Begini Cara Install Windows 10 S Pada Komputer Atau Laptop

Jika anda penasaran dengan semua berita mengenai Windows 10 S, kenapa tidak mencobanya langsung lewat PC desktop anda atau bahkan laptop. Ya,  jika anda memiliki versi tertentu pada Windows 10, anda dapat menginstal Windows terbaru ini diatasnya. Dan jika anda tidak puas, anda bisa mengembalikan instalasi Windows 10 sebelumnya kapan saja.

Berita tentang Windows 10 S pada dasarnya sudah ada untuk sementara waktu saat ini. Dan anda bisa mengharapkan sistem operasi tersebut akan hadir pada laptop terbaru dari Microsoft, Surface dalam waktu dekat ini. Windows 10 S merupakan sistem operasi terbaru yang dirancang dengan fokus pada keamanan dan kinerja Windows Store Apps. Anda tidak bisa menjalankan aplikasi non-store dan program lainnya pada sistem operasi ini. Nah, jika anda ingin mencoba sistem operasi terbaru dari Microsoft ini, mari kita lihat bagaimana caranya yang akan kami tunjukan dibawah ini.

Cara mendapatkan Windows 10 S

Ada beberapa hal yang mungkin perlu anda ketahui sebelum menginstal OS baru tersebut, yakni:

  • Pertama , anda dapat mengunduh dan menginstalnya pada instalasi edisi khusus Windows 10 Pro, Windows 10 Education, dan Windows 10 Enterprise. Jika anda memakai Windows 10 Home, maka anda belum dapat dapat menginstal Windows 10 S di atasnya.
  • Kedua, Anda tidak dapat menjalankan aplikasi non-store pihak ketiga lainnya dan driver juga khusus pada sistem operasi yang terbaru.

Sehingga, ketika anda akan mencobanya, perlu diketahui bahwa anda mungkin akan kehilangan beberapa fungsionalitas software yang biasa anda pakai. Maka dari itu, sebaiknya membuat data cadangan aplikasi dan file lainnya karena hanya beberapa file pribadi yang akan disimpan selama penginstalan. Sisa file dan aplikasi akan dihapus.

Jadi jika anda memang menginginkannya, ingatlah bahwa penggunaan Windows 10 S sebenarnya untuk tujuan pendidikan dan pengujian saja. Nah, ketika anda sudah yakin, sekarang sebelum anda melanjutkan, pastikan untuk memiliki Creators Update v1703 di perangkat anda. Setelah Anda siap dengannya, anda bisa menginstal Windows 10 S dengan mengunduh Installer dari Microsoft.

Installer itu sendiri sudah jelas dan cukup sederhana, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan. Installer akan secara otomatis memeriksa komputer anda, meudian ia akan mengunduh file yang dibutuhkan dari internet. Setelah terinstal, anda dapat benar-benar menggunakan dan memanfaatkan fitur dari semua Windows 10 S terbaru ini. Jika anda sedikit bingung dalam penggunakan aplikasi Office, untuk mulai menggunakannya anda perlu menggunakan aplikasi Setup School PCs untuk menginstal Office 365. Tetapi anda memerlukan lisensi yang valid untuk menggunakan aplikasi Office.

Bagaimana untuk pergi kembali ke Windows sebelumnya ?

Jika anda ingin beralih kembali ke OS asli, langkah-langkahnya mudah diikuti dan cukup sederhana. Anda dapat beralih kembali ke Windows 10 Pro atau Education dalam waktu yang cukup singkat. Anda dapat menggunakan opsi Windows Recovery dari Settings untuk kembali ke edisi Pro atau Enterprise. Ingat bahwa opsi ini hanya akan tersedia selama 10 hari setelah Anda menginstal Windows 10 S. Setelah itu anda mungkin perlu menggunakan opsi lain untuk kembali ke edisi Windows 10 Pro atau Education sebelumnya. Selain itu, disarankan untuk membuat drive pemulihan atau recovery sistem secara lengkap jika terjadi kesalahan dan anda pasti tidak ingin komputer terpengaruh karena hal tersebut.




Perlu diingat juga bahwa anda harus tahu ini bukan rilis lengkap dan anda mungkin menghadapi beberapa masalah didalamnya. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan ini hanya untuk tujuan pengujian. Anda dapat mencobanya untuk memeriksa kompatibilitas saat ini dengan perangkat keras perangkat Anda. Dan jangan lupa untuk menyimpan metode pemulihan alias recovery jika terjadi kesalahan.

Nah, jika anda memang menginginkan dan ingin mengetahuinya, anda bisa mendownload Windows 10 S di sini dari Microsoft. Anda bisa melihat  dan membaca panduannya juga secara lengkap tentang proses instalasi Windows 10 S.

 Baca Juga :

Loading…

Comments

Related Posts