- Berita Terbaru, Hardware, Laptop, Prosesor

AMD Ryzen 5 2500U : Spesifikasi, Kinerja & Performa Grafis

Jadi, akhirnya kita bisa melihat bagaimana performa prosesor AMD Ryzen Mobile beraksi. Salah satu alasan utamanya adalah HP telah secara resmi merilis produk seri Envy x360 terbaru kepasaran, dengan kekuatan AMD Ryzen 5 2500U sebagai salah satu pilihan terbaiknya. Ada banyak hal yang ingin diketahui pengguna, dan ada banyak juga harapan bagi mereka yang berencana untuk merasakan bagaimana kekuatan Ryzen pada jajaran laptop sesungguhnya. Mari kita ungkap sekilas mengenai apa yang kami dapatkan dari AMD Ryzen 5 2500U.

AMD kini memiliki kekuatan sepenuhnya untuk semua lini, ketika sebelumnya mereka mampu membuktikan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk prosesor desktop, kini mereka bisa juga menjadi salah satu yang ideal dan bisa menjadi yang terbaik sebagai pilihan prosesor, khususnya untuk laptop dengan kehadiran AMD Ryzen Mobile. Dan inilah mungkin yang menjadi salah satu alasan dari sisi Intel mengapa mereka merilis pilihan prosesor seri U generasi ke-8 terbaru dengan barisan arsitektur Kaby Lake Refresh sebagai pilihan utama mereka untuk performa yang lebih baik. Berbicara tentang performa, ada banyak cerita pada pilihan prosesor AMD Ryzen, khususnya yang hadir untuk notebook. Salah satu yang akan kami ulas dibawah ini adalah pilihan seri Ryzen 5 2500U yang memiliki banyak potensi.

Baca juga : Penjelasan Kartu Grafis AMD Radeon R-Series untuk Laptop

AMD Ryzen 5 2500U : Spesifikasi

Mari kita mulai dari spesifikasi, karena disinilah letak kekuatan utama prosesor yang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk notebook tahun ini. Ketika dulu kita jarang melihat pilihan prosesor mid-end dari AMD yang cukup layak untuk mendampingi notebook tipis yang bisa diandalkan untuk semua kebutuhan anda, maka hari ini jauh berbeda dengan kemarin. Dengan hadirnya AMD Ryzen Mobile, ia bisa memberikan pilihan yang bukan saja layak untuk kinerja maksimum, namun juga memiliki sesuatu yang tidak bisa dimiliki oleh Intel, termasuk juga untuk pilihan yang terbaru, yakni kekuatan iGPU yang handal.

AMD Ryzen 5 2500U merupakan prosesor quad core yang memiliki 4 inti dan 8 thread, dengan tingkat clockspeed dasar sebesar 2.0 Ghz. Meskipun terhitung standar, namun ia memiliki kemampuan turbo core hingga maksimum 3.6 Ghz untuk performa yang jauh lebih baik. Pilihan level cache juga jauh lebih besar, dengan tingkat L2 cache sebesar 2MB dan L3 sebesar 4MB. Prosesor ini diproduksi berdasarkan teknologi 14nm dengan arstitektur Raven Ridge, sehingga pilihan konsumsi daya jauh lebih efektif dan efisien. Hasilnya, ia memiliki tingkat TDP sebesar 15W dan itu terhitung jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan seri sebelumnya dari APUs. Selain itu, Prosesor ini mendukung dual channel memori hingga DDR4 2400Mhz.

Spesifikasi AMD Ryzen 5 2500U
CPU Cores4
Threads8
Base Clock Speed2GHz
Max Turbo Core Speed3.6GHz
Total L2 Cache2MB
Total L3 Cache4MB
CMOS14nm
Default TDP / TDP15W
System Memory Max System Memory Speed2400MHz
System Memory TypeDDR4
Memory Channels2
Graphics Specifications Graphics Frequency1100 MHz
Graphics ModelRadeon™ Vega⁸ Processor Graphics
Graphics Core Count8

Kinerja

Mengacu pada apa yang kami dapatkan dari situs notebookcheck yang terkenal handal dalam mengulas pilihan laptop terbaik hingga hari ini, maka kami bisa melihat bagaimana performa dari AMD Ryzen 5 2500U, khususnya apa yang dihadirkan oleh notebook HP Envy x360 terbaru. Dan melihat dari hasil tersebut, tampaknya Intel mungkin harus sedikti khawatir mengenai apa yang bisa ditawarkan oleh barisan prosesor AMD Ryzen, meskipun mereka juga mampu memberikan sesuatu yang terbaik untuk kinerja. Dibawah ini adalah kinerja secara umum dari alat benchmark  Cinebench R15 yang menghitung seberapa cepat sebuah prosesor, baik untuk kinerja single thread maupun multi-thread. Ini bisa mewakili seberapa baik sebuah prosesor AMD Ryzen 5 2500U jika dibandingkan dengan pilihan prosesor lainnya, termasuk juga dari seri prosesor Intel gen-8 terbaru.

