Antara Optimisme & Rasa Pesimis, Harga RX 6500 XT Bakal Beneran Murah?

Antara Optimisme & Rasa Pesimis, Harga RX 6500 XT Bakal Beneran Murah?

Salah satu berita besar dari AMD selama CES 2022 adalah GPU baru Radeon RX 6500 XT. Nilai MSRP yang ditawarkan sebesar $199 atau sekitar 2.8 jutaan sebelum pajak. Tapi tampaknya harga tersebut tidak akan benar-benar terjadi pada nilai MSRP atau setidaknya mendekati.

Baca juga : Rekomendasi Laptop Budget 7 Jutaan Tahun 2022, Berikut 5 Pilihan Solidnya

Contoh, sebuah laporan dari situs Prancis CowCotland mengklaim kalau Radeon RX 6500 XT akan dijual seharga 299 Euro di negara tersebut atau sekitar 4.8 jutaan, membuatnya 50% lebih mahal daripada standar MSRP Eropa. Itu hampir sama atau sedikit kurang dari peningkatan MSRP yang diterapkan pada kartu RDNA 2 lainnya di Eropa.

Meskipun AMD berharap GPU terbaru RX 6500 XT ini bisa menjadi kartu yang paling mudah diakses dan terjangkau. Dalam sebuah wawancara dengan PCWorld tentang Radeon RX 6500 XT, CEO AMD Dr. Lisa Su berkata, “Kami memposisikan peluncuran sedemikian rupa – dan saya tahu, kalian selalu berkata, ‘Yah, ya, mereka hanya mengatakan itu. ‘ – tetapi kami benar-benar memposisikan peluncuran pada titik harga $ 199. Ini semacam terjangkau untuk arus utama. Anda tahu, kami bermaksud untuk memiliki banyak produk di luar sana.”

Harga RX 6500 XT
Radeon RX 6500 XT sebenarnya punya banyak potensi hebat untuk sebuah kartu grafis. Dibangun di atas arsitektur 6nm baru, memiliki interface PCIe Gen 4.0 x4, 16 unit komputasi, 16 MB infinity cache, clockspeed up to 2,6 GHz, dan 4 GB GDDR6 pada 64 Bit bisa jadi “pembunuh”hebat di gaming 1080p.

RX-6500-XT-CES-2022-2

VRAM yang ditawarkan mungkin sedikit, namun langkah AMD memakai 4GB  tampaknya disengaja agar kartu tersebut kurang menarik perhatian para penambang cryptocurrency, sehingga pasokan banyak dan harga jual lebih baik. Itu rencananya.

RX-6500-XT-CES-2022-3

Disisi lain, NVIDIA tampaknya memiliki saingan untuk RX 6500 XT, yaitu RTX 3050 yang akan tiba di akhir Januari. Kartu ini memiliki VRAM 8GB dan MSRP $249 atau sekitar 3.5 jutaan sebelum pajak. VGA ini juga tampaknya akan menghadapi banyak tantangan antara ketersediaan maupun harga. Apalagi sudah banyak miner pula yang sudah mengincar ketika melihat spek lebih tinggi.

Harapan kita semua, ketersediaan melimpah dan harga benar-benar mendekati MRSP. Semoga bisa terwujud, meskipun kami agak pesimis sih. Tapi semoga saja ya! Gimana menurut kalian?

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com