Segala Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Windows 10 S

Segala Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Windows 10 S

Ada yang baru dari Windows awal bulan kemarin, dimana hadirnya Windows 10S merupakan salah satu produk Microsoft untuk bisa bersaing langsung dengan Google Chrome OS yang semakin hari semakin populer pada sektor anggaran, bisnis dan pendidikan. Tapi tahukah anda bahwa sistem operasi ini terdengar sangat mirip dengan Windows 10, namun sebenarnya mereka merupakan dua sistem operasi yang sangat berbeda. Windows 10S merupakan sistem operasi terbaru Microsoft, namun cenderung ini justru membingungkan banyak pengguna




Mari kita lihat beberapa perbedaan diantara keduanya dibawah ini

Kinerja

Hingga saat ini, Microsoft belum mengungkapkan secara resmi apa yang dimaksud dengan singkatan S singkatan pada Windows 10 S,  tapi banyak orang mengira-ngira bahwa ini merupakan bentuk kepanjangan dari ‘Speed’ dimana sistem operasi ini mampu boot-up dari awal hingga masuk ke Windows hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari 15 detik.

Windows 10 S

Siste operasi ini pada dasarnya dibangun di atas inti yang sama dengan Windows 10 namun lebih ringan, tentunya juga OS ini bisa berjalan pada konfigurasi perangkat keras yang lebih kecil yang memungkinkan pembelian perangkat bisa menjadi lebih  murah, namun juga ia bisa dihadirkan pula pada perangkat keras lama. Apalagi, Windows 10 S juga dapat diinstal melalui USB dengan opsi yang telah dikonfigurasikan sebelumnya. Dan ini bisa menghemat waktu yang besar.

Daya tahan baterai

Microsoft menjanjikan bahwa Windows 10 S akan memberikan daya tahan baterai yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows 10. Bahkan Microsoft mengklaim perangkat pertama yang memakai Windows 10 S, ‘Surface Laptop’ akan bertahan hingga 14,5 jam dengan sekali pengisian tunggal.

Windows 10 S
Surface Laptop

Tentunya, ini merupakan keuntungan tersendiri bagi mereka yang menginginkan sistem operasi Windows dengan pemakaian waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan Mac OS atau Chrome OS, yang juga sama-sama terkenal bisa memberikan masa pakai baterai yang sangat lama. Windows 10 S hanya perlu membuktikan bahwa hal itu dapat dilakukan secara signifikan dan bisa lebih baik jika dibandingkan dengan saudaranya yang lebih besar.




Kompatibilitas yang Luas Dan kaya Akan Fitur

Singkatnya, pengguna yang memiliki Windows 10, maka ia juga bisa menjalankan Windows 10S. Microsoft mengklaim Windows 10 S akan bekerja dengan kebanyakan periferal pihak ketiga karena sistem operasi ini memiliki akses ke database driver Windows 10.

Yang menarik, Microsoft juga telah membangun Windows 10 S dari inti Windows 10 Pro, bukan Windows 10 Home. Sebagaimana kita tahu bahwa Windows 10 Pro memliki banyak fitur jika dibandingkan dengan versi Home. Anda akan mendapatkan fitur Pro seperti Azure Active Directory (AD), Mobile Device Management (MDM), edisi bisnis Windows Update dan Windows Store. Selain itu, tambahan perangkat lunak seperti BitLocker dan Perusahaan roaming akan menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang menjalankan bisnis pada sistem operasi ini.

Biaya yang lebih rendah

Microsoft benar-benar ingin pengguna untuk bisa mencoba langsung Windows 10 S sehingga mereka menawarkan kepada siapa pun yang tidak puas dengan proses upgrade gratis ke Windows 10 Pro sebelum akhir 2017.

Apalagi, semua sekolah yang saat ini menjalankan Windows 10 Pro bisa mendapatkan Windows 10 S secara gratis dan juga akan mencakup Office 365 Education with Microsoft Teams.

Apakah ada Sisi Minusnya pada Windows 10 S ?

Windows 10 S terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tapi sayangnya sistem operasi ini juga juga mengandung batasan utama yang akan menjadi sisi minus untuk proporsi pengguna yang signifikan .

Keterbatasan Program pihak ketiga

Windows 10 S tidak akan bisa menjalankan perangkat lunak yang harus anda instal dari desktop. Ini berarti tidak ada Chrome, tidak ada Firefox, tidak ada iTunes, dan sebagainya. Sebaliknya semua perangkat lunak Windows 10 S berasal dari Windows Store. Microsoft tampaknya ingin menunjukkan atau mengarahkan untuk membeli segala sesuatu dari Windows Store. Akankah orang-orang seperti Google dan Apple mengemas ulang perangkat lunak mereka sehingga bisa dipasang di Windows 10 S via Windows Store?

Sampai saat itu, anda harus puas menjelajah web dengan menggunakan Microsoft Edge dan bahkan jika Chrome atau Firefox tersedia, saat ini tidak ada cara untuk mengalihkan Edge dari browser secara default.

Ada Bing di mana-mana

Microsoft telah mengumumkan bahwa pengguna tidak akan dapat menggunakan mesin pencari lainnya selain dari Bing dalam Windows 10 S (selain browsing ke Google.com). Microsoft mengatakan di mana Bing tidak tersedia, varian regional akan ditawarkan, namun itu tidak akan mencakup Google atau saingan pencarian utama lainnya.

Kesimpulan

Kelebihan yang ditawarkan Windows 10 S merupakan sesuatu yang sangat baik, tapi keterbatasan (yang seolah memaksa) pada sistem operasi ini juga cukup menjengkelkan. Windows 10 dibatasi pada Windows Store, dan penting untuk dicatat bahwa Windows RT sebelumnya gagal bukan karena itu buruk, tapi karena sudah mendahului waktunya.

Tapi ini kembali lagi pada pilihan anda kedepannya. Karena hadirnya Chrome OS juga memiliki visi tunggal: platform berbasis browser Chrome dengan dukungan untuk aplikasi Android. Maka, Windows 10 S bisa menjadi alternatif yang bersih dan sederhana untuk Windows yang sangat cepat, tahan lama, aman dan murah. Namun disatu sisi Windows 10 S juga sebenarnya bisa lebih membingungkan.




Tapi, Windows 10 S bisa memberikan kinerja dunia nyata yang luar biasa dan masa pakai baterai lebih dari Windows 10 sebagai kelebihan utamanya. Namun tampaknya Microsoft perlu populer di Windows Store untuk mencoba dan bisa bersaing dengan Google Play untuk menggoda berbagai produsen perangkat lunak ketiga hadir ditokonya. Dari semua hal yang telah dibicarakan diatas, Windows 10 S akan menjadi sesuatu yang menarik saat dia hadir untuk pertama kalinya pada Surface Laptop terbaru.

Sumber gambar : engadget.com dan microsoft.com

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com