AMD Luncurkan Inovasi Besar di Computex 2024: CPU Zen 5 & NPU XDNA2

AMD Luncurkan Inovasi Besar di Computex 2024: CPU Zen 5 & NPU XDNA2

Pada Computex tahun ini, CEO AMD Dr. Lisa Su menyampaikan keynote pembukaan resmi, menyoroti kemajuan AMD di berbagai spektrum produk. Pengumuman penting termasuk peluncuran arsitektur CPU Zen 5 baru dan arsitektur NPU baru yang disebut XDNA2.

AMD memperkenalkan prosesor PC desktop generasi berikutnya, seri Ryzen 9000, berdasarkan arsitektur Zen 5. CPU ini, meskipun tidak dilengkapi NPU bawaan, menjanjikan kinerja luar biasa bagi para gamer, pembuat konten, dan pembuat sistem PC. Arsitektur Zen 5 dirancang untuk mendorong batas-batas aplikasi PC tradisional, memastikan AMD tetap menjadi pemain kunci di pasar prosesor desktop.

Baca juga: AMD Umumkan CPU Ryzen 9000 Terbaru dengan Arsitektur Zen 5

Arsitektur NPU XDNA2

Sorotan penting dari keynote Dr. Su adalah pengenalan XDNA2, arsitektur NPU baru yang mendukung tipe data Block Floating Point (Block FP16). Tipe data ini menawarkan kecepatan kinerja integer 8-bit dengan tetap menjaga keakuratan floating point 16-bit.

AMD Luncurkan Inovasi Besar di Computex 2024: CPU Zen 5 & NPU XDNA2

AMD mengklaim ini adalah standar industri baru, dengan implementasinya yang pertama kali direalisasikan di perangkat keras. Kemajuan ini menempatkan AMD secara kuat di pasar akselerasi AI, menawarkan peningkatan kinerja untuk aplikasi AI.

Seri Ryzen AI 300 untuk PC AI

Masuknya AMD ke dunia AI PC ditandai dengan pengumuman seri Ryzen AI 300. Komponen yang berfokus pada seluler ini, dengan nama kode Strix Point, menampilkan inti CPU Zen 5 baru, arsitektur GPU RDNA 3.5 yang ditingkatkan, dan NPU yang dibangun di atas XDNA2, menawarkan kinerja 50 TOP yang mengesankan.

AMD Luncurkan Inovasi Besar di Computex 2024: CPU Zen 5 & NPU XDNA2

Laptop yang dilengkapi chip Ryzen AI 300 diperkirakan akan memasuki pasar pada awal bulan depan. Namun, perangkat lunak Copilot+, yang diperlukan untuk fungsionalitas penuh AI PC, tidak akan siap saat diluncurkan, sehingga sistem ini “Copilot+ Ready” hingga pembaruan perangkat lunak tersedia pada awal musim gugur.

Kemajuan Pusat Data

Di bagian depan pusat data, AMD menampilkan pratinjau CPU Epyc generasi ke-5 terbarunya (nama kode Turin) dan akselerator GPU seri Instinct MI-300. CPU server baru, yang dibangun berdasarkan Zen 5, menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan untuk beban kerja AI, dengan klaim kinerja hingga 5x lebih cepat dibandingkan dengan setara Intel.

AMD Luncurkan Inovasi Besar di Computex 2024: CPU Zen 5 & NPU XDNA2

AMD juga memperkenalkan akselerator GPU Instinct MI325, yang memiliki memori HBM3E dua kali lipat dibandingkan kartu grafis mana pun saat ini. Ke depan, AMD mengumumkan rencana peningkatan tahunan pada lini akselerator GPU mereka, dengan MI350, berdasarkan arsitektur CDNA4 baru, yang ditetapkan untuk memberikan peningkatan kinerja 35x dibandingkan kartu grafis saat ini pada tahun 2026. Peta jalan agresif ini menempatkan AMD sebagai pesaing tangguh bagi Nvidia. di ruang akselerasi AI.

Pengumuman AMD di Computex 2024 menunjukkan komitmen perusahaan terhadap inovasi dan kepemimpinan di pasar komputasi tradisional dan berbasis AI. Pengenalan arsitektur CPU Zen 5 dan NPU XDNA2, serta penerapan cepat komponen mobile yang ditingkatkan AI dan solusi pusat data yang kuat, menggarisbawahi kemajuan strategis AMD. Ketika AMD terus menantang raksasa industri Nvidia dan Intel, perannya sebagai kekuatan pendorong di industri semikonduktor menjadi lebih menonjol dari sebelumnya.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com