Melihat Lebih Dekat Motherboard Gigabyte GA-Z170X-Ultra Gaming Dan GA-Z170X-Designare

GIGABYTE tampaknya menjadi produsen dengan pilihan terbanyak untuk motherboard berbasis chipset Intel Z170 yang saat ini tersedia. Perusahaan tersebut saat ini menawarkan 31 model yang berbeda.




Salah satu yang menjanjikan dari seri motherboard ini adalah GA-Z170X-Ultra Gaming dan GA-Z170X-Designare, dua papan yang mirip (tapi tidak persis sama) dengan Z170X-UD5 TH, dimana ia menampilkan Thunderbolt 3 ditambah dukungan U.2 . GA-Z170X-Ultra Gaming saat ini seharga $ 156 atau sekitar 2 jutaan, sedangkan GA-Z170X-Designare yang memiliki fitur lebih banyak memiliki harga hingga $ 220 atau sekitar 2.8 jutaan.

Gigabyte GA-Z170X-Ultra Gaming

GA-Z170X-Ultra Gaming merupakan hasil dari upaya Gigabyte untuk menawarkan motherboard gaming dengan dukungan U.2 dengan tag harga yang sangat wajar. Dengan memiliki harga jual $ 156 yang lebih murah dari yang diharapkan untuk motherboard gaming yang berkualitas, namun memiliki pun inovasi terbaru dalam ruang motherboard, seperti perlindungan Slot, biaya yang lebih rendah selama Gaming yang tidak membawa beberapa kompromi dalam tambahan dukungan kontroler.

GA-Z170X-Ultra Gaming memiliki satu konektor U.2, satu M.2 PCIe 3.0 x4 slot, dua konektor SATA Express dan total enam konektor SATA 6Gb / s. Satu Kontroler jaringan Intel I219-V dipasangkan dengan audio codec Realtek ALC892, dimana hal tersebut cukup mengejutkan untuk bisa dilihat pada motherboard gaming (biasanya kita melihat ALC1150. Sebuah header TPM hadir juga, serta header untuk add-in kartu Thunderbolt , tetapi tidak ada COM header pada GA-Z170X-Ultra Gaming.

Pembagian bandwidth antara dua slot PCIe x16 yang khas, yang berarti bahwa satu kartu akan beroperasi dalam mode x16 jika kartu tidak dipasang di keduanya, atau di dalam mode x8 jika kartu dipasang di keduanya. Meskipun chipset Z170 memiliki 20 jalur PCIe untuk digunakan, ada beberapa pembagian yang terjadi di sini.

Slot PCIe x4 berbagi bandwidth dengan SATA 0/1 konektor, sehingga akan menonaktifkan konektor SATA jika perangkat PCIe x4 diinstal di sana. Demikian pula, slot U.2 berbagi bandwidth dengan SATA 2/3 konektor dan slot M.2 dengan SATA 4/5 konektor. Jika Anda ingin menginstal perangkat PCIe x4, sebuah U.2 drive dan M.2 drive pada saat yang sama, konektor SATA semua akan beroperasi. Sebuah perangkat PCIe x2 atau lebih lambat tidak akan menonaktifkan SATA 0/1 konektor.

Gigabyte GA-Z170X-Designare

Tidak seperti saudaranya yang lebih murah, GA-Z170X-Designare tidak memiliki kelompok sasaran yang sangat spesifik. GIGABYTE  tampaknya berusaha untuk mempromosikan papan untuk seorang desainer dan insinyur, atau umumnya pengguna yang memerlukan penggunaan adaptor grafis professional, walaupun tidak begitu.




GA-Z170X-Designare dilengkapi dengan banyak fitur yang lebih umum dalam arti lebih khusus. Motherboard membangun hibrida antara workstation dan PC gaming, atau gamer yang membutuhkan sesuatu fitur yang lebih penuh daripada GA-Z170X-Ultra Gaming dan mampu untuk membayar dengan harga yang lebih premium untuk itu.

GA-Z170X-Designare ini sudah dapat mendukung U.2 drive. Dan hanya memiliki satu konektor fisik U.2 tetapi, dengan menggunakan adapter yang tepat, ia dapat mendukung sampai tiga drive U.2 sekaligus.

Motherboard ini memiliki dua konektor SATA Express dan total enam konektor SATA 6Gb / s. Gigabyte memiliki LAN ganda yang dapat diinstal pada model ini, dengan hadirnya dua pengendali jaringan Intel (I219-V + I211-AT).

Jaringan interface juga didukung oleh software cFosSpeed. Codec audio Realtek ALC1150, yang mungkin tidak sama dengan solusi dari Creative, tapi itu jelas adalah produk yang sangat baik dan merupakan perbaikan penting daripada ALC892 / ALC898.

Sekali lagi, GA-Z170X-Designare hadir dengan TPM dan kartu Thunderbolt header , serta header tambahan untuk opsional strip RGB LED. Yang sangat menarik untuk dicatat bahwa tidak ada COM header, dan itu bisa menjadi kelalaian serius pada motherboard yang ditujukan untuk para professional. Last but not least, fitur GA-Z170X-Designare yakni GIGABYTE Turbo B-Clock IC, chip yang memungkinkan untuk, dalam teori, overclocking yang lebih baik.

Persis seperti saudaranya, GA-Z170X-Designare saham bandwidth antara dua slot PCIe x16, yang berarti bahwa bagian atas akan beroperasi dalam mode x16 jika kartu tidak dipasang di slot kedua, atau dalam mode x8 jika kartu dipasang di kedua dari mereka. Juga seperti dengan GA-Z170X-Ultra Gaming, GA-Z170X-Designare mengimplementasikan chipset yang sama (Intel Z170), yang memiliki 20 jalur PCIe.

20 jalur ini tidak cukup untuk menutupi setiap fitur dari motherboard, yang berarti bahwa berbagi itu sekali lagi bisa dihindari. Slot PCIe x4 berbagi bandwidth dengan SATA 0/1 konektor, sehingga akan dinonaktifkan konektor SATA jika perangkat PCIe x4 diinstal di sana. Demikian pula, slot U.2 berbagi bandwidth dengan SATA 2/3 konektor dan slot M.2 dengan SATA 4/5 konektor.

Jika Anda ingin menginstal perangkat PCIe x4, sebuah U.2 drive dan drive M.2 pada saat yang sama, konektor SATA semua akan dioperasi. Sebuah perangkat PCIe x2 atau lebih lambat tidak akan menonaktifkan SATA 0/1 konektor.



Comments

Related Posts