampu indikator modem. Apakah menyala dengan normal atau ada yang mati,jika dan yang mati, misalkan lampu internet, biasanya  hal yang pertama lakukan adalah memeriksa pada bagian colokan kabel telepon, apakah terpasang dengan sesuai atau tidak, karena jika tidak terpasang dengan pas, hal tersebut mengakibatkan internet tidak akan tersambung. Jika memang  sudah terpasang dengan sesuai, matikan modem terlebih dahulu, cabut colokan kabel telepon pada modem, tunggu sekitar 30 detik, kemudian masukan lagi kabelnya, dan nyalakan. Tunggu beberapa saat, dan lihat apakah sekarang ada perbedaan atau tidak. Jika  tidak, anda harus meresetnya pada pengaturan awal.




Anda bisa Baca artikel :Tutorial :Cara Reset dan Setting Modem Speedy TP-Link

 

  1. Koneksi Lambat / Putus-putus

Kadang kala ketika jaringan speedy kita berjalan normal, muncul permasalahan lain, yaitu koneksi yang lambat atau sering putus-putus. Penyebab koneksi internet anda lambat biasanya karena hal-hal dibawah ini :

  • Traffik jaringan yang sibuk, baik pada server maupun pada client. Biasanya jika terjadi pada server, karena banyak pengguna memakai jaringan tersebut pada jam-jam yang ramai dipakai pengguna sehingga menyebabkan jaringan internet lambat, misalnya pada jam istirahat . pada klient, biasanya jika anda sedang browsing kemudian membuka tab internet explorer yang banyak, dan loading secara bersamaan.
  • Cuaca juga bisa mempengaruhi, misal ketika anda memakai internet ketika sedang hujan yang cukup deras, hal tersebut dapat mempengaruhi koneksi internet anda, meskipun pihak speedy beralasan bahwa Telkom speedy tidak terpengaruh cuaca.
  • Modem perlu direstart, hal ini jika pemakaian modem yang sangat lama, hal ini mengakibatkan modem menjadi panas dan internet yang lambat. Anda bisa mematikan modem tersebut sekitar beberapa menit sampai dingin, dan nyalakan kembali modem tersebut.
  • Virus bisa menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Ada banyak virus yang mengakibatkan komputer anda bermasalah, sampai koneksi internet anda tidak bisa tersambung. Untuk itu, selalu menjaga komputer anda dari ancaman virus.
  • Kabel telepon yang tersambung, tapi sudah rapuh atau tidak terpasang dengan baik. Hal ini terjadi karena pihak teknisi memasang kabel telepon secara terburu-buru atau belum berpengalaman. Hal ini mengakibatkan koneksi anda lambat atau terputus-putus. Anda juga setidaknya bisa memeriksa jaringan kabel telepon, apakah ada yang putus, atau terdapat sambungan namun sudah rapuh. Pernah penulis mendapatkan kasus yang terjadi berdasarkan hal ini, yaitu Kabel telepon yang tersambung dengan kabel telepon lainnya. Hal ini karena kelalaian pihak teknisi Telkom speedy, dan yang paling menjengkelkan adalah ketika hal tersebut sudah dilaporkan ke pihak speedy, sekitar 2 bulan masalahnya baru terselesaikan, itupun tidak sampai 10 menit untuk memperbaikinya.Dalam hal ini,anda sebaiknya selalu mememperhatikan teknisi, jika hanya memperbaiki sebatas reset modem, sebaiknya anda protes, karena tugas dari teknisi Telkom speedy harus menyelesaikan secara keseluruhan dan anda harus bisa berbicara apa yang sebenarnya terjadi secara terbuka kepada teknisi.
  • Mengganti DNS bawaan speedy dengan DNS yang lebih bagus, karena terkadang DNS bawaan speedy sering dipakai oleh kebanyakan orang dan mengakibatkan koneksi menjadi lambat, terutama jika jaringan sedang ramai.
  1. Langkah Terakhir adalah Menelpon Pihak Terkait

Jika semua hal yang anda lakukan ternyata tidak berhasil, baru anda bisa menelepon pihak Telkom speedy (147), atau mendatangi langsung gerai Telkom. Dan jika ingin ditangani secara langsung, sebaiknya anda menjelaskannya secara jelas, dan sopan santun dalam penyampaiannya tetapi tegas. Karena terkadang kita selalu melepaskan kekesalan kita pada CS atau Pihak yang sebetulnya bertugas untuk menyampaikan permasalahan anda kepada teknisi, hal ini terkadang suka memperlambat penanganan yang ingin diselesaikan secara cepat, meskipun pihak provider harusnya bersikap secara professional. Anda bisa menelpon kembali jika pada hari yang ditentukan ternyata pihak teknisi tidak datang atau masalahnya belum selesai.

*Catatan : Sampaikanlah permasalahan anda secara jelas, dan mudah dimengerti kepada teknisi speedy.



Comments

Artikel Terkait