Gila, Core i7-7700K Kaby Lake Ini Berhasil Di Overclock Hingga 7 Ghz

 

Intel secara resmi mengumumkan bahwa versi berikutnya dari prosesor mikroarsitektur Intel disebut Kaby Lake beberapa bulan lalu, sebagai penerus Skylake yang juga kemungkinan akan sukses pula meskipun ada tantangan nyata dari AMD dengan Ryzen-nya.




Kaby Lake masih merupakan prosesor 14nm dengan sedikit perubahan pada arsitektur CPU dibandingkan dengan Skylake. Dan hal terbaik untuk melihatnya sebagai sebuah perbaikan dari pada generasi sebelumnya, ternyata ia menjanjikan kecepatan yang lebih cepat untuk CPU clock, dengan memiliki Turbo frekuensi lebih tinggi , dan arsitektur grafis baru yang memungkinkan untuk kinerja 3D dan 4K yang lebih baik.

Sebuah perbaikan kecil dalam kinerja di seluruh papan mungkin tidak cukup untuk menggoda pengguna yang sudah berjalan pada chip Skylake untuk upgrade. Namun, Kaby Lake terlihat memiliki yang terbaik yang sangat menggoda, dan jawabannya ia sangat bagus untuk overclocking.

Prosesor Kaby Lake yang akan memiliki performa tertinggi saat ini, dimana Intel berencana untuk menawarkan adalah Core i7-7700K. Prosesor ini berjalan pada kecepatan clock 4.2GHz, dengan Turbo Boost hingga 4.5GHz. Namun yang mengesankan, seperti yang dilaporkan HotHardware, situs Rusia OCLab memutuskan untuk melihat apa yang benar-benar bisa dilakukan pada prosesor High End ini. Dan dilaporkan bahwa mereka berhasil meng-overclocking prosesor Kaby Lake Core i7-7700K hingga 7 Ghz.

Dengan menggunakan pendingin nitrogen cair, mereka menempatkan chip Kaby Lake di motherboard Z170 dan mulai menaikan kecepatan. Ketika mereka selesai, chip itu berjalan stabil di 7022.96MHz.

Allen “Splave” Golibersuch dari tim ini berhasil mendorong i7-7700K hingga 7GHz dengan menonaktifkan beberapa fitur kunci seperti hyper threading dan dua dari i7, menaikan clock multiplier hingga 69x, dan mendorong tegangan Vcore ke 2.00V.




Splave merilis hasil tes overclocking dan mengatakan bahwa overclock untuk Intel Core i7-7700K yang dilakukannya berhasil hingga kecepatan 7.022,96 MHz yang relatif stabil. Dia memasangkan Intel Core i7-7700K dengan Formula motherboard ASRock Z170 OC. Seperti dikatakan di atas, ia menggunakan pendingin nitrogen cair dan mengatur tegangan Vcore pada 2.00V terik. chip PiFast di 9,02 detik, SuperPi 32M di 4 menit 20,25 detik, wPrime 32M di 2,953 detik, dan wPrime 1024M dalam 1 menit 33,171 detik. Dipasangkan dengan ASUS GeForce GTX 1080 Strix OC , hingga ia  mencetak 643.316 poin di Aquamark, dan 86.798 poin di 3DMark 05.

Biasanya dengan overclock besar ini , kecuali Anda bersedia untuk memiliki limpahan nitrogen cair di tangan, namun anda tidak akan pernah mencapainya untuk PC desktop. Mereka juga memerlukan semua tapi biasanya salah satu core pada chip ditutup, khususnya rendering CPU single core. Namun, di sini, chip Kaby Lake tampil mengesankan dengan memiliki kecepatan 7GHz yang dicapai dengan dua core yang masih berjalan.

Dan ternyata, masih ada beberapa ruang kepala kiri yang masih bisa untuk ditingkatkan dari kecepatan overclock. Hanya saja, motherboard Z170 di atas merupakan papan tua dimana Kaby Lake tampaknya memiliki garis sendiri untuk motherboard yang dibangun khusus untuk mendukung itu, dan berarti ada potensi untuk pergi lebih cepat seandainya kekuatan motherboard mereka sudah tersedia.

Jadi jika anda memang suka menikmati overclocking untuk PC gaming Anda, dan terutama jika anda menggunakan pendingin cair, prosesor Kaby Lake pastinya harus ada pada daftar beli anda yang terbaru. Meskipun Anda tidak akan memukul 7GHz, kekuatan lebih dari 5GHz akan mudah dicapai, dan dengan beberapa tweak , anda bisa mencapai 6GHz tanpa harus mematikan salah satu core.

Kedepannya, kami menduga kita akan mendapatkan data yang cukup dari beberapa tes overclocking ini, karena akan lebih banyak prosesor Intel generasi ke-7 ini akan dikirim keluar. Kita lihat saja kedepannya seperti apa.



Comments