Biaya Perbaikan RTX 4090 Di ASUS Bikin Jantungan

Biaya Perbaikan RTX 4090 Di ASUS Bikin Jantungan

Seorang pelanggan ASUS asal Kanada baru-baru ini menggunakan Reddit untuk berbagi pengalaman mengenai layanan ASUS. Pelanggan, yang menggunakan nama pengguna ‘Mulgoki’, mengungkapkan bahwa ASUS mematok biaya selangit sebesar $ CAD 3,758 (kisaran 44 jutaan) untuk memperbaiki GPU RTX 4090 yang memerlukan penggantian konektor daya 16-pin. Yang lebih mengkhawatirkan adalah GPU tersebut dibeli dua minggu sebelumnya seharga CAD 2.799 atau sekitar 32 jutaan.

Baca juga: GPU AMD RDNA 5 Janjikan Kinerja & Desain Yang Sepenuhnya Baru

Menurut Mulgoki, permasalahan pada GPU hanya sebatas klip plastik yang menahan konektor sehingga mengakibatkan kerusakan ringan. Meskipun kartunya berfungsi dengan baik, Mulgoki memutuskan untuk mengikuti saran dari pengecer dan dukungan ASUS dan mengirimkannya untuk diperbaiki.

Biaya Perbaikan RTX 4090 Di ASUS Service Center Bikin Jantungan

Tangkapan layar yang dibagikan oleh Mulgoki menggambarkan komunikasi bolak-balik dengan ASUS, mengungkapkan penawaran perbaikan yang jauh melebihi ekspektasi. Bahkan setelah meminta penawaran harga diperiksa ulang, ASUS menawarkan diskon khusus sebesar 30%.

Biaya Perbaikan RTX 4090 Di ASUS Service Center Bikin Jantungan

Namun, masalah yang semakin parah menyebabkan ASUS menyatakan GPU tidak berfungsi karena kerusakan tersebut, yang menurut mereka tidak tercakup dalam garansi. Satu-satunya solusi yang ditawarkan ASUS adalah penggantian dengan biaya lebih tinggi dari harga eceran aslinya.

Korespondensi email dengan ASUS mengungkapkan kurangnya kejelasan mengenai sifat kerusakan dan cakupan garansi. Meskipun email awal tidak menyebutkan GPU tidak dapat diperbaiki, ASUS kemudian bersikeras bahwa kerusakan tersebut mempengaruhi fungsionalitas unit dan tidak tercakup dalam garansi.

Insiden ini menyoroti kekhawatiran yang lebih luas mengenai kebijakan perbaikan ASUS. Sayangnya, hal ini tampaknya merupakan bagian dari pola ketidakpuasan pelanggan yang lebih besar. Video Gamers Nexus baru-baru ini menyoroti masalah serupa dengan produk ASUS lainnya, termasuk ROG Ally dan notebook Zephrus G15.

Dalam satu kasus, ROG Ally milik pelanggan menghadapi banyak masalah, termasuk masalah drift pada thumbsticknya dan slot MicroSD yang tidak berfungsi. Terlepas dari masalah ini, ASUS mengeluarkan biaya hampir 3.2 jutaan untuk perbaikan, dengan alasan adanya goresan kecil pada permukaan dan dugaan masalah celah.

Insiden-insiden ini menggarisbawahi pentingnya kebijakan perbaikan yang transparan dan berpusat pada pelanggan. Ketika konsumen terus berinvestasi pada perangkat keras kelas atas, penting bagi perusahaan seperti ASUS untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan dan menjunjung tinggi komitmen mereka terhadap layanan berkualitas.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com