- Hardware, Tutorial

Tutorial :Cara Reset dan Setting Modem Speedy TP-Link

Seperti Diutarakan sebelumnya dalam Permasalah Umum Yang Sering Terjadi Pada Internet Speedy Dan Solusinya, kita akan belajar setidaknya bagaimana mereset modem speedy dan cara settingnya.  Biasanya modem yang dipakai speedy umumnya memakai merek TP-Link (TD-WD…dan sebagainya). Dan untuk mereset atau setting ulang tidaklah sesulit yang dipikirkan kebanyakan orang. Anda hanya harus hapal no speedy dan password, selain itu anda bisa browsing di internet bagaimana cara reset modem tersebut. Nah kali ini, kami akan memberitahu bagaimana cara reset modem speedy TP-Link. Umumnya modem ini mempunyai cara reset yang sama, berikut penjelasannya:

*Catatan : Jika Anda me-reset perangkat, perangkat akan kembali ke default pabrik , Anda akan kehilangan semua pengaturan Anda .

Ada dua metode untuk me-reset ke default  /pengaturan awal pada modem ADSL ini :

Metode 1 : Hard reset / Dengan menekan tombol RESET

Ketika  modem Router sedang dinyalakan , langsung tekan dan tahan tombol reset pada panel belakang dengan pin untuk sekitar 6 sampai 10 detik , Lepaskan tombol reset dan tunggu perangkat untuk reboot secara otomatis ke pengaturan default .

Metode 2 : Metode Reset dengan Router web  Base Utility

  1. Pastikan bahwa router dihidupkan sebelum restart sepenuhnya.
  2. Alamat IP default adalah 192.168.1.1 , dan username dan password login default keduanya admin ( semua huruf kecil ) .
  3. Pastikan bahwa alamat IP komputer Anda dalam subnet yang sama dengan perangkat. Ini berarti bahwa komputer Anda memiliki alamat IP 192.168.1.x ( X adalah dalam kisaran 2 ~ 253 ) , dan subnet mask adalah 255.255.255.0 .

Untuk ADSL modem router ( Broadcom Solution )

Silakan pergi ke Manajement – > halaman  Restore Default -> , kemudian periksa  Restore Default Settings dan tunggu  Router reboot sampai selesai .

Untuk ADSL modem router ( seri TC )

Silakan pergi ke Maintenance – > halaman  SysRestart  , kemudian periksa Factory Default Settings, klik pada tombol restart dan tunggu Router reboot untuk kembali kepengaturan default pabrik .

Untuk Setting Ulang Modem Speedy

Setelah Modem speedy anda sudah direset ke pengaturan awal, anda kemudian bisa browser ke google chrome atau Mozilla,

kemudian ketik alamat : 192.168.1.1




Anda akan diarahkan ke jendela yang akan membutuhkan password dan username. Username yang dipakai biasanya admin dan passnya juga admin

Kemudian pilihlah quick start  pada bagian awal, dan klik  run wizard.

speedy

Pada bagian Time zone, pilih zona waktu yang sesuai dengan wilayah anda, dan klik next untuk mode selanjutnya,

speedy

Pada bagian ISP – Conection Type, Pilih  PPPoE/PPPoA dan klik next

speedy

Pada bagian PPPoE di jendela berikutnya, anda harus memasukan nomor speedy anda dengan tambahan @telkom.net, contoh :11221122332@telkom.net, kemudian masukan password yang diberikan sejak awal oleh Telkom speedy, jika anda telah mengubah paswordnya, masukan password yang sudah diubah.Kemudian pada bagian VPI dan VCI biasanya harus sesuai dengan wilayah speedy anda, misal anda berada di daerah Bandung, berarti kode VPI adalah 8 dan VCI  81, jika anda bingung, anda bisa browsing mengenai hal ini.

speedy

Pada jendela berikutnya, anda diharuskan menyeting wifi, mulai dari acces point, apakah anda ingin mengaktifkan wifi atau tidak, kemudian SSID berarti Nama acces point Wifi yang anda inginkan, Broadcast SSID (Service Set Identifier) nama jaringan nirkabel yang disiarkan oleh router Linksys . Ketika perangkat nirkabel mencari daerah untuk jaringan nirkabel akan mendeteksi SSID  dengan router.

SSID Broadcast diaktifkan secara default namun; Anda juga dapat memilih untuk menonaktifkannya . Authentication type merupakan jenis keamanan yang anda inginkan. Dan yang paling bawah merupakan pre-shared key, yaitu password wifi anda agar supaya setiap orang tidak bebas memakai wifi dari modem anda. kemudian klik next,




Jika anda berhasil, modem akan langsung bisa menjalan koneksi internet. Periksa semua lampu indikator di modem, apakah nyala semua atau tidak. Selamat Mencoba

Baca Juga :

Loading…

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat