ASUS ZenBook 3 Deluxe : Ultrabook Tertipis Dengan Performa Luar Biasa

ASUS ZenBook 3 Deluxe : Ultrabook Tertipis Dengan Performa Luar Biasa

Banyak laptop memiliki keunggulan tersendiri, baik itu dalam hal performa, desain maupun fitur lainnya seperti kelengkapan konektivitas, layar, dan sebagainya. Tapi ketika kita menginginkan semua hal tersebut dalam satu paket, maka pilihan laptop ini bisa jatuh pada ASUS ZenBook 3 Deluxe terbaru yang hadir dengan segala bentuk kesempurnaan tersendiri didalamnya. Dan baru-baru ini ASUS telah mengumumkan bahwa ZenBook terbaru tersebut sudah hadir dan siap bersaing dengan kompetitor lainnya. Penasaran apa saja yang bisa ditawarkan oleh ultrabook tipis tersebut? mari kita gali lebih dalam dibawah ini.

ASUS ZenBook 3 Deluxe akhirnya dirilis secara resmi di negara tercinta kita pada tanggal 15 agustus kemarin dengan seri terbaru ZenBook UX490. Setelah sebelumnya laptop ini banyak menuai pujian pada event Computex 2017 lalu karena desainnya yang sangat elegan, menawan serta dimensinya yang lebih ramping dibandingkan dengan seri sebelumnya, atau bahkan dengan kompetitor lainnya.

Jajaran notebook seri ZenBook memang terkenal dengan desain yang sangat ramping, tipis namun memiliki performa yang sangat baik untuk memenuhi segala pekerjaan yang biasa kita dihadirkan baik untuk urusan kantor maupun hal lainnya. Keunggulan portabilitas yang sebelumnya menjadi sisi keistimewaannya kini semakin lebih baik, apalagi ZenBook seri terbaru ini sekarang hadir dengan spesifikasi terhebatnya yang siap menjajal segala kinerja komputasi yang anda hadirkan.

ASUS ZenBook 3 Deluxe : Desain

ASUS ZenBook 3 Deluxe hadir dengan tubuh yang sangat ramping pada ultrabook berbasis Windows 10 ini, selain itu juga ia hadir dengan kekuatan prosesor Intel Core generasi ke-7 7500U. Dan untuk mendapatkan performa pendinginan yang lebih baik lagi, kali ini ASUS ZenBook 3 Deluxe mengadopsi teknologi cooling system yang inovatif. Teknologi pendinginan yang dimaksud adalah pendinginan berbasis liquid crystal polimer yang dilengkapi dengan kipas (fan). Hebatnya, ketebalan sirip-sirip kipas tersebut hanya 0,3 milimeter saja.

ZenBook 3 Deluxe ini dibuat dari bahan premium dengan menggunakan campuran metal. Sehingga, bahannya memiliki ketahanan hingga 50% lebih kuat dari pada campuran material biasa, disisi lain juga  inilah yang menjadikan alasan mengapa ZenBook 3 Deluxe memiliki tingkat ketipisan hingga  1.1 cm dan memiliki berat  hanya 0.9 Kg saja.  Anda tentu tidak merasa membawa sebuah laptop dalam tas anda dengan beban seringan itu.

Fitur premium semakin lengkap ketika ASUS ZenBook 3 Deluxe juga didukung dengan Corning Gorilla Glass 5 dengan tingkat ketebalan  0.55mm. Sebagaimana kita tahu bahwa ini merupakan lapisan kaca terkuat saat ini sehingga ZenBook 3 Deluxe bisa memiliki tingkat resistansi kerusakan yang tinggi karena kekuatannya.  Ada dua warna yang siap memberikan anda pilihan terbaik, yakni Royal Blue dan Quartz Grey. Semua warna ini merupakan hasil finishing satu blok logam yang diukir dan kemudian melewati 40 tahapan proses untuk membuat spun-metal finish khas ZenBook yang berkilau.

Berat dan Dimensi :

  • Tinggi: 1,29 cm (0,51 inci)
  • Lebar: 32,9 cm (12,95 inci)
  • Kedalaman: 21,0 cm (8,27 inci)
  • Berat: 1,1 kg (2,42 pon)

ASUS ZenBook 3 Deluxe : Spesifikasi

Main Spec.ZenBook UX490UA
CPUIntel® Core™ i7 7500U (2.7GHz with Turbo Boost up to 3.5GHz, 4MB cache)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory16GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Storage512GB PCIe *4 M.2 SSD
Display14” LED-backlit Full HD (1920 by 1080),
60Hz refresh rate, wide 100% sRGB color gamut,
178° wide-view technology, Corning® Gorilla® Glass 5 cover,
1000:1 TV-grade contrast ratio,
ASUS Eye Care technology for up to 30% blue-light reduction,
7.46mm-thin bezel with 84% screen-to-body ratio
GraphicsIntel® HD Graphics 620
Input/Output1x combo audio jack, 1x USB 3.1 Type-C port,
Fingerprint Reader, Backlit keyboard with 1.2mm
Keyboard Travel Distance, Glass Touchpad
CameraVGA Web Camera
ConnectivityIntegrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioQuad-speaker ASUS SonicMaster,
Harman Kardon-certified, Smart amplifier,
Array microphone with Cortana voice-recognition support,
3.5mm headphone jack
BatteryUp to 9 hours battery life,
46Wh 4-cell lithium-polymer battery,
Fast-charging technology: 60% in 49 mins,
65W USB-C™ power adapter
Dimension 329 x 210 x 12.9 mm
with Aerospace-grade aluminum alloy 6013
Weight1,1Kg with Battery
ColorsRoyal Blue, Quartz Grey
AccessoriesFREE Sleeve Bag & Dongle (type C to type A/type C/HDMI) senilai Rp 1.500.000
Warranty2 tahun garansi global senilai Rp1.250.000
HargaRp 25.299.000

ASUS ZenBook 3 Deluxe semakin lengkap dengan spesifikasi yang dihadirkan untuk menyempurnakan desain yang dimilikinya. Salah satu yang sangat baik pada laptop ini adalah kehadiran prosesor Intel Core i7 7500U generasi ke-7 Kaby Lake terbaru dengan pilihan memori  16GB LPDDR3 2133Mhz untuk memompa kinerja laptop ini.

Intel Core i7-7500U merupakan prosesor dual-core dengan arsitektur Kaby Lake. Procie ini menawarkan dua core CPU yang memiliki clockspeed 2,7 – 3,5 GHz dan mengintegrasikan HyperThreading untuk bekerja dengan maksimal 4 thread sekaligus.  SoC juga mencakup pengontrol memori DDR4 dual channel dan grafis Intel HD Graphics 620 (clock pada 300 – 1050 MHz). Prosesor ini diproduksi dalam proses 14nm FinFET yang ditingkatkan (14nm +) di Intel. Sehingga, jika dibandingkan dengan Skylake Core i7-6500U (2.5 – 3.1 GHz) yang lama, kecepatan clock i7-7500U memiliki 400 MHz lebih tinggi. Hasilnya, kinerja yang dimiliki prosesor ini tentu lebih menjanjikan dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Sedangkan untuk urusan grafis, hadirnya Integrated Intel® HD Graphics 620 pada dasarnya cukup baik untuk keperluan grafis standar hari ini. Bahkan anda sebenarnya bisa memainkan beberapa permainan yang cukup menuntut pada pengaturan terendah. Namun, laptop ini pada dasarnya memang bukan ditujukan untuk kaum gamer, tetapi lebih untuk mereka yang membutuhkan sesuatu lainnya daripada sekedar gaming.

Penyimpanan

Untuk melengkapi kebutuhan penyimpanan file yang lebih baik, hadirnya M.2 SSD 512GB PCIe 3.0 x4 yang lebih cepat dari SATA SSD biasa akan memberikan pilihan terbaik untuk pergi. Sebagaimana kita tahu bahwa M.2 sebelumnya dikenal sebagai Next Generation Form Factor (NGFF). Ini menggantikan standar mSATA, yang menggunakan tata letak dan konektor kartu fisik PCI Express Mini Card.  Spesifikasi fisik M2 lebih fleksibel sehingga memungkinkan lebar dan panjang modul yang berbeda.




Display

ASUS ZenBook 3 Deluxe ini memiliki layar dengan ukuran14″ dengan maksimal resolusi Full HD (1920×1080). Pada dasarnya ukuran layar sebenarnya hanya 13″ saja, namun berkat kehadiran bezel yang lebih tipis dengan ketebalan 7.46mm, sehingga ini memungkinkan area layar tampak lebih besar dengan 77% rasio layar ke bodi. Selain itu, hadir pula teknologi sudut-pandang yang luas memastikan warna tanpa distorsi dan kontras yang baik saat menonton dengan kemiringan sampai 178 derajat, untuk kemudahan saat berkolaborasi maupun saat berbagi layar.

Layar ini mampu memproduksi warna realistis dan detail yang cukup tajam. itu semua karena kekuatan dari teknologi layar ASUS yang ekslusif, dengan mengoptimalkan komponen hardware dan software yang dikombinasikan untuk memberikan tampilan visual terbaik. Jangkauan warna bahkan bisa mencapai 100% sRGB yang lebar dan rasio kontras 1000:1 akan memastikan warna lebih hidup dan lebih nyata. Selain itu kehadiran teknologi ASUS Splendid bisa memastikan penyesuaian parameter layar yang lebih baik untuk memastikan akurasi warna yang luar biasa dan tentu bisa memberikan optimalisasi untuk segala jenis gambar secara optimal.

Konektivitas & Port

ASUS ZenBook 3 Deluxe juga hadir dengan pilihan konektivitas yang sangat lengkap untuk mendukung pekerjaan anda. Salah satu yang sangat baik tentu saja kehadiran dua port USB-C, dimana ia juga mendukung teknologi Thunderbolt™ 3 terbaru untuk koneksi super cepat tanpa hambatan. Jika anda belum tahu, Thunderbolt 3 ini mampu mendukung transfer data hingga 40Gbps, yang memiliki kapasitas 8 kali lebih cepat dari USB 3.0. Selain itu, USB-C. Thunderbolt 3 juga memungkinkan transfer daya, plus ia juga menyediakan pilihan peningkatan grafis untuk meningkatkan produktifitas, dengan dukungan layar eksternal ganda 4K UHD. Hasilnya, anda bisa memiliki segalanya dalam satu jenis konektivitas yang sangat baik hingga masa depan menanti.

Untuk konektivitas yang lebih luas, ASUS juga menyediakan dongle konektor yang terdiri dari(USB3.1 to USB3.0) ditambah dengan dongle(USB3.1 to HDMI). Dengan dongle ini, pengguna akan mendapatkan tambahan port USB 3.1 Type-C, HDMI, dan USB 3.0.

Keyboard , Touchpad & Webcam

Untuk urusan Keyboard, ASUS ZenBook 3 Deluxe juga memiliki fitur yang sangat baik dalam hal ini.  ZenBook 3 Deluxe memiliki keyboard backlit berukuran penuh dengan jarak tombol 1.2mm yang fleksibel, anda bisa mengetik jauh lebih nyaman dan lebih akurat. Sebagaimana kita tahu bahwa keyboard backlit merupakan keyboard dengan tombol yang menyala agar memudahkan kita untuk melihat walaupun kondisi ruangan redup atau benar-benar gelap.

Disisi lain, ZenBook 3 Deluxe juga memiliki touchpad dengan tingkat presisi akurasi maksimal. Touchpad ini hadir dengan lapisan kaca yang memungkinkan kontrol yang lembut dan didukung teknologi palm-rejection (penolak telapak tangan), dukungan gesture multi-sentuh dan tulisan tangan.

Hanya saja, anda mungkin membutuhkan kamera pihak ketiga untuk urusan webcam, karena untuk proses streaming dan hal-hal lainnya yang membutuhkan kualitas, webcam bawaan laptop ini terhitung masih jauh dibawah standar. Mungkin hanya untuk memenuhi kegiatan sederhana saja didalamnya.

Daya tahan Baterai

Seri ZenBook pada dasarnya memiliki ketahanan baterai yang luar biasa, dan kini ZenBook 3 Deluxe memiliki ketahanan baterai jauh lebih baik dari sebelumnya. Berkat kehadiran baterai lithium polymer dengan kapasitas 46Wh, laptop ini bisa bertahan hingga 9 jam lebih dalam sekali isi.  Ini sangat layak untuk menemani perjalanan jauh anda tanpa harus khawatir dengan ketahanan baterai, apalagi ia juga hadir dengan teknologi pengisian daya yang cepat, dimana laptop ini memungkinkan pengisian hingga 60% dari kapasitas baterai hanya dalam waktu 49 menit saja.

Audio

Laptop standar mungkin hadir dengan kualitas audio yang terkesan biasa saja, namun berbeda dengan apa yang dihadirkan pada ZenBook 3 Deluxe ini. Untuk menyempurnakan segalanya pada ultrabook tersebut, hadirlah pilihan audio Quad-speaker ASUS SonicMaster Premium stereo audio lengkap dengan surround-sound effects. Pilihan perangkat cerdas ini akan menghasilkan performa audio maksimal dan tentu saja lebih baik, apalagi Mikrofon Array juga hadir dengan dukungan pengenalan suara Cortana.

Kesimpulan

ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490 ini pada dasarnya akan memberikan pengguna segala kemudahan yang dimilikinya dalam sebuah ultrabook yang sangat ramping dan elegan. Anda bahkan tidak akan menyadari bahwa segala pekerjaan yang anda hadirkan hari ini bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sebelumnya dengan performa UX490 ini. Pilihan yang mewah dan sangat baik dari segala fitur yang dihadirkan tentu saja tidak hadir dengan murah. Laptop premium seharga 25 jutaan ini mungkin cukup mahal, tapi dengan segala portabilitas yang dihadirkan pada laptop tersebut, apalagi hadir dalam desain dan bentuk yang lebih ramping memberikan keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Sederhananya, ASUS ZenBook 3 Deluxe akan mememberikan semua keleluasaan anda untuk mengubah pekerjaan anda menjadi sesuatu yang jauh lebih baik, mobilitas yang lebih fleksibel, dan tentu saja kinerja yang luar biasa. Ada beberapa kekurangan yang hadir, seperti kehadiran VGA Webcam, namun itu tidak menutupi segala kesempurnaan pada ASUS ZenBook 3 Deluxe. Ia bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk anda pertimbangkan ketika sedang mencari ultrabook dengan fitur yang sangat lengkap.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com