Persyaratan “Trinity Enhanced” Di PS5 Pro & Potensi Peningkatan Game

Persyaratan “Trinity Enhanced” Di PS5 Pro & Potensi Peningkatan Game

Menyusul kebocoran baru-baru ini yang merinci spesifikasi yang hampir lengkap untuk PS5 Pro yang sangat dinanti, informasi lebih lanjut telah muncul yang menjelaskan kriteria yang harus dipenuhi oleh game untuk menerima label “PS5 Pro Enhanced” yang didambakan, dengan nama kode internal “Trinity Enhanced.”

Baca juga: Rumor GPU Arc Intel Battlemage Siap Hadir di Pasar Kelas Atas

Diverifikasi oleh Tom Henderson di Insider Gaming, detail yang bocor menguraikan persyaratan khusus untuk game yang mencari sebutan yang lebih baik. Mode “Trinity Enhanced” bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain game di PS5 Pro, dengan fokus pada aspek seperti resolusi, framerate, dan efek ray tracing.

Mode “Trinity Enhanced” yang ideal digambarkan sebagai menggabungkan peningkatan PSSR untuk mencapai resolusi 4K, mempertahankan 60 frame per detik (FPS) yang konsisten, dan meningkatkan atau menambahkan efek ray tracing dibandingkan dengan versi standar PS5. Khususnya, meskipun judul tertentu dikembangkan dengan ray tracing dari awal, judul lain mungkin mendapat manfaat dengan menambahkan efek ini secara retroaktif untuk meningkatkan fidelitas visual.

Namun, memenuhi ketiga kriteria secara bersamaan tidak wajib untuk game yang mencari label “Trinity Enhanced”. Sebaliknya, judul harus memenuhi salah satu persyaratan berikut:

  • Penyertaan “efek ray-tracing PS5 Pro”: Game hanya dapat menerima penyempurnaan dalam bentuk tambahan efek ray-tracing, terutama untuk judul yang sebelumnya tidak memiliki fitur tersebut atau game dengan kualitas yang lebih rendah pada PS5 standar.
  • Peningkatan target framerate: Game mungkin menargetkan framerate yang lebih tinggi dibandingkan dengan PS5 standar, seperti transisi dari 30 FPS ke 60 FPS atau bahkan framerate variabel hingga 120 FPS, memanfaatkan dukungan Variable Refresh Rate (VRR) PS5.
  • Peningkatan resolusi target: Judul yang menggunakan skala resolusi dinamis pada PS5 standar mungkin mengalami peningkatan dalam resolusi target, memastikan pengalaman visual yang lebih konsisten dan berkualitas lebih tinggi.
  • Peningkatan resolusi tetap: Game yang dikunci pada resolusi tertentu pada PS5 standar dapat menerima peningkatan untuk mencapai resolusi yang lebih tinggi, baik melalui rendering asli atau peningkatan PSSR Pro-eksklusif.

Untuk mengilustrasikan persyaratan ini lebih lanjut, mari kita periksa kasus Devil May Cry 5: Edisi Khusus. Game yang aslinya merupakan judul PS4 ini menawarkan berbagai mode performa pada perangkat keras PS5 saat ini, termasuk opsi untuk ray tracing dan FPS tinggi. Patch potensial “Trinity Enhanced” untuk game ini dapat mengaktifkan mode ray tracing dan framerate tinggi secara bersamaan, sehingga meningkatkan pengalaman bermain game secara keseluruhan.

Meskipun masih ada spekulasi mengenai performa game mendatang seperti Grand Theft Auto VI di PS5 Pro, bukti menunjukkan bahwa iterasi konsol baru dapat membuka potensi peningkatan framerate dan fidelitas grafis, terutama untuk game yang menampilkan efek ray-tracing.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com