Unknown User Berhasil Gunakan CPU Coffee Lake Pada Mobo Z170

Ketika pilihan prosesor terbaru dari Intel generasi ke-8 Coffee Lake hanya terbatas untuk motherboard seri 300, tampaknya itu mungkin saja tidak berlaku. Karena baru-baru ini, ada seorang pengguna yang tidak diketahui namanya berhasil memakai mobo MSI lamanya dengan pilihan chipset Z170A Xpower Titanium, berhasil dipasangkan pada prosesor Intel Core i3-8350K gen 8th. Dengan sedikit modifikasi pada Bios, ia berhasil booting dengan lancar dan mengenali pilihan prosesor tersebut sebagai bagian dari CPU Coffee Lake.

Modifikasi BIOS itu berhasil menghentikan pembatasan Intel yang ditempatkan pada mitra perangkat untuk bisa mengenal pilihan prosesor terbaru ini. Hal tersebut mungkin saja sebuah titik terang bagi mereka yang selama ini frustrasi, khususnya mereka yang ingin  memakai CPU Coffee Lake tanpa harus menggunakan pilihan mobo baru. Apalagi kenyataannya pilihan prosesor ini masih menggunakan soket LGA 1151 yang sama seperti chip Kaby Lake. Hanya saja, Intel memperingatkan bahwa  perubahan yang dilakukan pada pengiriman daya masih tetap memerlukan motherboard chipset Z370 terbaru.

Coffee Lake
Sumber : cdn.overclock.net

Bahkan, beberapa minggu yang lalu, manajer produk ASUS ROG Andrew Wu mengatakan bahwa chipset Intel Z270 sebenarnya kompatibel dengan Coffee Lake, meskipun pengiriman daya memang sedikit berbeda. Tapi, tampaknya ASUS ,mengisyaratkan bahwa pilihan mobo seri Z270 mereka mungkin bisa  mendukung prosesor Generasi ke 8 dengan update BIOS terbaru. Jadi intinya, Wu mengisyaratkan sebenarnya lebih kearah kurangnya dukungan untuk pembatasan untuk hal tersebut, sehingga semua hal ini seolah tidak mungkin.

Sedangkan untuk pengguna di Baidu, BIOS moddednya ini memungkinkannya semuanya berjalan lancar, dimana proses boot ke Windows dengan menggunakan prosesor Coffee Lake dihadirkan tanpa banyak kendala. Apalagi pilihan mobo yang hadir terhitung cukup lama, dimana CPU hadir dengan pilihan motherboard Z170 XPower Titanium. Ini merupakan model akhir yang lebih tinggi dengan komponen premium. Namun, GPU terintegrasi pada Core i3-8350K tampaknya tidak berfungsi, dan slot PCI Express utama juga tidak bekerja. Kedua masalah tersebutlah yang bisa menjadi indikasi adanya masalah dalam urusan pengiriman daya, seperti yang diklaim Intel, atau hanya hasil dari BIOS yang diretas yang membutuhkan sedikit sentuhan.

Sumber : cdn.overclock.net

 Baca Juga :




Comments