AMD Ryzen 5 2500U

Hasilnya, Ryzen 5 2500U mampu membuktikan diri sebagai salah satu prosesor yang bisa diandalkan dengan bar panjang menyaingi pilihan antara prosesor Intel Core i5-8250U dan Core i7-8550U dengan tingkat perbedaan yang tidak jauh. Hebatnya, pilihan prosesor ini juga memiliki kinerja jauh diatas dari seri prosesor Intel generasi sebelumnya, seperti core i5 7200U bahkan dengan prosesor Intel Core i7 7500U. Salah satu alasan utamanya adalah kehadiran kekuatan quad core yang jauh lebih efektif, sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih meyakinkan.

Grafis

Salah satu keunggulan lain yang ditawarkan oleh AMD Ryzen 5 2500U adalah kehadiran integrated grafis yang hadir bersama prosesor ini, yakni AMD RX Vega 8. Pilihan grafis kali ini yang dihadirkan produsen jauh lebih ideal untuk kekuatan gaming yang cukup serius, bahkan memiliki performa yang hampir sama dengan dedicated grafis dari Nvidia 150MX terbaru.

AMD Radeon RX Vega 8 ini didasarkan pada arsitektur Vega (GCN generasi ke-5) dan memiliki 8 CU (= 512 atau 640 shader) yang memiliki tingkat clockspeed hingga 1100 MHz (Ryzen 5 2500U). Kinerja yang dihadirkan sebenarnya tergantung pada TDP yang dikonfigurasi (9-25 W saat diluncurkan), clockspeed, pendinginan, dan konfigurasi memori). GPU ini bisa mendapatkan keuntungan dari dukungan DDR4-2400 RAM dual-channel cepat. Selain itu, Arsitektur Vega menawarkan beberapa perbaikan pada generasi Polaris dan sekarang mendukung DirectX 12 Feature Level 12_1.

Kinerja Grafis

GPU ini dapat menangani gameplay yang halus dalam judul sederhana seperti League Of Legends, Dota 2, Overwatch, CS : GO  dan Quake Champions (tinggi) di 720p sampai 1080p menurut AMD. Dan berkat proses 14nm dan fitur hemat daya, konsumsi daya relatif rendah, sehingga kartu grafis juga bisa digunakan untuk notebook ramping dan ringan. Dibawah ini adalah hasil kinerja grafis dari notebook HP envy x360 terbaru yang didasarkan AMD Ryzen 5 2500 yang memiliki grafis AMD RX Vega 8.

Apa yang cukup mengesankan adalah, ia memiliki nilai yang cukup baik, bahkan bisa setara dengan dedicated yang jauh lebih ideal untuk performa gaming, seperti Nvidia 150MX dan sedikit melebihi performa 940MX. Dan ia memiliki performa yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan apa yang bisa dibuat oleh Intel UHD graphic terbaru bawaan prosesor Intel 8th Gen.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang bisa kita simpulkan hari ini, hanya saja pilihan terbaik biasanya juga dilihat dari segi harga. Ketika prosesor AMD Ryzen mobile mampu memberikan performa yang bisa menyaingi pilihan prosesor terbaik dari Intel, khususnya untuk seri laptop tipis dan ultrabook, maka Ryzen 5 2500U bisa menjadi pilihan yang ideal hari ini. Dan nyatanya bukan hanya performa saja yang siap hadir untuk menemani anda, karena dengan hadirnya pilihan prosesor ini, maka produsen juga bisa memberikan harga yang jauh lebih baik lagi. Contohnya, Asus X505ZA bisa menjadi pilihan terbaik kamu, karena dengan harga sekitar 8 jutaan, kamu sudah bisa memiliki tenaga komputasi hebat melalui Ryzen 5 2500U ini. Kamu bisa melihat spesifikasi lebih detailnya disini

Jadi, ketika anda sedang mencari sebuah  notebook yang layak bukan saja dari nilai desain, namun juga performa yang meyakinkan, maka pilihan notebook dengan kehadiran AMD Ryzen 5 2500U didalamnya layak untuk anda pertimbangkan. Karena selain memiliki kinerja yang handal, ia juga bisa menghadirkan kekuatan yang jauh lebih baik lagi untuk performa grafis. Apalagi, pilihan laptop dengan kekuatan AMD biasanya memiliki keuntungan lain dari sisi harga yang jauh lebih terjangkau.

sumber referensi : www.notebookcheck.net

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat