Terkuak Sudah, AMD Zen Terbaru Ini Bernama Ryzen

AMD kini sedang dalam proses yang secara perlahan sedang meluncurkan CPU baru mereka, dengan nama kode Zen. Dan tampaknya penonton sudah bisa memastikan bahwa kehadiran prosesor baru ini akan tiba di Q1 2017 setelah melihat acara demo live dari AMD kemarin.

Seperti bunga yang sedang berkembang, banyak orang yang terkesan lewat demo prosesor terbaru dari Zen ini, dimana demo tersebut menunjukkan informasi teknis yang telah diungkapkan dalam preview sebelumnya untuk acara AMD New Horizon kemarin.




Zen bahkan memiliki nama merek nyata, yang disebut “Ryzen“, dimana prosesor ini seolah sedang mengekspresikan emosi dalam arti kemajuan dan aktivitas. Dan yang lebih penting, ia berhasil menunjukkan kepada semua orang bagaimana Ryzen ini telah mengesankan semua pihak, termasuk pihak yang ragu terhadap AMD.

Ryzen merupakan bagian prosesor pertama yang menjadi keluarga Summit Ridge chip desktop untuk versi high-end. Summit Ridge chip akan menampilkan 8-core dengan 16-benang CPU, dengan clock dasar 3.4 Ghz, dimana chip 8-core ini benar-benar menggunakan multithreading simultan.

Tentu saja, kecepatan clock bukanlah segalanya, meskipun ada kekhawatiran bahwa kecepatan clock Ryzen ini akan jauh dari sasaran, dengan meniadakan peningkatan 40 persen yang dijanjikan untuk instructions per-clock (IPC).

Selain itu, AMD mengklaim bahwa mereka memiliki banyak kekuatan pemrosesan berkat sejumlah efisiensi tweak yang dijuluki SenseMI (Machine Intelligence). Yang pertama adalah “Pure Power ” yang merupakan satu set suhu, kecepatan clock, dan sensor tegangan yang menjanjikan pengiriman daya yang lebih efisien untuk CPU.

Kemudian ada “Precision Boost” yang mengambil informasi itu dan menggunakannya untuk menyesuaikan clock speed. Hubungan ini diperpanjang melalui rentang frekuensi yang disebut dengan Extended Frequency Range (XFR), dimana AMD mengklaim bahwa hal tersebut akan meningkatkan kecepatan clock Ryzen.

Dengan catatan bahwa, peningkatan clock ini mengharuskan pengguna memiliki pendingin sesuai yang kuat. Seperti halnya pendingin udara besar aftermarket, All in one pendingin cair, atau loop watercooling yang penuh akan membangkitkan kekuatan rahasia dari Ryzen ini dan kita bisa melihat peningkatan besar dibandingkan dengan pendingin saham. Dan hebatnya lagi, proses ini sepenuhnya otomatis, sehingga anda yang tidak memiliki keterampilan overclocking bisa mendapatkan peningkatan kinerja hanya dengan satu tombol.

AMD mengklaim bahwa Zen ini memiliki “true artificial network” dan “learning algorithms” dalam Ryzen yang mampu memprediksi keputusan masa depan, petunjuk pra-beban, dan belajar dalam pola akses data aplikasi dalam rangka untuk meningkatkan kinerja. Ryzen akan dibantu oleh 4MB L2 cache dan 16MB cache L3.

Ryzen akan dirilis bersamaan dengan chipset baru AM4. dukungan fitur ini akan memiliki banyak hal termasuk memori DDR4, PCIe Gen3, USB 3.1 Gen2, dan penyimpanan NVMe. AMD mengatakan bahwa AM4 dirancang untuk “menjalankan beberapa prosesor selama beberapa generasi,” jadi di sini, AM4 bisa diharapkan untuk tetap maju ke dalam beberapa teknologi yang tetap kompetitif selama bertahun-tahun.

Pada demo AMD Horizon kemarin, selain menunjukkan demo prosesor, AMD juga menunjukan sejumlah aplikasi baru serta beberapa prosesor yang diperbarui dimana mereka  telah ditunjukkan kembali pada bulan Agustus ketika perusahaan mengungkapkan Zen pertama.

Pada demo Agustus lalu, Ryzen memiliki kinerja baik dalam game dan aplikasi profesional. Demo tersebut juga termasuk 4K game dan editing video. Pada saat itu, AMD memamerkan “Summit Ridge” pada kecepatan 3,0 GHz. Sekarang perusahaan ini memamerkan Ryzen dengan perbaikan kecepatan hingga 3,4 GHz.

Bagian penting dari apa yang ditunjukan AMD adalah mereka telah menunjukkan kinerja dunia yang nyata dalam aplikasi agar pengguna tahu apa yang mereka akan gunakan. Mengingat kinerja dan posisi sangat diinginkan, kita pasti setuju dengan pendekatan pada tahap ini karena benchmark sintetis tidak menceritakan seluruh kisah tentang bagaimana prosesor baru seperti Ryzen akan melakukan hari demi hari kedepannya.

Percayalah, kita seorang penganjur pihak ketiga, benchmark independen dan percaya Ryzen akan melakukannya dengan baik di dalamnya, kita tidak merasakan AMD takut akan hal tersebut, tapi kita semua akan harus bersabar karena AMD terus menggoda kita hingga perilisan resmi, dan pastinya soal harga.



Comments